Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Jika Anda seorang perempuan dan ingin memiliki kedudukan yang setara dengan lelaki, yang terbaik adalah tinggal dan bekerja di Belgia, Denmark, Prancis, Latvia, Luksemburg, atau Swedia. The World Bank, yang telah melacak perubahan hukum dalam dekade terakhir, menemukan bahwa hanya enam negara di dunia yang menerapkan kesetaraan gender dalam hukum yang mempengaruhi pekerjaan.

Women, Business and The Law 2019 Report, yang diterbitkan minggu ini, mengukur diskriminasi gender di 187 negara. Ditemukan bahwa, satu dekade lalu, tidak ada negara yang memberi perempuan dan lelaki hak hukum yang setara. Skor rata-rata negara dunia menunjukkan bahwa perempuan hanya menerima tiga perempat dari hak hukum yang diterima oleh lelaki.

Indeks ini menilai delapan indikator yang memengaruhi keputusan ekonomi yang dibuat perempuan selama kehidupan kerja mereka – mulai dari kebebasan bergerak hingga mendapatkan pensiun – melacak blok hukum hingga pekerjaan atau kewirausahaan. Setiap negara diberi skor dan diberi peringkat, dengan skor 100 menunjukkan yang paling setara. Hanya enam negara yang diberi nilai penuh.

Secara keseluruhan, rata-rata nilai global berada di 74,71, meningkat lebih dari empat setengah poin dibandingkan satu dekade lalu.

Laporan ini diluncurkan oleh penjabat sementara presiden Bank Dunia, Kristalina Georgieva, yang mengambil alih jabatan tersebut dari Jim Yong Kim .

“Kesetaraan gender adalah komponen penting dari pertumbuhan ekonomi,” katanya. “Perempuan adalah separuh dari populasi dunia dan kami memiliki peran kami dalam menciptakan dunia yang lebih makmur. Tapi kami tidak akan berhasil memainkannya jika hukum menahan kami. “

Laporan tersebut menemukan bahwa kelompok-kelompok advokasi hak-hak perempuan telah memainkan peran kunci dalam mendorong reformasi.

Indonesia sendiri berada di peringkat 141 dengan skor 64,38, atau satu peringkat di bawah Suriname dengan skor (65,63).

Penelitian ini juga bertujuan untuk mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana pekerjaan perempuan dan kewirausahaan dipengaruhi oleh diskriminasi hukum, menyoroti bagaimana perempuan harus melihat hukum dan peraturan diskriminatif di setiap titik dalam karir mereka, membatasi kesetaraan kesempatan mereka. Namun penelitian ini tidak mengukur faktor sosial dan budaya, atau seberapa efektif hukum ditegakkan.

Sementara laporan mencatat kemajuan yang signifikan secara keseluruhan, masih banyak yang harus dilakukan untuk menyamakan kedudukan. Melembagakan reformasi hukum tidak selalu mengarah pada perubahan di lapangan, dan skor 100 tidak secara otomatis berarti 100% kesetaraan. Gaji yang tidak merata adalah batu sandungan utama. perempuan di Swedia berpenghasilan 5% lebih rendah dari rekan lelaki mereka (di Inggris mereka mendapat 8% lebih sedikit).

Ini merupakan peluang yang terlewatkan, kata Kristalina Georgieva. Ekonomi global dapat diperkaya sekitar 160 Triliun Dollar jika perempuan menghasilkan sebanyak lelaki.

“Jelas bahwa memberi ruang kepada perempuan mengarah ke masyarakat yang lebih kaya,” katanya.

Menempati urutan lima terbawah adalah Qatar, Iran, Sudan, Uni Emirat Arab dan Saudi Arabia dengan skor paling kecil yaitu 25,63. (R.A.W)

Women, Business and The Law 2019 Report dapat diunduh pada tautan berikut:

[gview file=”http://suarakita.org/wp-content/uploads/2019/03/Women-Business-and-the-Law-2019.pdf”]

Sumber:

the guardian