Search
Close this search box.

Kamil: Tolong Sebarkan Kisahku

SuaraKita.org – Di mata teman-teman dan rekan-rekannya di Turkmenistan, Kamil (bukan nama sebenarnya) adalah seorang ahli jantung yang sukses yang bekerja di klinik bergengsi dan bujangan yang memenuhi syarat dari keluarga yang terhubung dengan baik.

Hanya beberapa orang di lingkaran keluarga dekatnya yang menyadari perjuangan nyata Kamil: diam-diam Kamil adalah seorang gay.

Di Turkmenistan, di mana homoseksualitas adalah kejahatan dan dijauhi oleh masyarakat konservatif negara Asia Tengah, menjadi gay berarti harus memilih antara hidup dalam kebohongan atau menghadapi dua tahun penjara dan aib seumur hidup.

Kamil warga asli berusia 24 tahun dari ibukota Turkmenistan, Ashgabat, berbicara kepada tentang cobaannya, yang termasuk dipukuli oleh polisi dan mendapat tekanan dari orang tuanya untuk menikahi seorang perempuan untuk menyembunyikan identitas seksualnya.

“Saya sudah tahu sejak kecil bahwa saya gay, tetapi sulit bagi saya untuk menerimanya,” kata Kamil.

Setelah menyelesaikan sekolah menengah di Turkmenistan, Kamil pergi ke Belarus untuk belajar kedokteran. Dia mengatakan itu di negara yang dikuasai otoriter di mana dia akhirnya “merasakan kebebasan” tentang orientasi seksualnya dan “mulai menerima” homoseksualitasnya.

Setelah kembali ke Ashgabat pada 2018, Kamil mengatakan dia “menemukan cinta” di situs kencan dan mulai bertukar pesan romantis dengan seorang lelaki.

“Dalam komunikasi online kami, dia sangat menyenangkan. Kami memutuskan untuk bertemu langsung,” kata Kamil.

Tapi kencan Kamil yang banyak dinanti berakhir dengan bencana.

“Kekasih” online-nya ternyata adalah seorang polisi yang tugasnya adalah memikat lelaki gay secara online dan membawa mereka ke “pengadilan.”

Turkmenistan belum membatalkan hukum era Soviet yang mengkriminalkan homoseksualitas. Bersama dengan Uzbekistan, mereka adalah satu-satunya dua negara di antara 15 bekas republik Soviet yang menganggap gay sebagai kejahatan.

Ada beberapa laporan tentang lelaki gay di Turkmenistan yang menjadi sasaran pelecehan fisik dan verbal baik oleh polisi maupun sesama warga.

“Kami memutuskan untuk bertemu pukul 7 malam dan ketika saya pergi ke tempat yang disepakati, dia tidak ada di sana. Saya memanggilnya dan dia berkata dia sedang dalam perjalanan,” kenang Kamil. “Lalu dua petugas polisi berpakaian preman mendatangi saya, memborgol saya, dan mengantarkan saya ke kantor polisi.”

“Mereka memukuli saya dan melecehkan saya di dalam kendaraan polisi dan pemukulan berlanjut di kantor polisi,” katanya. “Mereka juga memberiku kejutan listrik.”

Tekanan Keluarga

Malam itu keluarga Kamil mengetahui tentang penahanannya.

Kamil mengatakan dia dibebaskan dari hukuman penjara hanya karena pamannya – seorang pejabat pemerintah – mengintervensi dan menjamin pembebasannya.

Dalam perjalanan pulang, “giliran ayah dan paman saya yang menghina saya,” katanya.

“Di rumah malam itu, ayah saya meneriaki saya bahwa akan lebih baik baginya untuk membawa saya ke suatu tempat dan membunuh saya daripada memiliki seorang putra gay,” kata Kamil. “Paman dan kakak-kakakku memberitahuku bahwa aku tidak menghormati mereka.”

