Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Tes Aptima HIV-1 Quant Dx, yang telah disetujui untuk pemantauan viral load, sekarang telah menerima persetujuan Food and Drug Administration untuk diagnosis awal HIV, menjadikannya produk pertama yang cocok untuk kedua tujuan tersebut.

Aptima HIV-1 telah disetujui untuk pemantauan viral load pada tahun 2016, dan pabrikannya, Hologic, mengumumkan pada hari Jumat bahwa FDA telah menyetujuinya untuk diagnosis HIV.

“Ini adalah klaim baru yang menarik untuk tes HIV kami yang sangat sensitif dan dapat diandalkan karena memiliki potensi untuk meningkatkan perawatan pasien,” Kevin Thornal, presiden solusi diagnostik di Hologic, mengatakan dalam siaran pers.

“Pengukuran viral load bersamaan dengan diagnosis akan memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk memandu pilihan pengobatan bagi pasien untuk segera memulai terapi. Klaim ganda juga akan menguntungkan pelanggan laboratorium klinis kami, yang terus berupaya mengkonsolidasi pengujian mereka sebanyak mungkin ke dalam satu platform otomatis. “

Tes ini berjalan pada sistem otomatis yang dikenal sebagai Panther. Lebih dari 2.250 sistem Panther telah dipasang di laboratorium diagnostik klinis di seluruh dunia.

Memulai pengobatan segera setelah diagnosis adalah kunci untuk menjaga kesehatan orang yang hidup dengan HIV dan membantu mereka meningkatkan viral load ke tingkat yang tidak terdeteksi sehingga virus tidak dapat ditularkan ke orang lain. 

Mampu mendiagnosis HIV dan mendeteksi viral load pada saat yang sama akan membantu dokter membuat keputusan tentang pengobatan dengan lebih cepat. 

Tanpa produk seperti Aptima HIV-1 untuk melakukan keduanya, diagnosis HIV positif memerlukan beberapa tes berturut-turut dan kunjungan di klinik yang dapat memakan waktu berminggu-minggu sebelum pengobatan dapat dimulai. (R.A.W)

Sumber:

HIV+