Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Negara-negara Asia sedang berjuang untuk menyamai kemajuan global tentang hak-hak LGBTQ+,  ada langkah positif tahun ini di Singapura dan Vietnam, kata Chantale Wong, direktur Amerika Serikat di Asian Development Bank (ADB), yang mempromosikan pembangunan sosial dan ekonomi di Asia dan Pasifik dalam sebuah wawancara.

Indonesia melarang seks di luar nikah awal bulan ini, dan pakar hukum mengatakan sebuah pasal dalam KUHP baru negara itu dapat memperkuat peraturan diskriminatif dan terinspirasi syariah di tingkat lokal, menimbulkan ancaman khusus bagi orang-orang LGBTQ+.

“Dalam kasus Indonesia, mereka bergerak menuju kriminalisasi di hadapan semua negara lain yang melakukan dekriminalisasi,” katanya.

Sementara Singapura melegalkan seks sesama jenis pada Agustus dan Vietnam menyatakan homoseksualitas bukan lagi “penyakit”. Menurut Chantale Wong, 19 negara di kawasan itu masih mengkriminalisasi hubungan sesama jenis.

“Ada pergerakan positif, tapi beberapa (negara) masih berjuang,” katanya.

“Negara-negara ini masih menargetkan orang-orang LGBTQ, mengkriminalisasi mereka, menganiaya mereka, ada yang mengeksekusi mereka, masih ada hukuman cambuk di (provinsi) Aceh,” tambahnya.

Negara-negara lain di kawasan ini yang melarang hubungan sesama jenis dalam berbagai tingkatan termasuk Malaysia, Bangladesh, dan Papua Nugini.

Chantale Wong (68) adalah seorang lesbian pertama yang terbuka serta orang kulit berwarna LGBTQ+ pertama yang naik pangkat setingkat duta besar ketika dia diangkat oleh Presiden Joe Biden dan kemudian dikonfirmasi oleh pemungutan suara Senat pada Februari 2022.

Dia menggambarkan pengangkatannya sebagai “yang sudah lama ditunggu-tunggu” setelah duta besar AS gay pertama, James C. Hormel, mulai menjabat pada tahun 1999.

“Sejak saat itu, kami telah memiliki lebih dari dua lusin lelaki kulit putih gay terbuka yang telah dinominasikan, baik dinas luar negeri karier maupun pejabat politik, jadi kami telah berhasil membuat lelaki kulit putih gay ditunjuk sebagai duta besar untuk mewakili Amerika Serikat,” katanya.

“Jadi ini bersejarah, dan saya berharap dalam waktu dekat saya akan bergabung dengan yang lain.”

‘DAMPAK BESAR’

Lahir di Shanghai, Chantale Wong beremigrasi dengan neneknya ke Hong Kong yang dikuasai Inggris pada usia enam tahun untuk menghindari Kelaparan Besar Tiongkok, yang menewaskan lebih dari 30 juta orang.

Dia bersekolah di sekolah berasrama di Makau dan sekolah menengah atas di wilayah pulau AS Guam, di mana dia menerima beasiswa ke sebuah perguruan tinggi di Hawaii.

Pada tahun 2001, ia diangkat oleh Presiden Bill Clinton saat itu menjadi dewan direksi Bank Pembangunan Asia, menjabat selama 11 bulan sebagai pejabat direktur eksekutif AS organisasi tersebut, peran yang sama yang ia pegang saat ini.

“Saya tidak memiliki gelar (duta besar), tetapi saya memiliki pekerjaan itu,” katanya berbicara dari kantornya di ibu kota Filipina, Manila.

Lebih dari 20 tahun kemudian, dia memiliki keduanya. Tapi sementara dia mengatakan kantornya dan perannya sendiri hampir sama seperti yang dia ingat, “wilayahnya pasti telah berubah”.

“Kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, lingkungan, perubahan iklim – masih banyak lagi krisis yang terjadi,” katanya.

Banyak dari tantangan yang dihadapi Asia sangat merugikan anggota komunitas LGBTQ+, kata Chantale Wong, mengingat pengalamannya baru-baru ini di pusat keuangan India, Mumbai.

“Kami berada dalam lalu lintas yang padat, dan saya melihat seorang transgender datang ke jendela kami memohon,” katanya.

“Itu berdampak besar pada saya… Sangat emosional bagi saya untuk melihat bahwa masyarakat dapat membuang seluruh kelompok orang yang rentan.”

Chantale Wong dan pemerintahan Joe Biden mendorong Bank Pembangunan Asia untuk mengakui orientasi seksual dan identitas gender di antara “perlindungan” untuk memastikan proyek pengembangan organisasi mempertimbangkan kebutuhan orang-orang LGBTQ+.

Joe Biden telah memperjuangkan hak LGBTQ+ selama masa kepresidenannya, dan minggu lalu menandatangani Undang-Undang Penghormatan terhadap Perkawinan menjadi undang-undang, memberikan pengakuan federal untuk pernikahan sesama jenis.

Pada pemilihan paruh waktu AS pada bulan November, lebih dari 400 kandidat LGBTQ+ terpilih untuk jabatan publik secara nasional, membuat rekor baru.

Chantale Wong memuji apa yang disebut gelombang pelangi sebagai kemenangan bagi visibilitas LGBTQ+ dalam politik dan “contoh” bagi negara-negara di Asia dan di seluruh dunia di mana kaum gay, transgender, dan biseksual masih tidak diberi hak yang sama.

“Itu bagus. Saya pikir kita perlu meniru itu di sini, di kawasan ini, ”katanya. (R.A.W)

Sumber:

GT