Search
Close this search box.

Lovely Man Menggambarkan Fakta Kehidupan Transgender Tanpa Dilebih-Lebihkan

Judul: Lovely Man

Sutradara: Teddy Soeriaatmadja

Produser: Millan Rushan, Doddy M Husna, Teddy Soeriaatmadja, Indra Tamoron Musu

Penulis: Teddy Soeriaatmadja

Pemeran: Raihaanun, Donny Damara, Yayu A.W. Unru, Ari Syarif, Lani Sonda

Tanggal rilis: 30 September 2011

SuaraKita.org – Film  Lovely Man bukan hanya menarik dari ide cerita tapi punya pesan moral dan spiritual menggambarkan fakta kehidupan manusia, khususnya kehidupan transgender di Indonesia. Tanpa dilebih-lebihkan yang selama ini banyak digambarkan dalam media komersil. 

Film ini menceritakan tentang seorang gadis pesantren bernama Cahaya (Raihaanun) yang mencari ayahnya yang pergi merantau ke Jakarta, Akhirnya Cahaya bertemu dengan Syaiful (Donny Damara), namun Cahaya menemukan sebuah fakta yang membuatnya terkejut. 

Cahaya tidak mengira bahwa di Jakarta ayahnya ternyata seorang transgender bernama Ipuy. Konflik yang mereka alami dalam waktu sehari itu pada akhirnya membuat satu jalinan pertanyaan, “Mengapa?”

Teddy Soeriaatmaja, sang sutradara yang juga menulis ceritanya, berusaha untuk menuangkan fakta, bahwa seorang Ipuy pun, juga berhak untuk hidup penuh cinta kasih. Betapa pengorbanan Ayah kepada anak, walaupun “terusir,” tetapi tanggung jawab selalu dipikulnya.

Film Lovely Man mengantarkan dua pemeran utamanya meraih penghargaan tertinggi di ajang Indonesia Movie Award tahun 2012, meraih predikat film terbaik di ajang Tel Aviv LGBT Awards danberbagai penghargaan lainnya. (R.A.W)

Sumber:

Dailymotion