Search
Close this search box.

Brokeback Mountain Mendapat Penghargaan dari Library of Congress


SuaraKita.org – Film yang memenangkan Oscar tahun 2005 , yang dibintangi Heath Ledger dan Jake Gyllenhaal sebagai pasangan koboi gay, akan menjadi salah satu dari 25 produksi yang dipilih tahun ini untuk dimasukkan dalam daftar film di Library of Congress’s National Film Registry.

Brokeback Mountain  menjadi film terbaru yang termasuk dalam Registry, yang sekarang memiliki total 750 judul — semua dianggap layak untuk pelestarian bagi generasi mendatang karena “kepentingan budaya, sejarah dan estetika mereka terhadap warisan film bangsa,” menurut Library of Congress.

Pustakawan Library of Congress Carla Hayden mengatakan: “National Film Registry berusia 30 tahun pada tahun ini dan selama tiga dekade, kami telah mengakui, merayakan dan melestarikan media khas ini.

“Harta karun sinematik ini harus dilindungi karena mereka mendokumentasikan sejarah, budaya, harapan, dan impian kami.”

Brokeback Mountain director membagikan visinya
Sutradara Ang Lee mengatakan kepada Library of Congress bahwa dia terkejut dengan tanggapan luar biasa yang diterima film tersebut ketika pertama kali dirilis.

“Saya tidak bermaksud untuk membuat pernyataan dengan Brokeback Mountain ,” kata Ang Lee, yang juga menyutradarai Crouching Tiger, Hidden Dragon dan Life of Pi .

“Saya hanya ingin menceritakan kisah cinta ala Barat antara dua koboi.

“Yang sangat mengejutkan saya, film ini akhirnya memikat hati para penonton. Film itu menjadi bagian dari budaya, refleksi kegelapan dan cahaya — prasangka buruk dan cinta abadi — di hati Amerika.


“Lebih dari satu dekade telah berlalu sejak Brokeback Mountain dirilis, tapi saya berharap bahwa film ini, film kecil dengan ruang terbuka lebar, terus mengungkapkan sesuatu yang segar dan mendasar tentang negara adopsi saya.”

Brokeback Mountain bisa jadi sangat berbeda
Film pemecah batas, yang dikembangkan selama delapan tahun, mengalami suksesi “aktor muda terkemuka” untuk peran utama sebelum mendarat di Heath Ledger dan Jake Gyllenhaal, kata penulis skenario Diana Ossana pada awal tahun ini .

Mark Wahlberg dan Matt Damon sama-sama diminta untuk memainkan peran utama, tetapi Ossana mengatakan mereka menolak peran dan “tidak memberi kami alasan pasti mengapa mereka tidak tertarik (memerankannya).

“Kurasa mereka melihatnya terlalu sulit.”

Sineas Gus Van Sant, yang awalnya melekat pada  Brokeback Mountain, mengatakan bahwa dia ingin memberikan “nama besar” sebagai pemeran utama, tetapi “tidak ada yang ingin melakukannya.”

“Saya sedang mengerjakannya, dan saya merasa seperti kami membutuhkan pemain yang sangat kuat, seperti pemain terkenal. Itu tidak berhasil. Saya bertanya kepada para pemain terkenal seperti Leonardo DiCaprio, Brad Pitt, Matt Damon, Ryan Phillippe. Mereka semua mengatakan tidak, ”kata sutradara yang secara terbuka sebagai gay ini, Gus Van Sant akhirnya keluar dari tim produksi film karena perbedaan kreatif dengan penulis skenario. (R.A.W)

Sumber:

pinknews