Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Seorang hakim Hong Kong telah memutuskan menentang Keuskupan Katolik Hong Kong untuk bergabung dalam debat tentang kesetaraan pernikahan, karena masalahnya adalah masalah hukum, bukan masalah agama.

Hong Kong saat ini tidak mengakui pernikahan sesama jenis, meskipun mengikuti keputusan Mahkamah Agung tahun lalu, mereka menghormati visa pasangan .

Keuskupan Katolik Hong Kong telah berupaya memasuki debat hukum, dengan alasan mereka akan memberikan “gambaran utuh” tentang pernikahan yang ditentukan orang Kristen, tetapi Hakim Chow Ka-ming memutuskan untuk tidak melakukannya.

Dalam putusannya, Hakim Anderson Chow Ka-ming mengatakan: “Perlu ditekankan bahwa pengadilan tidak dapat menengahi masalah sosial, moral, agama, atau teologis, dan tidak memutuskan kasus berdasarkan pertimbangan semacam itu.

“Satu-satunya aturan pengadilan yang tepat … adalah menentukan aplikasi yang didasarkan pada pertimbangan hukum.”

Kasus yang mereka coba masuki, menyangkut seorang lesbian dengan inisial MK. Dia berpendapat bahwa dengan tidak dapat membentuk ikatan sipil dengan pasangannya maka melanggar haknya untuk privasi dan kesetaraan, dan ini melanggar konstitusi-kecil Hong Kong.

Kasusnya akan disidangkan mulai 28 Mei.

Umenurut sebuah penelitian, dkungan untuk melegalkan pernikahan sesama jenis di Hong Kong melonjak 12% selama periode empat tahun, serta mendapatkan dukungan dari masyarakat.

Seen Yiu-tung, seorang akademisi yang mengambil bagian dalam penelitian, mengatakan: “Penelitian kami menunjukkan bahwa dukungan untuk hak-hak pasangan sesama jenis telah tumbuh secara signifikan dalam waktu singkat.”

Penelitian ini juga menemukan bahwa ada perbedaan besar antara hukum dan pendapat penduduk kota.

“Sementara 69 persen orang Hong Kong mengatakan mereka memilih memiliki undang-undang untuk melindungi terhadap diskriminasi orientasi seksual, pemerintah Hong Kong belum memberlakukan undang-undang semacam itu,” jelas Kelley Loper, direktur Pusat Perbandingan dan Hukum Publik Universitas Hong Kong. (R.A.W)

Sumber:

gaytimes