“Kamil,” seorang gay yang berprofesi sebagai spesialis jantung di Turkmenistan

Keluarga membawa Kamil ke seorang mullah (ulama) untuk “menyembuhkan” homoseksualitasnya dengan doa-doa keagamaan dan memaksanya untuk mencari konseling dari psikolog untuk membantunya mencapai “akal sehat” -nya.

Ayah Kamil juga menyarankan agar ia tidur dengan pelacur untuk menjadi lelaki “sejati”.

“Namun, tekanan terberat adalah ketika keluarga saya memutuskan bahwa saya harus menikahi seorang perempuan,” kata Kamil.

Kamil mengatakan ayah, paman, dan saudara lelakinya – satu-satunya orang yang tahu rahasianya – mengabaikan permintaannya bahwa ia tidak ingin menikah. Mereka menuntut agar Kamil merahasiakan identitas seksualnya dengan pernikahan palsu agar tidak mempermalukan keluarga.

Putus asa untuk mencegah pernikahan, Kamil menghubungi pengantin perempuan dan mengatakan padanya bahwa dia gay dan dipaksa menikah karena menutup-nutupi homoseksualitasnya.

Pernikahan, yang direncanakan pada pertengahan Oktober, kemudian dibatalkan oleh keluarga pengantin perempuan, meskipun cobaan Kamil masih jauh dari selesai. Kamil mengatakan pamannya memukulinya pada 17 Oktober untuk menghukumnya karena merusak rencana pernikahan keluarga.

Ini adalah upaya kedua keluarga tahun ini untuk memaksa Kamil menikahi seorang perempuan.

Daftar Hitam Pemerintah

Dengan menggunakan kontak pemerintahnya, pamannya juga memasukkan nama Kamil ke dalam daftar hitam orang-orang yang dilarang meninggalkan negara itu. Mencegah orang bepergian ke luar negeri adalah praktik umum oleh otoritas Turkmenistan, yang secara dekat mengontrol pergerakan warga mereka.

Kamil mengatakan dia sebelumnya pergi ke Turki tanpa memberi tahu keluarganya.

Tetapi keluarganya “mempekerjakan seorang lelaki Turkmenistan” di Turki yang dengan mudah menemukan Kamil dan memaksanya untuk pulang hanya dua hari setelah dia tiba di Istanbul pada Februari 2019.

“Dia mengancam saya dan membawa saya ke bandara dan memaksa saya untuk naik ke pesawat Jadi, saya kembali di Ashgabat pada 20 Februari, “kata Kamil.

Kamil mencurigai lelaki itu terhubung ke Kedutaan Besar Turkmenistan di Turki.

Sebelum berangkat ke Turki, Kamil telah menghubungi kantor Ashgabat dari Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) untuk mencari bantuan untuk situasinya.

“Di kantor OSCE, seorang karyawan lokal berbicara dengan saya. Dia berbicara bahasa Turkmenistan, dia tidak menyebutkan namanya, dan hanya bertanya apa yang saya inginkan,” kata Kamil.

“Saya mengatakan kepadanya tentang situasi saya dan meminta bantuan. Ketika saya memberi tahu dia bahwa saya gay, ekspresi wajahnya berubah, tiba-tiba dia menjadi kasar kepada saya. Dia mengatakan ada hukuman resmi untuk homoseksualitas di Turkmenistan dan bahwa saya harus bersyukur bahwa Saya tidak di penjara, “tambah Kamil.

Tidak dapat menemukan dukungan, Kamil mengatakan “tidak ada kehidupan di Turkmenistan” untuk anggota komunitas LGBT.

Meskipun ada risiko penjara dan isolasi sosial, Kamil mengatakan dia tidak punya pilihan selain tampil sebagai gay.

“Saya harap saya akan merasa bebas secara terbuka mengakui saya gay atau, paling tidak, bahwa cerita saya menjadi langkah pertama dalam mencapai kebebasan bagi orang lain seperti saya.”

“Tolong sebarkan kisahku,” desak Kamil. (R.A.W)

Sumber:

RFERL