Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Bagi anggota komunitas LGBT Jepang, tahun ini penuh dengan perubahan yang menawarkan harapan akan kemajuan yang lebih besar menuju kesetaraan hukum.

Pada pertengahan September, Pengadilan Distrik Utsunomiya memberikan ganti rugi kepada seorang perempuan yang berpisah dengan pasangan perempuannya karena perselingkuhan, yang memberikan pengakuan de facto atas ikatan hubungan mereka.

Awal tahun ini, Kementerian Kehakiman membatalkan perintah deportasi untuk seorang lelaki gay Taiwan yang telah memperpanjang masa visanya, dengan mempertimbangkan ikatan hubungan jangka panjangnya dengan seorang lelaki Jepang.

Dan pada bulan Agustus, seorang perempuan transgender dari Asia Tenggara yang memiliki hubungan 17 tahun dengan seorang lelaki Jepang diberikan izin tinggal jangka panjang, menjadi orang transgender asing pertama yang diberi izin khusus untuk tinggal di Jepang.

Apa yang ditunjukkan oleh perkembangan ini adalah bahwa pemerintah daerah, pengadilan, dan bahkan kementerian mengambil langkah-langkah bertahap ke bawah daripada menunggu pemerintahan Perdana Menteri Shinzo Abe memimpin dengan reformasi nasional yang luas. Tetapi Shinzo Abe mungkin mendapati bahwa sikap diamnya terhadap masalah ini – bermain dengan basis konservatifnya dan memohon kompleksitas konstitusional – ketinggalan zaman.

Sebuah survei pada tahun 2018 terhadap 60.000 orang berusia 20 hingga 59 tahun oleh raksasa iklan Dentsu menunjukkan 78% dukungan untuk pernikahan sesama jenis; sebuah survei pemerintah terhadap 6.000 perempuan menikah pada tahun yang sama menemukan hampir 70% responden lebih suka melegalkan pernikahan sesama jenis.

“Sekarang, bahkan jika Anda tidak setuju dengan orang-orang yang menjadi LGBT, kami membicarakannya,” kata Nelson Ysabel, Presiden Stonewall Jepang, sebuah organisasi dukungan LGBT. “Perubahan akan datang.”

“Kesadaran publik tentang [orang-orang] LGBT telah meningkat pesat,” kata Makiko Terahara, seorang pengacara di firma hukum Tokyo Omotesando. Ini berkat orang LGBT yang berbicara. Makiko Terahara mewakili penggugat dalam kasus yang melibatkan 13 pasangan gay yang menuntut pemerintah Jepang. Pasangan tersebut mengklaim bahwa kegagalan pemerintah untuk melegalkan pernikahan sesama jenis melanggar hak konstitusional mereka untuk kesetaraan.

Kemajuan dalam masalah ini telah bertahap tetapi stabil dalam beberapa tahun terakhir. Sejak wilayah Shibuya di Tokyo menjadi kotamadya pertama yang mengakui ikatan hubungan sesama jenis pada tahun 2015, setidaknya 25 kota dan satu prefektur, Ibaraki, mengikuti jejaknya. Yurisdiksi-yurisdiksi ini menerbitkan sertifikat kemitraan yang dapat digunakan pasangan sesama jenis untuk mengajukan permohonan perumahan publik, misalnya.

Komunitas bisnis juga ingin tetap berada di depan kurva. Kamar Dagang Amerika di Jepang baru-baru ini memperingatkan dalam sebuah pernyataan yang didukung oleh 61 organisasi, termasuk JP Morgan dan Panasonic milik Jepang , bahwa perbedaan dalam hak-hak hukum antara pasangan heteroseksual dan sesama jenis “membuat Jepang menjadi pilihan yang kurang menarik bagi pasangan LGBT, dibandingkan ke banyak negara lain yang berlomba untuk memberikan kesempatan yang sama. “

Sejauh ini, 28 negara dan wilayah telah mengesahkan pernikahan sesama jenis, dimulai dengan Belanda pada tahun 2001. Taiwan dan Ekuador adalah tambahan terbaru dalam daftar, membuat perubahan hukum tahun ini. Jepang adalah satu-satunya negara Kelompok Tujuh yang tidak menawarkan pengakuan formal atas hubungan sesama jenis.

