Search
Close this search box.

Bagaimana Cina Secara Hukum Mengakui Pasangan Sesama Jenis Tetapi Tidak Memberdayakan Mereka

Oleh: Xu Chen dan Wilfred Wang

SuaraKita.org – Homoseksualitas telah menjadi topik kontroversial di ranah hukum dan moral di Cina. Tindakan homoseksual secara resmi didekriminalisasi pada tahun 1997, tetapi undang-undang Cina belum benar mengenali atau melindungi pasangan sesama jenis dalam bentuk perkawinan atau hubungan de facto.

Namun, perkembangan baru-baru ini telah memberi harapan kepada beberapa orang bahwa perubahan mungkin akan terjadi.

Pada 19 Juli, sebuah artikel berjudul “Penunjukan perwalian: menjembatani cinta dalam komunitas LGBT” menjadi viral di media sosial Cina. Ini pertama kali diterbitkan pada akun WeChat berlangganan dari Kantor Notaris Nanjing, dan merinci bagaimana sistem perwalian hukum dapat “cukup melindungi hak-hak LGBT”.

“Penunjukan perwalian ( yiding jianhu )” adalah mekanisme yang memberikan kebebasan bagi seseorang untuk menunjuk wali mereka sendiri melalui perjanjian hukum.

Kemudian, pada tanggal 5 Agustus, Kantor Publik Notaris Guoxin Beijing mengumumkan notarisasi pertama tentang perjanjian perwalian bersama yang diminta oleh “orang-orang istimewa” di Beijing pada WeChat mereka.

Perkembangan itu berarti pasangan sesama jenis, untuk pertama kalinya, diakui secara hukum atas hubungan mereka di Cina di luar kerangka perkawinan tradisional.

Kedua artikel WeChat ini kemudian dihapus oleh masing-masing penulis (tidak ada alasan yang diberikan, tetapi kebijakan online pemerintah mungkin memainkan peran). Tetap saja, media sosial Cina berhasil menyimpan konten asli artikel, serta diskusi tentang hak-hak LGBT, termasuk suara-suara yang mendukung dan wacana homofobik.

Ini menjelaskan kemungkinan perubahan sikap dan strategi pemerintah Cina dalam berurusan dengan komunitas LGBT Cina.

Pemerintah dapat mengeksploitasi garis ganda antara moralitas dan hukum dalam tradisi Cina. Alih-alih menghukum konten atau tindakan terkait LGBT, pemerintah cenderung membungkam diskusi yang relevan di arena publik.

Apa itu ‘janji perwalian’?

Awalnya, penunjukan perwalian dirancang untuk orang lanjut usia untuk menugaskan perwalian hukum mereka untuk keadaan darurat medis, mengelola dan menetapkan penerima manfaat untuk aset mereka yang umumnya dimiliki.

Hak ini telah dapat diakses oleh semua warga dewasa Cina yang dapat melakukan tugas dalam urusan sipil (keputusan tentang aset, kekayaan, dan warisan seseorang) menurut hukum sejak 1 Oktober 2017.

Fo Ge (nama samaran seorang lesbian Cina) dan pacarnya dilaporkan merupakan pasangan sesama jenis pertama yang berhasil mendapatkan hak dan pengakuan hukum seperti itu di Cina.

Mereka telah bersama selama sepuluh tahun ketika mereka memutuskan untuk mengandung bayi dengan bantuan program bayi tabung pada tahun 2017. Tapi mereka menyadari bahwa mereka tidak dapat bertindak sebagai wali hukum satu sama lain dalam kasus darurat medis.

Pasangan itu kemudian berkonsultasi dengan kantor notaris publik lokal mereka, yang kemudian meresmikan kewajiban hukum mereka satu sama lain melalui mekanisme “penunjukan perwalian”. Banyak daerah di tingkat provinsi Cina juga mengikuti tindakan ini dalam menyetujui perwalian sesama jenis.

Namun dalam sebagian besar dokumen notaris, hubungan pasangan itu dinyatakan sebagai “teman” dan bukan “pasangan”.

Untuk memahami implikasi sistem hukum ini terhadap hak-hak LGBT Cina, kita perlu memahami pembingkaian homoseksualitas negara yang konsisten dari perspektif moral sosial daripada perspektif hukum.

Menjadi gay dianggap ‘hooliganisme’

Pertama dan terutama, homoseksualitas telah diperlakukan sebagai bentuk “hooliganisme” ( liu mang ) – referensi untuk setiap tindakan yang bertentangan dengan tatanan sosial dan publik.

