Search
Close this search box.

Religiusitas dan Spiritualitas Gender Minoritas di Indonesia: Kontras antara Hak Hukum dan Realitas

Oleh: Fanny Syariful Alam*

SuaraKita.org – Esai ini dipresentasikan sebagai proyek penulisan setelah selesainya fellowship Penulisan Jurnalisme untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan, yang diselenggarakan oleh Pantau Foundation dan Kedutaan Besar Jerman dari Maret hingga Mei 2021

 “Saat salat, saya masih memakai ‘Peci’ dan Sarung seperti yang selalu dipakai lelaki untuk salat” kata Ayu Chantika, seorang transpuan di Brebes, Jawa Tengah.

Dia menceritakan kisahnya ketika melakukan salat berdasarkan ajaran orang tua dan khatibnya. Dia melanjutkan:

“Saya dulu belajar tentang Islam di masjid terdekat saya meskipun pengalaman buruk saya diasingkan oleh teman-teman saya karena perilaku saya yang berbeda dari mereka”.

Riri Wirayadi, aktivis transpuan Srikandi Pasundan melaporkan pengalaman serupa:

“Saya cukup tidak beragama saat ini meskipun saya percaya akan keberadaan Tuhan. Saya dulu cukup lama berada di gereja, namun keberadaan agama saat ini lebih mendiskriminasikan mereka yang berbeda, terutama minoritas gender. Tapi Tuhan tetap di hatiku, agar aku tetap berdoa, apapun situasinya”

Juga Retsu, seorang transman yang tinggal di Bandung menyoroti pentingnya agama dalam hidupnya:

“Menurut saya, agama atau kepercayaan mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Saya biasa mencari agama yang paling cocok sebelum memutuskan untuk terus memeluk Islam. Saya belajar Islam dengan sangat komprehensif pada tahun 2014. Saat itu, saya masih belum jelas tentang identitas gender saya”.

Retsu berdoa setiap hari, diam-diam mengenakan pakaian lelaki, seperti Peci dan Sarung di rumah. Namun, pada hari raya Idul Fitri 2021 , ia secara terbuka mengenakan pakaian lelaki untuk pertama kalinya untuk berdoa dan duduk bersama saudaranya di barisan lelaki.

Saat salat Jumat, Randy, seorang gay berusia 28 tahun, dengan enggan mendengarkan khatib yang menyebutkan bahwa kaum LGBT tetap tidak dapat diterima di dunia dan bahwa doa mereka tidak akan diterima oleh Tuhan.

Mayoritas orang Indonesia di semua agama menganggap praktik LGBT berdosa. Pada tahun 2018, meskipun meminta orang untuk menunjukkan empati mereka terhadap kelompok tersebut, mantan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mendukung kecaman terhadap LGBT, menambahkan bahwa semua agama menolak komunitas LGBT dan bahwa adalah tugas setiap pemimpin agama untuk membimbing mereka sehingga mereka akan mengubah cara mereka.

Hak Gender Minoritas untuk Spiritualitas dan Religiusitas di Indonesia: Ideal vs Realitas

Spiritualitas adalah bagian dari hak asasi manusia. Oleh karena itu, fungsi spiritualitas ditentukan oleh faktor-faktor tertentu yang ada: cinta sebagai sumber pemahaman dan kebahagiaan, kemampuan untuk hidup di bawah nilai-nilai norma, non-kekerasan yang mendalam dan solidaritas spiritualitas dengan entitas lain. Demikian pula, religiusitas adalah bagian dari hak asasi manusia dan sipil, dijamin oleh pemerintah melalui konstitusi dan undang-undang yang relevan.

Dalam hal agama dan kepercayaan, UUD 1945 pasal 28E ayat (1) menyatakan “Setiap orang bebas memilih agama dan beribadah menurut pilihannya, memilih sistem pendidikan dan pengajaran, memilih kebangsaan, memilih untuk tinggal di wilayah mereka dan meninggalkannya serta memiliki hak untuk kembali”. Dalam pasal yang sama, alinea kedua menyatakan bahwa setiap orang berhak “atas kebebasan untuk meyakini keyakinannya dan menyatakan pandangannya”. Selanjutnya, seni. 29 ayat 2 menjamin bahwa Negara menjamin kebebasan masyarakatnya untuk beribadat menurut agamanya masing-masing.

