Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Pengadilan Tinggi Botswana sedang mempertimbangkan peninjauan ulang terhadap ketentuan hukum pidana yang mengkriminalisasi hubungan sesama jenis di negara tersebut. Mereka akan menjatuhkan putusannya pada bulan Juni. Hal tersebut memunculkan masalah hukum yang serupa dengan yang ditangguhkan di Pengadilan Tinggi Kenya, yang dijadwalkan pada bulan Mei.

Hubungan seks sesama jenis dilarang di bawah hukum pidana Botswana. Hukum ini adalah warisan dari hukum pidana kolonial Bechuanaland, sebagaimana Botswana kemudian dikenal.

Pasal 164 melarang “perlakuan tidak wajar” yang didefinisikan sebagai “aktivitas duniawi yang melanggar tatanan alam”. Bagian ini melarang seks oral dan anal untuk pasangan homoseksual dan heteroseksual. Mereka yang ditemukan telah melanggar hukum ini menghadapi hukuman tujuh tahun penjara. Mencoba melakukan pelanggaran yang tidak wajar juga ilegal dan pelaku dapat menghabiskan hingga lima tahun penjara di bawah Pasal 165.

Undang-undang Botswana mirip dengan hukum pidana India, yang dianggap tidak konstitusional oleh Mahkamah Agung India pada bulan September 2018. Ketentuan “pelanggaran tidak wajar” dimasukkan dalam hukum pidana kolonial India oleh Thomas Babington Macaulay dari Inggris dan Komisi Hukum India pada tahun 1830-an.

Bagian-bagian dari hukum India dan Botswana diilhami oleh larangan Raja Henry VIII Inggris untuk seks oral dan anal, juga dikenal sebagai Anti-Buggery Act of 1533 .

Undang-undang anti-sodomi Botswana telah ditentang sebelumnya. Pada tahun 2003, Pengadilan Tinggi Botswana menyatakan bahwa ketentuan anti-sodomi hukum pidana bersifat konstitusional. Konstitusi Botswana disahkan pada hari kemerdekaannya pada tahun 1960. Itu sebabnya hal ini dianggap kurang modern dibandingkan dengan konstitusi Kenya 2010. Di bawah konstitusi Kenya, para hakim diberdayakan untuk mencari hukum internasional dan asing untuk menyelesaikan perselisihan konstitusi domestik.

Asal-muasalnya

Lebih dari 70 negara di seluruh dunia masih mengkriminalisasi aktivitas seksual antara dua pria. Sekitar setengah dari mereka adalah bekas jajahan Inggris. Ini karena Inggris memberlakukan norma-norma seksual Victoria di wilayahnya melalui ketentuan hukum pidana yang masih ada di banyak tempat.

Sejak 1981 ketika Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa menjatuhkan undang-undang anti-sodomi Inggris , hukum pidana kolonial semakin mendapat sorotan. Mengingat kesamaan mereka, aktivis hak asasi manusia memiliki kesempatan untuk menggunakan hukum internasional dan hukum dari yurisdiksi lain sebagai alat untuk meyakinkan pengadilan lokal bahwa undang-undang anti-sodomi sudah ketinggalan zaman.

India adalah yang terbaru dari sederetan bekas koloni Inggris yang telah menghapus undang-undang anti-gay mereka. Ini mengikuti negara yang beragam seperti Siprus, Fiji, Belize, Nepal, dan Australia. Keputusan yang menguntungkan di Botswana akan memperkuat tren ini.

Banyak bekas koloni Inggris di Afrika sub-Sahara mewarisi hukum pidana seperti milik Botswana. Di sebagian besar bekas koloni, ini termasuk larangan terpisah pada “aktivitas duniawi” (seks oral dan anal) dan “ketidaksenonohan” (kegiatan seksual lainnya). Inggris sendiri mengkriminalkan “ketidaksenonohan” – eufemisme untuk semua bentuk keintiman sesama jenis – pada tahun 1885. Ini dirancang menjadi undang-undang pidana di Kanada, koloni Pasifik Selatan, Nigeria Utara, Inggris Afrika Timur, dan Botswana.

Situasi di Botswana paling sebanding dengan situasi di Kenya dimana pengadilan tinggi diperkirakan akan memutuskan hukum anti-gay negara itu pada bulan Mei.

Namun di Kenya, larangan hukum pidana tentang “ketidaksenonohan” hanya berlaku untuk seks antara dua lelaki. Ini dulunya terjadi di Botswana sampai 1998 ketika badan legislatif negara itu memperluas ketentuan yang berlaku bagi perempuan juga.

Kenya juga telah meratifikasi perjanjian HAM internasional yang melarang undang-undang anti-sodomi. Sebaliknya, konstitusi Botswana adalah konstitusi tertua yang bertahan di benua Afrika. Konstitusinya tidak mengharuskan hakim untuk melihat perjanjian atau sumber hukum internasional lainnya untuk membantu dalam proses pengambilan keputusan mereka dan hukum internasional tidak mengikat pengadilan mereka.

Dampak

Komunitas LGBT adalah target dari kekerasan fisik, kejahatan rasial, pelecehan dan pengawasan polisi.

Larangan hubungan seks sesama jenis juga berkontribusi pada peningkatan tingkat infeksi HIV karena ketakutan akan perlakuan buruk menghambat kaum gay dan lesbian untuk dites dan mengakses perawatan kesehatan.

Tingkat bunuh diri dan penyalahgunaan zat terlarang juga lebih tinggi di dalam komunitas LGBT dengan satu survei menunjukkan bahwa orang LGBT di Botswana memiliki pikiran untuk bunuh diri dan menggunakan narkoba lebih sering daripada heteroseksual.

Namun, orang-orang LGBT telah mengalami kemajuan hukum dalam beberapa tahun terakhir. Tiga tahun lalu, Pengadilan Tinggi memutuskan bahwa kegagalan pemerintah untuk secara resmi mengakui LeGaBiBo (Lesbians and Gays of Botswana) adalah tidak konstitusional.

Dan pada 2017, seorang aktivis hak transgender memenangkan putusan penting di Pengadilan Tinggi untuk secara hukum mengubah gendernya pada dokumen pemerintah.

Kasus-kasus ini adalah poin data penting karena menunjukkan bahwa sikap hakim mungkin telah berevolusi sejak penegakan hukum anti-sodomi Botswana tahun 2003.

Tetapi ada beberapa tanda bahwa banyak hal mungkin berubah. Januari lalu, Presiden Mokgweetsi Masisi membuat pernyataan dukungan publik yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk hak-hak LGBT di Botswana.

Pada tahun 2016, Mmegi, salah satu surat kabar harian utama Botswana, melaporkan bahwa 43% dari penduduk Botswana tidak menentang untuk memiliki tetangga yang homoseksual, menjadikannya di antara negara-negara yang lebih toleran di Afrika.

Tetapi seperti halnya di tempat lain di dunia, penerimaan homoseksualitas bervariasi berdasarkan usia dan tingkat pendidikan. Warga Botswana yang berusia lebih muda dan lebih berpendidikan lebih menerima hubungan sesama jenis (R.A.W)

Sumber:

the conversation.