Namun, itu tidak pernah menjadi hukum selama era Mao. Hooliganisme hanya menjadi hukum pada tahun 1979 di bawah agenda reformasi Deng Xiaoping, yang mendorong perlunya reformasi spiritual untuk mendukung transformasi sosial ekonomi.

Implikasi hukum dari “hooliganisme” dua kali lipat. Pertama, itu dianggap sebagai ancaman bagi masyarakat dan karenanya harus ” diperlakukan ” dengan “pendidikan ulang” ( gai zao ).

Dan yang terpenting, ketentuan hukum di sini membuka pintu bagi negara untuk mengecam homoseksualitas sebagai perilaku antisosial yang membutuhkan perhatian.

Jadi meskipun “hooliganisme” telah dihapus dari hukum Cina sejak 1997, keyakinan moral homoseksualitas tetap ada.

Meskipun demikian, dekriminalisasi homoseksualitas telah memberikan oksigen yang dibutuhkan komunitas LGBT untuk bertahan hidup. Meskipun kurangnya pengakuan resmi dan perubahan lambat dari sikap sosial, adegan gay ini aktif dan bahkan bersemangat di perkotaan Cina.

Aktivis LGBT telah secara terbuka menantang birokrasi, ketidakpastian hukum dan norma-norma sosial yang mengakar untuk menegaskan posisi mereka di masyarakat dalam beberapa tahun terakhir.

Pemerintah Cina mendukung rekomendasi PBB tentang hak-hak LGBT pada Maret 2019, yang lebih jauh menggambarkan perubahan bertahap dalam sistem hukum negara itu.

Jadi sementara pemerintah belum sepenuhnya memberdayakan komunitas gay Cina, homoseksualitas tidak lagi “tersembunyi” atau “ditutupi”.

Cina menggunakan ‘tiga tidak’

Pemerintah Cina sekarang memiliki kebijakan ” Tiga Tidak “: homoseksualitas menerima “tidak ada persetujuan, tidak ada ketidaksetujuan, dan tidak ada promosi”.

Memang, tidak ada liputan berita di Cina tentang dukungan pemerintah terhadap rekomendasi LGBT Dewan HAM PBB.

Kebijakan yang ambigu ini memberikan fleksibilitas besar bagi aparat pengatur negara untuk menangani masalah yang berkaitan dengan komunitas LGBT.

Pada saat yang sama, ambiguitas kebijakan juga menyisakan fleksibilitas untuk pembentukan komunitas LGBT Cina.

Dan kita bisa membaca notaris perjanjian perwalian dalam pasangan sesama jenis sebagai taktik bertahan hidup bagi anggota komunitas LGBT. Terlebih lagi, perjanjian tersebut adalah implementasi kebijakan strategis di bawah prinsip “Tiga Tidak”.

Bahkan, Komisi Urusan Legislatif Kongres Rakyat Nasional menegaskan pada 21 Agustus bahwa pernikahan sesama jenis tidak ada di Cina.

Juru bicara mereka, Zang Tiewei, mengklaim :

“Monogami heteroseksual sejalan dengan norma budaya kontemporer dan tradisional Cina”.

Pernyataan ini menyoroti bagaimana negara secara sadar membingkai homoseksualitas melawan tradisi moral Cina. Mereka memposisikannya sebagai alasan utama untuk menghilangkan celah hukum potensial yang akan membuat pemerintah menawarkan berkah resmi kepada pasangan sesama jenis.

Mengizinkan pasangan berjenis sama untuk memiliki pengaturan perwalian konsisten dengan strategi terus menerus negara untuk menetralkan topik terkait LGBT.

Strategi ini memungkinkan negara sangat fleksibel untuk mengecualikan diskusi terbuka tentang topik di arena publik.

Namun, itu juga melindungi negara dari tuduhan menggunakan mekanisme yang menindas untuk menekan atau menghukum suara-suara yang terpinggirkan dalam masyarakat. (R.A.W)

Xu Chen

Kandidat PhD; sessional academic, Queensland University of Technology

Minat penelitian Xu Chen termasuk aplikasi kencan, studi diaspora, (lintas) studi budaya platform dan etnografi digital.

Wilfred Wang

Dosen, Communications & Media Studies, Monash University

Karyanya berkaitan dengan migrasi dan teknologi media baru, penuaan, kematian dan peringatan di era digital. Dia adalah anggota sukarelawan di Country Fire Authority (CFA Victoria) dan anggota dewan dari Pusat Kesehatan Holistik.

Sumber:

The conversation