Search
Close this search box.

Menemukan Tempat Berlindung di Kenya Meskipun Mengalami Persekusi

Juni 2020, Martin Okello melihat keluar jendela di rumah yang ia tinggali bersama pengungsi LGBT Uganda lainnya di Nairobi, Kenya. Dia dan anggota komunitas LGBT lainnya di Afrika Timur menghadapi diskriminasi yang memaksa banyak orang meninggalkan negara asal mereka ke Kenya, yang telah menjadi surga bagi mereka. Ini adalah satu-satunya negara Afrika Timur di mana seseorang dapat mencari suaka dan didaftarkan sebagai pengungsi berdasarkan status LGBT mereka. Namun bahkan di Kenya, mereka dapat menghadapi diskriminasi dan kekerasan, dan negara itu masih mengkriminalkan seks gay. (Foto AP / Brian Inganga)

SuaraKita.org – Ketika dia diserang oleh massa karena menjadi gay, Martin Okello mengatakan tendangan dan pukulan dari penyerangnya datang begitu cepat sehingga dia tidak bisa menghentikan mereka atau melarikan diri. Dia pingsan dan ditinggal dalam keadaan sekaran di lingkungan kumuh di Nairobi, Kawangware.

Martin Okello telah melarikan diri ke Kenya dari negara asalnya, Uganda, untuk mencari suaka dan perlindungan di bawah badan pengungsi PBB, katanya, “tetapi saat saya berada di sini, saya dapat mengatakan bahwa kami telah menghadapi begitu banyak rasa tidak aman.”

Sebelum serangan itu, mantan jurnalis radio berusia 29 tahun itu merahasiakan orientasi seksualnya selama berbulan-bulan saat ia bekerja sebagai pendidik komunitas LGBT di sebuah klinik di Kawangware. Meski begitu, dia tidak pernah berharap untuk dipersekusi di Kenya.

“Kami berusaha semaksimal mungkin untuk tetap low profile, tetapi dalam satu atau lain cara, Anda menemukan diri Anda menjadi high profile karena Anda tidak dapat menyangkal Anda adalah LGBT,” katanya. “Jadi itu keluar begitu saja, dan ketika coming out, seseorang seperti, ‘Wah! Kami tidak bisa mentolerir hal ini di komunitas. ‘”

Taruhan terbaik Martin Okello untuk hidup yang bebas dari intoleransi terletak pada penempatan kembali di negara maju. Tetapi pembatasan global pada perjalanan karena virus korona telah menunda proses itu.

“Saya sedang menunggu wawancara terakhir sehingga saya dapat bermukim di Amerika tempat saya mengharapkan kehidupan yang baik dan penerimaan untuk orang-orang seperti saya, karena kehidupan di sini seperti berada di ruang bawah tanah dengan singa,” kata Martin Okello.

MArtin Okello  adalah salah satu dari lebih dari 3.000 pengungsi di Afrika dan 10.000 di seluruh dunia yang pemindahannya dihentikan sementara oleh pandemi, menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM). Tidak ada gangguan kepada banyak dari mereka yang LGBT.

Kamis minggu  lalu (18/6) IOM mengumumkan pembatasan akhirnya dicabut. Perkembangan itu terjadi dua hari sebelum Hari Pengungsi Sedunia pada 20 Juni, yang mengakui jutaan orang yang terpaksa meninggalkan rumah mereka karena perang atau persekusi.

Berita bahwa proses pemukiman kembali bergerak “membuat saya merasa baik,” kata Martin Okello, seraya menambahkan bahwa ia telah menunggu proses tersebut selama 3 1/2 tahun.

Sementara itu, Martin Okello telah menemukan penghiburan di tempat penampungan kelompok yang disebut “House of Nature,” yang menyediakan keamanan dan berfungsi sebagai keluarga alternatif bagi mereka yang telah dikeluarkan dari komunitas mereka karena diskriminasi.

