Search
Close this search box.

Anggota kelompok hak LGBTQ mengadakan konferensi pers di depan Komisi Hak Asasi Manusia Nasional Korea (Kang Chang-kwang / The Hankyoreh)

SuaraKita.org – Pengadilan Korea Selatan baru-baru ini memutuskan untuk mengizinkan orang transgender mengubah status gender hukum mereka tanpa menjalani operasi kelamin terlebih dahulu.

Dulu, preseden Mahkamah Agung dan peraturan lain yang ada telah mengadopsi operasi kelamin sebagai faktor penting dalam menentukan apakah akan memberikan izin amandemen status gender. Namun putusan pengadilan baru-baru ini telah mengambil langkah maju.

Masyarakat sipil telah meningkatkan kebutuhan akan undang-undang untuk memastikan konsistensi dalam standar amandemen status gender yang sah, yang saat ini diserahkan kepada kebijaksanaan pengadilan terpisah.

“Penghapusan kapasitas reproduksi penting untuk amandemen status gender”

Menurut catatan, beberapa pengadilan baru-baru ini mengeluarkan putusan yang mengizinkan amandemen status gender legal untuk orang transgender yang belum menjalani operasi untuk menghilangkan kapasitas reproduksi mereka, kadang-kadang disebut dengan istilah payung operasi bagian bawah.

Putusan pertama datang pada Oktober 2021 dalam kasus banding di hadapan Pengadilan Keluarga Suwon, yang memungkinkan seorang trans untuk mengubah jenis kelamin hukumnya tanpa menjalani histerektomi.

Laki-laki tersebut ditetapkan sebagai perempuan saat lahir dan kemudian menjalani terapi penggantian hormon dengan testosteron, tetapi belum menjalani histerektomi atau prosedur ginekologi lainnya atau mengubah alat kelamin luarnya.

Dalam persidangan pertamanya, pengadilan menolak permintaannya untuk mengubah status gendernya secara hukum dengan alasan bahwa ia belum menjalani operasi untuk menghilangkan kapasitas reproduksinya. Namun dalam persidangan banding, pengadilan mengizinkan amandemen tanpa operasi, mengutip fakta bahwa ia jelas diidentifikasi sebagai seorang laki-laki.

“Untuk menuntut histerektomi atau prosedur lain akan memaksanya untuk merusak integritas tubuh agar identitas gendernya diakui,” demikian kesimpulannya.

Sebelumnya, Pengadilan Distrik Barat Seoul memutuskan pada November 2013 untuk mengizinkan seorang transman untuk mengubah jenis kelamin hukumnya setelah menjalani operasi untuk menghilangkan kapasitas reproduksi tetapi tidak mengubah genitalia eksternalnya. Pengadilan Keluarga Suwon melangkah lebih jauh dalam menyimpulkan bahwa seseorang dapat mengubah status gender hukum mereka tanpa operasi untuk menghilangkan kapasitas reproduksi juga.

Sikap yang sama tercermin dalam penilaian Februari lalu untuk seorang perempuan trans yang ditetapkan sebagai laki-laki saat lahir dan belum mengalami penghapusan kapasitas reproduksinya.

Dalam persidangan banding, Pengadilan Distrik Barat Seoul memberikan izin kepadanya untuk mengubah status gendernya secara hukum, menyimpulkan bahwa alat kelamin “hanyalah satu elemen dalam mengevaluasi penampilan eksternal suatu badan, bukan yang penting” ketika datang untuk membuat penentuan identitas gender.

Perempuan tersebut juga menerima putusan pengadilan awal yang menolak permintaan amandemennya dengan alasan bahwa dia belum menjalani operasi. Putusan pengadilan banding yang lebih progresif memungkinkannya untuk secara hukum mengubah status gendernya.

Dalam sebuah wawancara telepon, Jang Se-yeon, seorang pengacara di Yayasan Hukum Hak Asasi Manusia GongGam yang mewakili perempuan itu, menjelaskan, “Pengadilan mengabulkan permintaan amandemen gender dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti sejarah panjang perempuan yang menjalani terapi hormon, fakta bahwa dia telah hidup sebagai perempuan dengan keluarga dan masyarakatnya, dan fakta bahwa dia memiliki identitas gender yang kuat sebagai seorang perempuan. ”

Namun terlepas dari putusan pengadilan yang lebih progresif ini, operasi kelamin terus dianggap oleh pengadilan sebagai standar utama dalam menentukan apakah akan memberikan amandemen status gender secara legal.

Standar izin amandemen masih diserahkan ke pengadilan: “Diperlukan undang-undang”

Sebagai alasan perbedaan putusan pengadilan ’ tentang apakah akan mengizinkan amandemen status gender legal, analis hukum menunjukkan variasi dalam cara mereka menafsirkan preseden Mahkamah Agung dan aturan lainnya.

Pada bulan Juni 2006, putusan en banc oleh Mahkamah Agung mengizinkan amandemen pertama status gender legal untuk seorang perempuan trans yang telah menjalani operasi kelamin.. Pengadilan kemudian menggunakan putusan itu sebagai dasar dalam menetapkan aturan untuk berfungsi sebagai pedoman bagi pengadilan lain yang menggelar kasus amandemen status gender.

Aturan menyatakan bahwa pengadilan harus “mempertimbangkan” pertanyaan seperti apakah individu yang bersangkutan telah melakukan operasi kelamin untuk mengubah penampilan luar tubuh mereka — termasuk genitalia — menjadi jenis kelamin yang ditegaskan dan apakah mereka telah kehilangan kapasitas reproduksi mereka.

Atas dasar itu, beberapa pengadilan telah mengadopsi posisi bahwa operasi kelamin diperlukan untuk amandemen status gender yang sah, sementara yang lain berpendapat bahwa operasi kelamin hanyalah satu dari banyak faktor yang perlu dipertimbangkan.

Berbagai standar di antara pengadilan-pengadilan ini telah mengarah pada kasus-kasus di mana seorang transgender yang permintaan amandemennya telah ditolak oleh satu pengadilan mengajukan kembali setelah mentransfer alamat mereka ke suatu wilayah di bawah yurisdiksi yang memiliki lebih banyak “pengadilan” yang cenderung menguntungkan.

Masyarakat sipil telah menyerukan undang-undang untuk menyelesaikan masalah amandemen status gender yang sah. Menurut posisi ini, standar untuk izin harus ditentukan oleh hukum daripada diserahkan kepada pengadilan.

Pada bulan November 2022, putusan en banc oleh Mahkamah Agung memberikan izin amandemen gender untuk orang transgender yang juga orang tua bagi anak di bawah umur. Pendapat tambahan oleh Hakim Kim Seon-soo dan Oh Kyeong-mi mendesak, “Untuk benar-benar menyelesaikan kesulitan yang dialami oleh orang-orang transgender dan memperbaiki pelanggaran hak-hak dasar mereka, posisi orang transgender dan anggota keluarga mereka harus tercermin dalam istilah kelembagaan melalui undang-undang.”

Park Han-hee, seorang pengacara dengan kelompok Hope and Law, menjelaskan, “Karena masalah ini dibiarkan ditentukan oleh pedoman pengadilan internal, izin didasarkan pada kebijaksanaan masing-masing hakim.”

“Ada diskusi terhadap masalah ini yang terjadi di antara pengadilan juga, tetapi perlu ada diskusi legislatif di tingkat Majelis Nasional, ” katanya. (R.A.W)

Sumber:

hani