Search
Close this search box.

Funny Boy Film Coming of Age Gay di Sri Lanka yang Sedang Terpecah

Judul: Funny Boy

Sutradara: Deepa Mehta

Pemeran: Nimmi Harasgama, Ali Kazmi, Agam Darshi, Seema Biswas, Shivantha Wijesinha, Brandon Ingram

Tanggal Rilis: 4 Desember 2020 

SuaraKita.org – Film ini adalah yang terbaru dari sutradara Indo-Kanada Deepa Mehta, yang dikenal dengan Trilogi Elemen: Fire (1996), Earth (1998), dan Water (2005).

Funny Boy, kiriman untuk Piala Oscar dari Kanada untuk Film Fitur Internasional Terbaik, berpusat pada seorang anak lelaki bernama Arjie (Arush Nand dan Brandon Ingram), yang setelah dewasa dan mempertanyakan seksualitasnya di Sri Lanka tahun 1970-an dan 80-an.

Dibuat berdasarkan novel terlaris Kanada yang ditulis oleh Shyam Selvadurai, Funny Boy mengikuti perjalanan Arjie menuju penerimaan diri dalam masyarakat yang tidak menerima, karena negara tersebut juga bergulat dengan perselisihan politik antara minoritas Tamil dan mayoritas Sinhala.

Disajikan dengan intim dan ditampilkan dengan indah, Funny Boy adalah drama masa depan yang secara visual subur di tengah konflik etnis yang kejam yang spesifik secara regional, tetapi tragis secara universal. 

Funny Boy adalah kisah yang dilihat dari sudut pandang pengalaman yang berhubungan namun sepenuhnya unik. Setiap orang-orang queer dapat melihat diri mereka sendiri dalam kerinduan romantis Arjie; siapa pun yang menghadapi diskriminasi akan merasakan sakit dan kebingungannya karena dipaksa keluar dari rumahnya. (R.A.W)