Meskipun sudah ada selama beberapa dekade, tempat perlindungan ini, atau “rumah,” telah dipopulerkan baru-baru ini oleh acara Netflix “Pose.” Mereka telah membantu komunitas minoritas di puncak gerakan hak-hak gay di Amerika dan awal epidemi AIDS.

Rumah dipimpin oleh “ibu” dan “ayah,” biasanya anggota yang lebih tua termasuk lelaki gay atau perempuan transgender yang memberikan bimbingan dan dukungan untuk “anak-anak” yang tinggal.

Human Rights Watch mengatakan 32 negara Afrika memiliki beragam undang-undang yang mengkriminalkan homoseksualitas. Dalam banyak kasus, undang-undang tersebut diwariskan dari zaman kolonial.

Uganda memberlakukan undang-undang anti-gay pada tahun 2014, pada satu titik menyerukan hukuman mati untuk beberapa pelanggaran homoseksual, meskipun undang-undang itu kemudian dinyatakan tidak konstitusional dan dibuang setelah tekanan internasional.

Kenya adalah surga regional yang langka. Ini adalah satu-satunya negara Afrika Timur di mana seseorang dapat mencari suaka dan didaftarkan sebagai pengungsi berdasarkan status LGBT mereka. Namun, masih ada diskriminasi dan pelecehan di Kenya. Seks gay adalah ilegal, dengan sodomi dapat dihukum hingga 14 tahun penjara.

“House of Nature” dipimpin oleh Raymond Brian, seorang pengungsi Uganda lainnya dan seorang yang mengidentifikasikan dirinya sebagai gender non conforming yang juga dikenal dengan nama “Mother Nature.”

“Orang-orang merasa nyaman di sini karena tidak jauh dari pengaturan keluarga,” kata Brian. “Kami menggunakan terapi keluarga untuk saling membantu mengatasi trauma dari masa lalu kami. Ada figur ibu dan figur ayah. “

Terakhir kali Martin Okello berbicara dengan orang tuanya adalah enam tahun lalu. “Aku rindu orang tua dan saudara-saudaraku. Sayangnya, jalur komunikasi ditutup, ”katanya.

Kehidupannya di Uganda hancur pada tahun 2014 ketika seorang pekerja seks lelaki mencoba memerasnya sebanyak sepuluh dolar dan menyatakannya sebagai gay. Martin Okello dipecat dari stasiun radio Kristen tempat ia bekerja dan dikeluarkan dari rumah oleh orang tua Katoliknya. Pada hari yang sama ketika ia terpaksa meninggalkan rumah, ia diserang oleh sekelompok orang tetapi berhasil berlindung di rumah seorang teman.

Martin Okello akhirnya berhasil sampai di Nairobi, tempat ia mendaftar sebagai pengungsi dan menemukan House of Nature.

House of Nature didirikan oleh Brian dan yang lainnya setelah polisi Kenya menggerebek lebih dari 70 pengungsi LGBT. Sekarang, tiga rumah lainnya telah terbentuk: Pride Umbrella Kenya, Lunko Contour dan Refugee Trans Initiative. Anggota berkontribusi sewa melalui kegiatan seperti beternak ayam, dan dana lain berasal dari organisasi LGBT non-pemerintah.

“Kita harus menemukan cara berkontribusi ke rumah, termasuk dengan pekerjaan seks,” kata Brian, meskipun itu ilegal.

Brian mengatakan, House of Nature menemukan bahwa ketika pihak berwenang diberitahu tentang keberadaan atau kegiatan mereka sebelumnya, mereka cenderung dilecehkan oleh polisi.

Meskipun memiliki penjangkauan, orang masih memiliki perasaan negatif tentang rumah singgah ini, kata Brian, menambahkan: “Mereka menganggap ketika kita mengatakan kita LGBT, kita memiliki moral yang rendah, dan ketika kita berbagi rumah seperti ini, maka yang kita lakukan adalah mengadakan pesta seks. “

Tetapi Brian mengatakan tidak ada yang bisa lebih jauh dari kebenaran, dan “yang kita butuhkan adalah pemahaman, bukan hanya penerimaan.” (R.A.W)

Sumber:

AP