Search
Close this search box.

Buku Manusia Tanpa Kelamin Mengangkat Isu-Isu Kontemporer Melalui Kacamata Fiksi

 

Sampul: Manusia Tanpa Kelamin diluncurkan pada 21 November 2021. (Koleksi Pribadi Nilacakra, Jane Maryam)

SuaraKita.org –  Di alam semesta fiksi ini, manusia masih bisa berfungsi dengan baik meski kekurangan organ seksual. Kisah dalam buku ini menunjukkan mereka menjalani kehidupan yang lebih mudah, tanpa hasrat seksual – kontras dengan kemanusiaan di dunia nyata.

Buku Manusia Tanpa Kelamin adalah kumpulan dari 16 cerita pendek karya penulis asal Bali, Jane Maryam. Dalam I Don’t Believe in Ghosts, seorang perempuan Indonesia menantang pacar bulenya untuk menghabiskan satu malam di kuburan. Cerita lain menampilkan mitos dan cerita rakyat Indonesia lainnya seperti pelet atau mantra cinta Jawa yang kuat.

Jane Maryam menulis Manusia Tanpa Kelamin selama beberapa tahun terakhir ketika pandemi COVID-19 melanda dunia. Awalnya, Jane ingin menulis novel seperti buku pertamanya, Menikah, yang diterbitkan pada 2015. Namun, ia mengakui bahwa menulis cerpen akan lebih layak dilakukan dengan target terbit pada akhir 2021.

Novel pertama Jane yang berjudul Menikah, berbagi kisah pernikahan perempuan Indonesia dari berbagai latar belakang, orientasi seksual dan identitas gender. Manusia Tanpa Kelamin dengan santai menampilkan karakter-karakter LGBTQIA+ tanpa mempermasalahkan identitasnya. Menurut Jane, masyarakat Bali hidup berdampingan dengan mitos, esoterisme, dan metafisika.

Jane membaca “Manusia Tanpa Kelamin” saat peluncuran buku di Little Talks di Ubud, Gianyar, Bali pada 21 November 2021. (Koleksi Pribadi Gustra Adnyana, Jane Maryam)

Jane Maryam adalah penulis berdarah Batak-Jawa yang merupakan alumni Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang dan meraih gelar Magisternya lewat Fakultas Psikologi Sosial Universitas Indonesia. Kegemarannya menulis fiksi dan spiritualisme tertuang dalam kumpulan cerpen dan prosa berasal dari pengalaman yang ia temui di sekitarnya. Kini ia banyak melibatkan diri pada kegiatan wellness seperti yoga dan meditasi. Jane dapat dihubungi melalui Facebook page: janemaryamspiritualist, Instagram @jane_maryam. (R.A.W)

Judul: Manusia Tanpa Kelamin (Antologi Cerita Pendek Mistis)

Penulis: Jane Maryam

Editor: Arya Lawa Manuaba

Kategori: Cerpen Dewasa

Penerbit: Nilacakra

Terbit: November 2021

Buku Manusia Tanpa Kelamin dapat dibeli pada link berikut 

Google Play Books