Search
Close this search box.

Thưa Mẹ Con Đi – Tradisi Cinta dan Stigma di Vietnam

SuaraKita.org – Thưa mẹ con đi adalah film indie yang membawa kesederhanaan dan keterusterangan yang tampaknya tidak dimiliki oleh industri film Vietnam belakangan ini. Ini adalah debut dari Trịnh Đình Lê Minh, yang belajar film di University of Texas, Amerika. Dia telah membuat beberapa film pendek sebelumnya, tetapi ini adalah film panjang pertama.

Van (dimainkan oleh Lãnh Thanh) cucu pertama keluarga, dan pacarnya Ian (diperankan oleh Võ Điền Gia Huy), kembali ke Vietnam dari Amerika untuk reuni keluarga.

Cerita ini berlatar belakang di pedesaan barat daya Vietnam dengan pemandangannya yang indah.

Sebuah keluarga dari tiga generasi tinggal di rumah besar dan di sini, Van berjuang untuk memberi tahu keluarganya tentang hubungannya dengan Ian.

Di negara di mana nilai-nilai tradisional Konfusianisme masih kuat dan menuntut kepatuhan sosial, ibu Van, pencari nafkah utama keluarga, berharap dia akan segera menikah dan memberinya cucu. 

Menghadapi keinginan tegas keinginan yang diungkapkan ibunya, Van ragu untuk mengatakan yang sebenarnya.

Sementara itu, Ian, lahir dan besar di Amerika, tidak hanya sedih, tetapi juga marah kepada Van karena keengganannya untuk coming out dan terbuka tentang cinta mereka satu sama lain.

Banyak hal berubah di paruh kedua film, ketika ibu Van menemukan kebenaran secara tidak sengaja.

Sebagai seorang perempuan khas Vietnam yang tinggal di pedesaan, dia merasa dikecewakan.

Trailer Thưa mẹ con đi 

Dimainkan oleh aktris veteran Hồng Đào, peran ibu sebenarnya adalah puncak film ini. Perempuan sensitif itu diam-diam mengamati dan merasakan kasih sayang antara putranya dan Ian. Tetapi sebagai perempuan Vietnam yang telah tumbuh dengan tradisi dan harapan tradisional, itu sangat membebani dirinya, dan dia memilih untuk tetap diam.

Dia tetap mencoba membujuk Van untuk menikahi seorang gadis yang tinggal di dekatnya. Dia memaksa Van untuk memberi tahu semua orang tentang rencana masa depannya sebagai “lelaki normal” di pesta keluarga. Tapi dia berakhir kecewa. Dia tidak banyak berbicara tentang perasaannya dalam film, tetapi matanya membawa beban sosial yang sangat berat Di wajah itu, sepertinya tidak perlu untuk menegaskan kembali ikatan yang kuat antara seorang ibu dan anaknya, atau antara dua orang yang saling mencintai. 

Jadi apa arti Thưa Mẹ Con Đi (Selamat Tinggal Ibu) yang sesungguhnya? Apakah Van akan kembali ke Vietnam? Bagaimana hubungan Van dengan Ian pada akhirnya? Akhir cerita akan bergantung pada fantasi penonton.

Bahasa: Vietnam 

Tanggal rilis:16 Agustus 2019 (Vietnam) 

Judul lain:Goodbye Mother

Durasi: 106 menit

Sumber:

FB