Selain itu, Indonesia telah meratifikasi International Covenant on Civil and Political Rights (ICCPR) melalui Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2005. Pasal 18 ayat 1 UU tersebut menyebutkan bahwa setiap orang berhak atas kebebasan berpikir, berkeyakinan, dan beragama. Ini mencakup kebebasan seseorang untuk memilih agama atau kepercayaan dan kebebasan, baik secara individu maupun dalam masyarakat, untuk menjalankan agama atau kepercayaannya dalam ibadah, ketaatan, pengamalan dan pengajaran. Sementara itu, Act 2 – paragraf 1 ICCPR menyatakan bahwa setiap negara pihak pada Kovenan berjanji untuk menghormati dan memastikan bahwa semua individu di dalam wilayahnya dan tunduk pada yurisdiksinya memiliki hak yang diakui dalam Kovenan, tanpa pembedaan apapun, seperti ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, pendapat politik atau lainnya, asal usul kebangsaan atau sosial, properti, kelahiran atau status lainnya.

Dalam beberapa tahun terakhir hak-hak konstitusional ini, terutama hak-hak Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT), semakin diserang. Kaum LGBT menghadapi berbagai bentuk diskriminasi dan kebencian yang menggolongkan mereka sebagai penyimpangan dari perilaku seksual. Neuro-psikolog dari Universitas Al-Azhar, Indonesia, Ihsan Gumilar mengatakan bahwa LGBT adalah penyakit mental dan juga dapat menulari orang lain. Hal itu digarisbawahinya saat rapat dalam Forum Koordinasi Satgas Pencegahan dan Antisipasi Pornografi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).. Selanjutnya, kisah di Padang, Sumatera Barat, mengungkap pengalaman mengejutkan lainnya setelah penangkapan 18 pasangan gay oleh Polres. Mereka secara paksa terdaftar dalam program psikologi dan rehabilitasi oleh Badan Layanan Sosial, yang secara mengejutkan mengarah pada pengusiran setan serupa yang disebut “Rukyah” untuk pemulihan mereka. Yang mengejutkan, Ketua Komnas HAM secara tegas mengatakan bahwa usulan pelarangan aktivitas LGBT tidak melanggar hukum yang ada. Ia menambahkan, sudah selayaknya rehabilitasi dilakukan tanpa kekerasan, tidak diskriminatif dan selama tidak mengingkari hak-hak dasar kaum LGBT.

Banyak kalangan yang menentang LGBT karena kelompok ini selalu dikaitkan dengan nilai-nilai agama, yang pada akhirnya religiositas serta spiritualitas mereka dipertanyakan. Misalnya, Ketua PB HMI, Mulyadi P. Tamsir, menegaskan secara kelembagaan mereka menentang keras LGBT karena tidak sesuai dengan nilai agama dan budaya Indonesia. Beberapa orang Kristen berpikir bahwa Alkitab menggambarkan homoseksualitas sebagai dosa dan menyimpulkan bahwa, terlepas dari perspektif hak asasi manusia, orang Kristen harus dengan tegas menolak hubungan LGBT dan pernikahan sesama jenis yang bertentangan dengan hukum pernikahan yang ditetapkan oleh Tuhan.

Pada tanggal 18 Februari 2016, majelis agama Indonesia yang terdiri dari Islam, Katolik, Budha, dan Konghucu menyatakan penolakan mereka terhadap LGBT berdasarkan interpretasi mereka terhadap sumber-sumber suci dan juga menegaskan bahwa tindakan LGBT adalah bagian dari penyimpangan seksual. Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia dalam konferensi pers mengatakan bahwa “kegiatan LGBT telah meresahkan masyarakat dan berdampak negatif pada tatanan sosial Indonesia”. Untuk mendukung itu, majelis agama menilai aktivitas LGBT bertentangan dengan UUD 1945 pasal 29 ayat 1 dan UU No. 1 tentang Pernikahan.

Apa yang orang katakan tentang Fenomena ini?

