Search
Close this search box.


SuaraKita.org – Kota Chiba, yang terletak di sebelah timur Tokyo, Jepang telah mengeluarkan sertifikat yang mengakui ikatan hubungan bagi pasangan minoritas seksual dan pasangan nikah siri.

“Saya berharap Anda bahagia menjadi pasangan yang lebih baik,” kata Walikota Toshihito Kumagai pada sebuah upacara perayaan yang melibatkan enam pasangan.

Untuk menerima sertifikat resmi, pasangan pelamar hanya perlu memenuhi serangkaian persyaratan, termasuk bahwa keduanya berusia minimal 20 tahun, belum menikah, dan tinggal atau berencana untuk tinggal di kota tersebut.

Pengenalan sistem mengikuti serangkaian keputusan oleh kota-kota Jepang lainnya, termasuk Tokyo Shibuya dan Setagaya, dan kota-kota Sapporo, Fukuoka dan Osaka, untuk mulai mengakui ikatan hubungan bagi pasangan LGBT.

Ryuta Yanase (56), yang ambil bagian dalam upacara itu, menyambut program baru Chiba, dengan mengatakan itu akan membuat lebih mudah bagi pasangan sesama jenis untuk mengunjungi pasangan mereka di rumah sakit ketika mereka berada dalam kondisi serius.

“Saya harap ini akan mengarah pada pengurangan pembatasan,” kata Ryuta Yanase.

Pernikahan sesama jenis adalah ilegal di Jepang dan pasangan mengatakan mereka menghadapi diskriminasi, seperti ketidakmampuan untuk mewarisi properti dari pasangan mereka tanpa surat wasiat atau untuk mendapatkan keuntungan dari potongan pajak penghasilan untuk pasangan.

Chiba tidak memberikan status hukum khusus pada penerima tetapi setelah diakui sebagai pasangan mereka akan dapat menikmati berbagai layanan yang disediakan oleh kota, seperti memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan perumahan umum sebagai pasangan.

Sementara itu di sebelah utara Tokyo, Pemerintah Ibaraki, sedang mempertimbangkan pengenalan “sistem kemitraan” untuk mengakui persatuan pasangan minoritas seksual pada April tahun ini.

Saat ini, pasangan sesama jenis tidak berhak secara hukum mendengar penjelasan dari dokter jika sesuatu terjadi pada pasangan mereka, karena mereka tidak diakui sebagai anggota keluarga. Mereka juga tidak bisa hidup bersama di perumahan umum yang mengharuskan penghuni menjadi kerabat dari pemegang hak sewa. Bahkan ketika mereka mengambil pinjaman bersama untuk membeli rumah sendiri, pasangan ini dapat ditolak oleh bank.

Ini hanya beberapa contoh hambatan bagi pasangan LGBT, tetapi sekarang dengan pemerintah mengeluarkan pengakuan resmi atas hubungan mereka, hal itu membuka kemungkinan peningkatan di bidang-bidang ini.

Dengan mengirimkan dokumen dengan nama dan alamat pemohon, pemerintah daerah akan mengeluarkan sertifikat dengan cap resmi. Pemerintah daerah sedang berencana untuk segera mencari kerja sama dengan organisasi dan kelompok terkait. (R.A.W)

Sumber:

japan today mainchi