Search
Close this search box.

Sebagai Penyintas Terapi Konversi, Saya Coming Out Agar Orang Lain Tidak Pernah Merasa Sendiri

Oleh: Sam Brinton

SuaraKita.org – “Coming out” jarang merupakan peristiwa satu kali atau proses linier. Terkadang Anda merasa seperti keluar dari pintu putar stigma dan kebingungan: keluar dari lemari, malu dan ditolak, kembali ke lemari, dan ulangi. Sebagai seseorang yang harus keluar sebagai biseksual, genderfluid, dan yang selamat dari terapi konversi, saya terkadang merasa seperti perjalanan keluar saya dimulai di bagian belakang lemari besar dengan banyak pintu – ideal untuk real estat, tetapi menantang bagi orang muda yang mencoba memahami tempat mereka di dunia.

Pengakuan pertama saya adalah sebagai siswa sekolah menengah dengan potongan rambut religius, kacamata kutu buku, dan ingatan akan ayat-ayat Alkitab yang merupakan kebanggaan gereja kecil pedesaan Florida yang kami sebut rumah. Dan itu bertemu dengan pelecehan fisik dan psikologis yang berbatasan dengan penyiksaan. 

Selama bertahun-tahun, saya mengalami sesi traumatis dengan seorang konselor yang mencoba meyakinkan saya bahwa saya salah tentang orientasi seksual saya dan perlu “diperbaiki”, sebuah praktik yang umumnya dikenal saat ini sebagai terapi konversi. Antara lain, saya diberitahu bahwa komunitas kepercayaan Southern Baptist saya menolak seksualitas saya sebagai kekejian, hal yang memilukan untuk didengar oleh seorang anak misionaris. Dan saya diberi tahu bahwa saya adalah satu-satunya orang gay di dunia, taktik penipuan yang digunakan untuk menciptakan kesepian dan keputusasaan yang mengerikan.

Saya kembali menutup orientasi seksual saya untuk menyelamatkan hidup saya, tetapi itu tidak berarti terapi konversi berhasil. Saya tidak berubah. Saya hanya menyembunyikan identitas saya untuk menghilangkan rasa sakit.

Ini akan membutuhkan waktu, penyembuhan, dan penemuan bahwa saya tidak, pada kenyataannya, sendirian sebelum saya dapat mencapai apa yang saya anggap sebagai jalan keluar kedua saya. Saya belajar Teknik Nuklir dan Pertunjukan Musik Vokal di Kansas State University ketika saya lebih memahami sifat cair dari orientasi seksual dan gender saya dan mulai bergumul dengan efek yang disebut “terapi” yang telah berusaha untuk membatalkan apa yang saya tahu sebagai identitas saya yang sebenarnya.

Seperti banyak orang, saya berterima kasih atas panutan LGBT dan teman-teman yang datang ke dalam hidup saya. “Ibu lesbian” saya, dua mahasiswa lesbian yang mengasuh saya, menunjukkan bahwa tidak hanya ada orang LGBT lainnya yang merasakan perasaan tidak pasti dan tidak aman yang sama, tetapi bahkan ada harapan untuk hidup bahagia dan memuaskan jika saya memeluknya diriku yang sebenarnya. Mereka mendidik saya tentang sejarah komunitas kami dan memberi saya ruang yang aman untuk mulai membangun masa depan aktivis saya.

Suatu malam di Kansas yang dingin saat kami menonton Will dan Grace bersama, wajah mereka yang tertawa dengan cepat berubah menjadi air mata. Mereka memeluk saya erat ketika saya mengungkapkan kepada mereka kengerian pengalaman saya dengan terapi konversi. Dan sejak saat itu, mereka melakukan semua yang mereka bisa untuk memperbaiki kerusakan selama bertahun-tahun. Mereka mengerti bagaimana rasanya menjadi gay, tetapi mereka belum pernah mendengar dari seseorang yang dirugikan oleh bahaya terapi konversi.

Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa cerita saya bisa saja berakhir setelah tahun-tahun pertama coming out bertempur dengan terapi konversi. Tragisnya, banyak cerita seperti milik saya yang berakhir di sana, atau terlalu dekat. Menurut Survei Nasional 2020 The Trevor Project tentang Kesehatan Mental Remaja LGBT, remaja LGBT yang telah menjalani terapi konversi melaporkan lebih dari dua kali tingkat upaya bunuh diri selama setahun terakhir dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Bahkan setelah menemukan penerimaan dan komunitas, saya berjuang dengan kecemasan dan depresi dan dapat menghitung diri saya di antara jumlah kaum muda LGBT yang pernah mencoba bunuh diri. Efek trauma dan pelecehan yang saya alami membutuhkan waktu seumur hidup untuk sembuh. Itulah bagian dari mengapa saya hari ini bersyukur atas kehadiran terapis etis LGBT yang kompeten, dan atas kesempatan untuk bekerja untuk sebuah organisasi dengan misi langsung untuk mengakhiri bunuh diri remaja LGBT. Seperti banyak pendukung lainnya, ini bersifat pribadi bagi saya.

Pikiran untuk bunuh diri saya berasal dari penolakan menyakitkan yang saya lihat berulang kali dari keluarga saya, setelah selamat dari terapi konversi dan coming out lagi kepada orang tua saya – sebagai biseksual dan genderfluid -. Saya ingat air mata ibu saya di wastafel dapur saat saya menangis bersamanya, mengetahui bahwa saya menyebabkan rasa sakitnya dengan menjalani kebenaran saya. Ultimatum langsung ayah saya adalah tidak pernah kembali ke rumah lagi jika saya akan hidup seperti ini. Untungnya bagi saya, saya memiliki seorang kerabat gay di New York City yang ada di sana untuk memberi saya perlindungan setelah saya diusir dari rumah saya. Hati saya hancur untuk semua remaja LGBT yang tidak memiliki dukungan itu.

Terapi konversi membuat saya merasa seolah-olah saya telah mengecewakan orang tua saya, dan itu membuat orang tua saya berpikir bahwa saya belum berusaha cukup keras untuk berubah. Mereka mengira identitas baru saya adalah tindakan ketidaktaatan yang di sengaja daripada saya hanya mengatakan kebenaran tentang siapa saya. Sama seperti saya memiliki beberapa lapis hambatan untuk coming out, ada lapisan penolakan yang harus dihadapi. Meski begitu, saya sangat yakin bahwa coming out dan menolak terapi konversi menyelamatkan hidup saya.

Hari-hari ini, saya coming out setiap hari. Dari op-ed yang banyak dibaca di New York Times hingga cerita fitur di majalah Playboy , saya menceritakan kisah saya tentang bertahan dari terapi konversi di depan umum. Saya tidak melakukan ini karena saya menikmati mengunjungi kembali kenangan itu; Saya melakukannya agar tidak ada anak muda LGBT + yang merasa sendirian, seperti yang saya lakukan. Kita perlu menghadapi stigma seputar terapi konversi secara langsung dan bekerja sama melalui pendidikan dan advokasi untuk membuang penipuan ini ke tong sampah sejarah sekali dan untuk selamanya.

Tahun lalu, 10% remaja LGBT melaporkan menjalani terapi konversi. Jumlah itu terlalu banyak untuk cerita coming out yang kedua di masa depan dan terlalu banyak nyawa yang dirugikan karena terpaksa menutup orientasi seksual rapat-rapat.Pada National Coming Out Day (11 september) ini, saya tampil sebagai orang yang selamat dan sebagai pendukung yang bekerja untuk menjadikan diri saya orang terakhir yang harus coming out lagi dengan cara ini. Saya harap Anda akan bergabung dengan saya, dan banyak orang lainnya, dalam memperjuangkan dunia yang berubah menjadi lebih baik. (R.A.W)

Sam Brinton adalah Wakil Presiden Bidang Advokasi dan Pemerintah untuk Trevor Projrect

Sumber:

them