Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Jepang telah memilih Ayako Fuchigami sebagai anggota parlemen transgender perempuan pertama di pulau Hokkaido. Ayako Fuchigami memenangkan satu kursi untuk distrik Sapporo Higashi, dalam langkah yang dipuji sebagai langkah maju untuk hak trans di wilayah tersebut.

“Saya mewakili orang-orang minoritas yang menghadapi banyak kesulitan setiap hari. Saya merasakan beban mereka di pundak saya, ”kata Ayako Fuchigami.

Politikus ini didukung oleh Partai Demokrat Konstitusi Jepang dan telah berkampanye untuk meningkatkan hak-hak komunitas LGBT  di negara itu.

“Kami hanya ingin hidup seperti yang lain. Saya ingin menciptakan masyarakat di mana pendapat dari orang-orang yang berbeda tercermin, ”kata Ayako Fuchigami pada pidato sebelum pemilihannya.

Warga negara transgender diharuskan menjalani sterilisasi sebelum mengubah gender secara resmi di Jepang.

Awal tahun ini, sebuah laporan Human Rights Watch mengkritik prosedur untuk mengubah gender secara hukum sebagai “regresif dan berbahaya.”

Publikasi setebal 84 halaman , dirilis pada bulan Maret, didasarkan pada wawancara dengan 48 orang transgender yang tinggal di Jepang, serta kesaksian dari pengacara, penyedia kesehatan, dan akademisi dari seluruh negara.

“Prosedur di Jepang untuk mengubah jenis kelamin hukum seseorang adalah regresif dan berbahaya,” demikian ringkasan laporan itu.

“Hal itu bertumpu pada gagasan usang dan merendahkan bahwa identitas transgender adalah kondisi kesehatan mental, dan mengharuskan orang transgender yang ingin pengakuan hukum untuk menjalani prosedur medis yang panjang, mahal, invasif, dan tidak dapat diubah.”

Laporan yang berjudul “A Really High Hurdle”: Japan’s Abusive Transgender Legal Recognition Process, menulis: “Undang-undang yang relevan — dikenal sebagai ‘Undang-Undang Kasus Gangguan Identitas Khusus Gender’ — bertentangan dengan hukum hak asasi manusia internasional dan praktik terbaik medis internasional. ”

Laporan Human Right Watch muncul setelah Mahkamah Agung Jepang menegakkan undang-undang saat ini pada bulan Januari , yang memaksa orang transgender untuk disterilkan sebelum mereka dapat mengubah jenis kelamin mereka secara legal. (R.A.W)

Sumber:

pinknews