Diskusi hak asasi manusia harus mencakup religiusitas dan spiritualitas gender minoritas, terutama dalam pandangan Islam dan Kristen yang menolak kelompok LGBT dan cara hidup mereka. Sebaliknya, beberapa cerita pendukung masih bisa dikaitkan dengan religiositas dan spiritualitasnya. Apa yang membentuk mereka? Kemanusiaan dan empati.

“Tidak ada yang perlu diperdebatkan tentang spiritualitas LGBT karena mereka setara dengan yang lain berdasarkan pertimbangan normatif gender” kata Arif Nur Safri, seorang intelektual muslim yang bekerja sama dengan Pesantren transpuan Al-Fatah [xiv] , Yogyakarta. Ia menggarisbawahi bahwa mayoritas masyarakat Indonesia meremehkan penerimaan spiritualitas dan religiusitas gender minoritas. Namun, beberapa orang berinteraksi dengan LGBT dengan cara yang berbeda dengan melihat mereka sebagai manusia yang layak dihormati dan dihargai, menerima mereka tidak hanya sebagai manusia dengan keragaman gender, tetapi juga sebagai entitas agama yang harus menikmati hak asasi manusia mereka.

Spiritualitas tidak selalu identik dengan agama. Itu melampaui agama, membuat orang sadar akan nilai-nilai universal dan melihat teman-teman dalam minoritas gender sama dengan yang lain. Hal ini diungkapkan oleh Neng Hannah, seorang cendekiawan dan pendakwah muslimah yang tergabung dalam Kongres Perempuan Pendakwah Indonesia. Berkaitan dengan doa-doa kaum minoritas gender, ia mengatakan, “Berdoa mutlak merupakan hubungan pribadi antara seseorang dengan Tuhannya. Tidak ada yang bisa menilai bahwa doa beberapa orang tidak akan diterima oleh Tuhan.” Ia akhirnya mengingat kembali pengalamannya saat bertemu dengan komunitas transpuan di Rumah Singgah Kebaya (Keluarga Besar transpuan Yogyakarta) yang digagas oleh Mami Vinolia. “Saya mengunjunginya di Jogjakarta pada 2016. Mami Vinolia sangat dekat dengan penderita HIV dan AIDS. Rumahnya menjadi tempat penampungan bagi mereka yang menderita dan terlantar akibat HIV/AIDS. Inilah yang saya rasakan dalam Islam, agama untuk mengenal Allah (makrifatulah) melalui sikap yang baik, menghubungkan kasih sayang dan cinta (silathurahim). Dari silatuharim terus saling berbagi kebahagiaan. Itu adalah cerminan dari agama”.

Belajar Teologi Kristen dan konseling beberapa teman LGBT-nya, pendeta Kristen, Pdt. Herawan Rudijanto, S.Th tidak melihat adanya masalah yang signifikan dengan LGBT dalam menyikapi keyakinan, spiritualitas dan religiositas mereka. “Mereka dapat terhubung dengan Tuhan dan melakukan kegiatan doa mereka seperti yang dilakukan mayoritas gender”. Meskipun dia melihat LGBT mengalami disorientasi seksual karena pemahaman teologi fundamentalisnya, dia kurang menghakimi. Dia menambahkan: “Saya pikir komunitas agama yang menangani komunitas minoritas gender harus disambut karena sebagian besar orang Indonesia tidak menerima kelompok tersebut”. Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya komunitas yang homogen dalam beragama sebagai media yang sesuai dalam konteks Indonesia, seperti Pesantren transpuan dan gereja transpuan.

Lebih jauh lagi, keragaman gender dan seksualitas adalah anugerah Tuhan yang tak terbantahkan. Diyakini bahwa masyarakat dengan keragaman gender dan seksualitasnya memiliki spiritualitas serta keyakinan akan religiositas. Kita semua sebagai manusia adalah ciptaan Tuhan yang sangat unik. Seorang pengkhotbah perempuan Kristen, Pdt. Obertina Johanis menyatakan: “Pada prinsipnya, berdoa kepada Tuhan, terlepas dari agama atau kepercayaan adalah hak asasi manusia dan tidak terkait dengan gender dan seksualitas. Sayangnya, perspektif biner tentang gender dan seksualitas di Indonesia, yang hanya mencerminkan lelaki dan perempuan yang diterima sebagai identitas gender resmi, mendorong marginalisasi terhadap orang lain dengan identitas gender yang beragam. Kebanyakan dari mereka diberi label ‘deviasi’ atau ‘abnormal’. Dengan demikian, mereka diasingkan atau tidak diterima di sebagian besar rumah ibadah”.