Para pemimpin bisnis Jepang juga mulai khawatir bahwa kurangnya kesetaraan pernikahan menghambat kemampuan mereka untuk menarik talenta-talenta top. Moriaki Kida, chief operating officer regional di EY Japan, menyesalkan bahwa beberapa rekannya telah meninggalkan Jepang karena Jepang tidak menawarkan perlindungan hukum untuk pasangan sesama jenis atau anak-anak mereka.

“Ini kerugian besar bagi perekonomian Jepang,” kata Moriaki Kida, mengingat kebutuhan negara akan orang-orang yang sangat terampil dan populasinya yang menurun.

Moriaki Kida sendiri gay dan menghadapi hambatan hukum ketika dia pindah ke Jepang tiga tahun lalu dari New York. Suaminya, yang berkebangsaan Inggris, tidak bisa mendapatkan visa pasangan. Untuk tetap tinggal di negara itu, suaminya harus pergi ke sekolah bahasa Jepang dan mengajukan permohonan visa pelajar. Dengan pernikahan antara lelaki dan perempuan, status hukum pasangan asing lebih aman: Periode visa lebih lama, misalnya, dan pasangan asing dapat bekerja secara legal.

Pertanyaan tentang pernikahan sesama jenis pada dasarnya bersifat politis. Partai Demokrat Liberal Shinzo Abe mengatakan pihaknya mempromosikan pemahaman sosial minoritas seksual. LDP mengatakan akan mengajukan RUU yang didedikasikan untuk “promosi pemahaman orang-orang LGBT” ke Diet selama sesi Januari hingga Juni tahun ini, namun tidak jadi. Partai sekarang berharap untuk mengajukan undang-undang selama sesi Oktober hingga Desember, tetapi belum memberikan tabel waktu.

Gaku Hashimoto, pejabat parlemen nomor 2 di Departemen Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan, mengakui bahwa beberapa anggota parlemen bersikap dingin terhadap hak-hak LGBT, tetapi menambahkan: “Kami ingin mempromosikan masyarakat di mana seseorang, terlepas dari seksualitas mereka, dapat merasakan rasa aman, dan kami ingin menghilangkan prasangka berdasarkan kurangnya pemahaman. “

Hingga bulan lalu, Gaku Hashimoto menjabat sebagai sekretaris kepala untuk kelompok kerja tentang orientasi seksual dan identitas gender.

Beberapa orang LGBT setuju bahwa mengubah persepsi publik membutuhkan waktu. Yu Takase, seorang lelaki transgender berusia 20-an, mengatakan bahwa penerimaan bertahap mengarah ke pemahaman yang lebih dalam: “Ini lebih baik daripada perubahan cepat yang tidak benar-benar meresap.”

Tetapi LDP sedang menghindari masalah untuk saat ini. “Pendirian LDP adalah bahwa kita akan berpikir tentang apa yang terjadi selanjutnya setelah pemahaman sosial dibuat dan telah menembus,” kata Gaku Hashimoto. “Apakah partai membahas pernikahan sesama jenis tergantung pada bagaimana diskusi publik berlangsung.”

Satu alasan untuk pendekatan yang lamban dari LDP adalah bahwa mengizinkan pernikahan sesama jenis akan membutuhkan perubahan konstitusional. Konstitusi Jepang pasca perang belum diamandemen sejak diadopsi pada tahun 1947.

Pasal 24 dokumen itu mengatakan: “Pernikahan hanya akan didasarkan pada persetujuan bersama dari kedua jenis kelamin dan itu akan dipertahankan melalui kerja sama dengan hak-hak setara suami dan istri sebagai dasar.”

Pada 2015, Shinzo Abe mengatakan dalam Diet bahwa mengubah konstitusi untuk memungkinkan pernikahan sesama jenis akan membutuhkan “pertimbangan yang sangat hati-hati” karena “tidak membayangkan pernikahan antara orang-orang dari jenis kelamin yang sama.”

Namun, para ahli meragukan interpretasi ini. Sota Kimura, seorang sarjana konstitusional di Tokyo Metropolitan University, berpendapat bahwa “diterima secara umum” bahwa konstitusi tidak mengesampingkan pernikahan sesama jenis.

Sota Kimura menekankan bahwa artikel 24 ditulis untuk memperjelas bahwa perempuan – yang berada pada posisi yang kurang menguntungkan di masyarakat sebelum perang yang didominasi lelaki Jepang – sekarang memiliki kebebasan untuk memilih siapa yang akan menikah tanpa suara pihak ketiga seperti orang tua.

