Search
Close this search box.

Film Dokumenter Call Her Ganda: Mencari Keadilan untuk Jennifer Laude

Judul: Call Her Ganda

Tanggal rilis awal: 19 April 2018

Sutradara: PJ Raval

Pemeran: Naomi Fontanos, Julita Laude, Virginia Lacsa Suarez, Meredith Talusan

Produser: PJ Raval, Lisa Valencia-Svensson, Marty Syjuco, Kara Magsanoc-Alikpala

Nominasi: Gawad Urian Award for Best Documentary, Penghargaan Media GLAAD untuk Film Dokumenter Terbaik

Skenario: PJ Raval, Victoria Chalk

Durasi: 97 menit

 

Jennifer Laude

SuaraKita.org – Ketika PJ Raval menerima tawaran untuk memutar dua film dokumenternya di Filipina dalam acara Quezon City Pink LGBT Film Festival 2014, dia melihat kesempatan itu sebagai kesempatan untuk terhubung kembali dengan akarnya dan untuk mempelajari lebih lanjut tentang komunitas LGBT lokal. Apa yang tidak diduga olehnya adalah melihat sebuah negara gempar karena masalah internasional yang beresonansi dengan identitasnya sebagai orang LGBT Amerika Filipina..

Jennifer Laude, seorang transgender, berusia 26 tahun ketika dia dibunuh pada 11 Oktober 2014. Lelaki yang dituduh membunuhnya adalah US Marine Pfc. Joseph Scott Pemberton, yang saat itu berusia 19 tahun. Jennifer Laude berada di bar disko dengan salah satu temannya ketika dia bertemu Joseph, yang tidak sedang menjalankan tugas militer, dan keduanya setuju untuk pergi ke hotel terdekat. Tiga puluh menit kemudian, Joseph  meninggalkan kamar. Jennifer kemudian ditemukan tewas, tubuhnya terbungkus sprei dan kepalanya terendam di toilet. Laporan medis menunjukkan dia meninggal karena asfiksia (gangguan dalam pengangkutan oksigen (O2) ke jaringan tubuh yang disebabkan terganggunya fungsi paru-paru, pembuluh darah, ataupun jaringan tubuh)..

Selama festival film, PJ Raval diundang untuk bergabung dengan panel tentang hak-hak LGBT di mana ia bertemu Virgie Suarez, salah satu jaksa penuntut untuk ibu Jennifer Laude, Nanay, yang dalam bahasa Tagalog untuk “ibu”. Saat ia mengetahui lebih banyak tentang kasus ini melalui diskusi panel, seorang penonton menyarankan film dokumenter berikutnya tentang kasus tersebut. Dihadapkan pada prospek yang menakutkan untuk membuat film dokumenter di luar negeri dan tidak yakin apakah dia orang yang tepat untuk pekerjaan itu, PJ Raval awalnya enggan mengambil proyek tersebut. Pada akhirnya, dia memutuskan kurangnya keahliannya di negara ini dikombinasikan dengan posisinya sebagai orang Amerika Filipina adalah perspektif yang tepat untuk dibawa ke film.

Film Call Her Ganda menunjukkan beberapa tema saat meliput pembunuhan Jennifer Laude. Film ini membahas hak-hak transgender dan kekerasan yang dihadapi komunitas ini tidak hanya di Filipina tetapi juga di seluruh dunia; film ini  menunjukkan kurangnya keadilan dan dukungan dalam sistem hukum bagi mereka yang miskin. Film ini juga menunjukkan hubungan kolonial yang masih ada antara Amerika Serikat dan Filipina meskipun fakta bahwa Filipina telah menjadi negara yang berdaulat dan merdeka sejak 1946.

Narasi film dibagi menjadi dua bagian. Salah satunya menunjukkan kemajuan kasus Jennifer Laude saat mengikuti Nanay dan dua pengacaranya, yang bekerja pro bono. Yang lain mengikuti Meredith Talusan, seorang transgender Filipina yang telah melaporkan kasus tersebut dan bekerja di Amerika saat dia mewawancarai orang-orang seperti teman Jennifer Laude, tunangannya, aktivis hak trans dan masyarakat setempat. Tersebar di beberapa momen film, PJ Raval juga menambahkan perspektif internasional dengan memasukkan postingan media sosial yang menanggapi kasus Jennifer Laude yang berkisar dari tidak masuk akal hingga penuh kasih.

Kemarahan dan ketidakberdayaan yang dirasakan penduduk setempat terhadap Amerika Serikat saat mereka menyaksikan betapa tidak berdayanya mereka saat menginjak-injak sistem peradilan mereka sendiri terlihat jelas di seluruh film. Film ini membuatnya dapat dimengerti mengapa orang Filipina ingin mendukung populis yang kurang ajar dan bermulut kotor seperti Rodrigo Duterte (presiden Filipina sekarang) yang, meskipun melakukan sejumlah pelanggaran hak asasi manusia, tidak takut untuk membela Amerika dan benar-benar memperhatikan ketidakberdayaan keluarga Jennifer Laude. 

Call Her Ganda adalah film yang menggugah pikiran yang akan membuat penonton berpikir dan mendiskusikan dampak, efektivitas, dan kebutuhan yang dipertanyakan dari kehadiran militer Amerika  di tidak hanya Filipina tetapi di 150 negara lain yang didudukinya. Ini akan membangkitkan perasaan patah hati dan frustrasi, terutama pada orang tua, karena merekaa menonton Nanay tanpa henti mencari keadilan untuk putrinya saat ia menghadapi hambatan terus menerus di sepanjang jalan. Film ini juga akan membuat penonton Amerika sangat sadar akan bahaya yang dihadapi orang transgender bahkan di Amerika dan mungkin akan menimbulkan lebih banyak belas kasih dan pengertian untuk mereka. Call Her Ganda pasti akan menggerakkan, menantang, dan mendidik penonton di mana saja. (R.A.W)

Catatan:

US Marine Pfc. Joseph Scott Pemberton belum lama ini telah diberikan “pengampunan mutlak” oleh Presiden Rodrigo Duterte dalam kasus yang memicu kemarahan atas dugaan perlakuan istimewa yang diberikan kepada personel militer Amerika yang ditugaskan di negara tersebut. 

Joseph Scott Pemberton telah menjalani sekitar enam tahun dari hukuman 10 tahun yang dijatuhkan pada tahun 2015. Tindakan Duterte diumumkan oleh Menteri Luar Negeri Filipina Teddy Locsin Jr. pada hari Senin 7 september 2020 dan dikonfirmasi oleh Juru Bicara Kepresidenan Harry Roque dalam sebuah laporan oleh Kantor Berita Filipina (PNA) yang dikelola negara.

Sumber:

CNN

iexaminer