Selain itu, ajaran resmi Katolik (magisterium) menegaskan bahwa semua umat Katolik dipanggil untuk berpartisipasi dalam tindakan suci secara sadar dan aktif tanpa membedakan gender dan jenis kelamin berdasarkan Sacrosanctum Concilium No 48. Disebutkan pula oleh seorang Gembala Katolik lulusan Universitas Pastoral , Gregoriana Italia, Pastor Postinus Gulo, OSC. Dia mengacu pada Katekismus Gereja Katolik 2357-2359, yang menegaskan bahwa mereka yang memiliki ‘kekhususan gender’ harus dipanggil dalam kehidupan murni di hadapan Allah dan diperlakukan dengan hormat serta cinta dan kebijaksanaan. Oleh karena itu, pengembangan ibadah yang ikhlas untuk identitas gender tertentu, seperti transpuan dinilai baik dan bijaksana.

Kemanusiaan tanpa terkecuali. Namun, …

Tidak pernah ada orang yang dibedakan dari jenis kelaminnya dalam hal berdoa kepada Tuhan, khususnya gender minoritas. Secara spiritual, kebanyakan dari mereka menerima diri mereka apa adanya. Mereka tangguh, kuat meskipun sebagian besar orang Indonesia menolak mereka. Pada umumnya manusia harus menghormati harkat dan martabatnya sebagai manusia serta hak-haknya, termasuk spiritualitas dan religiusitas nya. Namun, terkadang kenyataan menggigit dan kebanyakan dari mereka masih menghadapi diskriminasi dan stigma berulang kali.

Indonesia memiliki Pancasila, falsafah negara Indonesia berdasarkan Lima Asas: persatuan atau nasionalisme Indonesia; kemanusiaan, demokrasi; keadilan sosial dan kepercayaan pada satu Tuhan. Di dalamnya, negara seharusnya humanis karena sebagian besar agama menghormati semua manusia, termasuk hak mereka untuk spiritualitas dan religiusitas. Secara khusus, sila lain dari Pancasila, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, mengandung makna bahwa pelaksanaan ideologi negara ini didasarkan pada kemanusiaan. Selanjutnya, kelima prinsip tersebut pada umumnya dijamin dalam setiap undang-undang yang berlaku.

Jika Indonesia menerapkan sebagian besar undang-undang berdasarkan prinsip kemanusiaan, semua warga negara, termasuk yang termasuk dalam kelompok minoritas gender, seharusnya berhak atas hak-haknya tanpa batasan. Secara khusus, negara telah memberikan perlindungan hukum bagi kebebasan beragama sebagaimana dinyatakan sebelumnya melalui UUD 1945 pasal. 28E paragraf (1) dan seni. 29 ayat 2, serta meratifikasi International Covenant on Civil and Political Rights (ICCPR) melalui UU No. 12 tahun 2005, khususnya Pasal 18 ayat 1 tentang hak kebebasan beragama dan berkeyakinan.

Sebaliknya, kebanyakan orang masih meremehkan dan menstigmatisasi gender minoritas. Apakah mereka diperbolehkan melakukan ini berdasarkan ajaran agama mereka? Atau lebih buruk lagi: bagaimana perilaku aparat negara dapat mendorong kriminalisasi terhadap minoritas gender? Terlepas dari hukum dan peraturan negara yang tegas, pemerintah Indonesia masih memiliki beberapa tantangan untuk mengatasi situasi tersebut guna menciptakan keadilan yang ringkas bagi minoritas gender dalam hal agama dan hak-hak spiritualitas. 

*Penulis adalah Koordinator Regional Bandung School of Peace Indonesia, Alumni IVLP USA 2020, penerima Australia Awards Short Term Awards for Democracy Resilience 2021

Sumber: Apcom