Dia berpendapat bahwa mudah bagi LDP “untuk mengatakan pasal 24 mengesampingkan pernikahan sesama jenis.” Ini memberikan cara yang mudah untuk “menutupi perasaan sejati partai bahwa mereka sebenarnya tidak ingin melegalkannya.”

Dalam langkah mengejutkan, konservatif  kelas berat Hakubun Shimomura, kepala Komite Strategi Pemilihan LDP, mengatakan pada akhir September bahwa pernikahan sesama jenis harus menjadi salah satu perubahan konstitusi yang potensial untuk dibahas.

Tetapi partai-partai oposisi menolak saran ini, menyebutnya sebagai cara untuk menyembunyikan oposisi partai konservatif terhadap perubahan. “Pernikahan sesama jenis dapat dilegalkan tanpa mengubah konstitusi,” kata Taiga Ishikawa, seorang anggota parlemen gay dari Partai Demokrat Konstitusional.

“Ketika seseorang membahas perubahan konstitusi untuk pernikahan sesama jenis, itu adalah paket yang mencakup amandemen Pasal 9,” Taiga Ishikawa mengatakan pada pertemuan para wartawan pada bulan September. “Komunitas LGBT harus mengatakan ‘tidak’ untuk digunakan untuk mengubah konstitusi pasifis,” katanya.

Pada bulan Juni, partai-partai oposisi mengajukan RUU kepada Diet yang akan memungkinkan pernikahan antara orang-orang dari jenis kelamin yang sama. Mereka berpendapat bahwa mengubah hukum sipil Jepang dengan menggunakan istilah netral seperti “pesta untuk menikah”, bukan “suami dan istri,” misalnya, akan memungkinkan pernikahan sesama jenis.

Terahara di Tokyo Omotesando setuju. “Karena konstitusi tidak mengesampingkan pernikahan sesama jenis, perubahan konstitusi tidak diperlukan,” katanya. Terahara menambahkan bahwa “sangat sulit” untuk mengubah konstitusi Jepang: Ini membutuhkan referendum nasional, yang belum pernah diadakan oleh Jepang sebelumnya. Taiga Ishikawa mengatakan bahwa melaksanakan plebisit (pemilihan suara) nasional akan menelan biaya setidaknya 80 miliar yen.

Masayuki Tanamura, seorang profesor di Universitas Waseda di Tokyo dan seorang ahli hukum keluarga, mengatakan Jepang berada pada titik kritis. “Masyarakat Jepang telah lama melindungi jenis keluarga tradisional dan telah mengecualikan mereka yang tidak cocok dengan itu.”

Sekarang ada keluarga yang lebih beragam, model tradisional “tidak mencerminkan apa keluarga sebenarnya hari ini,” kata Prof. Masayuki Tanamura. Dia menambahkan, “Masalah hak LGBT menimbulkan pertanyaan mendasar: Apa yang menentukan pernikahan dan keluarga?”

Prof. Masayuki Tanamura menekankan bahwa ini sangat penting bagi Jepang, karena negara ini membuka pintu bagi lebih banyak orang dari luar negeri. “Jika warga negara LGBT diperlakukan sama, itu berarti semua orang yang berbeda dilindungi secara setara,” katanya.

Tetapi bagi sebagian orang sudah terlambat. Satoshi Kimura, seorang lelaki gay berusia 27 tahun, meninggalkan Jepang enam tahun lalu ke Kanada, tidak dapat membayangkan kehidupan yang bebas dan terbuka sebagai bagian dari LGBT di rumah. “Saya tidak bisa membayangkan diri saya ketika saya tumbuh dewasa,” katanya. “Saya tidak tahu seperti apa hidup saya nanti, jika tetap tinggal di Jepang.”

Sekarang dia memiliki gelar master dan residensi permanen di Kanada, dan telah bersama pasangannya selama empat tahun. Dia juga telah mengembangkan citra yang jelas tentang kehidupan yang ingin dia jalani bersama pasangannya. “Menjadi seorang imigran tidak mudah, tetapi lebih dari segalanya saya bisa menjadi diri saya sendiri dan merasa dihargai,” tambahnya. “Kurasa aku tidak akan kembali ke Jepang kecuali mereka berubah.” (R.A.W)

Sumber:

nikkei