Search
Close this search box.

Saya Secara Resmi Menemukan Bahwa Saya Interseks Ketika Saya Berusia 21 Tahun

Oleh: Mari Wrobi

SuaraKita.org – Mengapa menggunakan kata secara resmi, Anda mungkin bertanya? Karena walaupun prosesnya dimulai ketika saya berusia 18 tahun, tidak ada yang menggunakan kata intersex untuk menggambarkan variasi hormon alami tubuh saya atau perbedaan fungsi struktur reproduksi internal saya walaupun hal-hal ini membuat saya secara resmi sebagai interseks.

Dengan semua kesalahpahaman yang ada tentang pengalaman interseks, saya berasumsi bahwa orang interseks duduk bersama dengan dokter mereka dan berkata: “Kamu interseks.” Atau, lebih mungkin, “Maafkan aku, tapi sayangnya kamu interseks . “

Orang interseks dipandang sebagai kegagalan biologis, sebuah kesalahan. Tentu saja bukan identitas yang harus dirayakan – itulah sebabnya kebanyakan orang interseks tidak pernah diberitahu bahwa kami interseks. Mengakui bahwa kita adalah interseks berarti mengidentifikasi bahwa ada komunitas orang yang lebih luas dengan pengalaman bersama atau serupa yang akan menciptakan rasa kebanggaan, penciptaan budaya kita sendiri, dan mobilisasi kita melawan ketidakadilan yang dihadapi orang-orang interseks. Jadi, kata interseks tidak disertakan dalam sebagian besar kisah kami – selama berbulan-bulan, bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun sekaligus. Mengingat stigma ini, kebanyakan orang tidak akan pernah mengerti kelegaan absolut yang mengikuti penemuan bahwa saya interseks.

Prosesnya dimulai untuk saya beberapa tahun setelah saya coming out sebagai transgender. Alih-alih khawatir ketika saya tidak mendapatkan menstruasi, saya sangat gembira. Seolah-olah doa saya telah dijawab. Bulu pada perut dan kaki saya menjadi lebih tebal daripada kakak lelaki saya adalah pencapaian pribadi. Dorongan seks saya yang lebih tinggi dari rata-rata adalah harapan sosial untuk anak lelaki seusia saya. Saya suka bahwa saya tidak perlu memaksakan suara saya untuk mengambil nada yang lebih dalam secara alami. Dan saya bahkan ingat melakukan perjalanan rahasia ke Target sehingga saya bisa membeli pisau cukur untuk mencukur rambut tebal yang tumbuh di wajah saya.

Tubuh saya terasa seperti rumah bagi identitas yang saya kembangkan sebagai seorang anak lelaki yang mengalami masa puber. Tapi saya akhirnya memahami bahwa pubertas ini – di mana saya mengembangkan karakteristik seks sekunder yang ‘salah’ sebagai akibat tubuh saya memproduksi hormon seks primer yang ‘salah’ – adalah pubertas interseks yang saya tidak punya pengetahuan atau kosakata untuk menggambarkan. Disforia dan keterputusan yang saya rasakan dengan seks yang ditegaskan pada saya saat lahir dan perasaan bahwa tubuh saya lebih selaras dengan seks biner lainnya adalah hasil dari interseks, bukan transgender.

Saya bahkan tidak akan tahu kalau bukan karena percakapan saya tidak sengaja mulai dengan dokter saya. Biasanya, “Kapan menstruasi terakhir Anda?” Adalah pertanyaan yang saya abaikan, tetapi suatu hari saya menjawabnya dengan jujur. “Aku tidak pernah mengalami haid.” Menemukan bahwa kau interseks tidak terjadi hanya satu percakapan. Ini tidak seperti mengetahui bahwa Anda menderita flu di mana ada beberapa gejala yang cepat dan mudah diidentifikasi. Tidak, mengetahui bahwa Anda interseks terjadi selama ratusan percakapan dengan dokter, orang tua, mitra, dan forum online yang penuh dengan pesan yang menanyakan pertanyaan yang sama yang pernah saya pikirkan satu atau dua kali. “Saya sudah 18, 19, 20, dan saya tidak pernah mengalami menstruasi. Apakah saya baik-baik saja? Tolong! ”Tetapi setelah tes darah yang cukup banyak sampai saya merasa seperti bantalan jarum dan berselancar di Google untuk akhirnya menemukan kata intersex, saya mulai mengerti mengapa saya selalu merasa sangat berbeda. Kenapa saya tidak pernah merasa seperti ‘gadis normal’. Mengapa saya merasa disforia dengan jenis kelamin yang ditegaskan dan dengan jenis kelamin yang saya identifikasi. Mengapa saya tidak merasa memiliki pengalaman trans yang ‘khas’. Saya menghela nafas lega ketika saya akhirnya memahami bahwa saya intersex. Pikiran itu membuat saya merasa bahwa saya akan baik-baik saja.

Beberapa penelitian telah melihat persimpangan antara interseks dan identitas LGBT. Satu penelitiani dari 2016 menemukan bahwa 52% orang interseks mengidentifikasi sebagai ‘non-heteroseksual’. Penelitian lain menemukan bahwa hingga 40% orang interseks mengalami disforia dan transisi, dibandingkan dengan hanya 10% dari populasi umum. Dan, ketika melihat statistik remaja interseks secara khusus, 75% mengidentifikasi sebagai LGBT. Tak perlu dikatakan, orang interseks sangat terintegrasi ke dalam komunitas LGBT – apakah ‘I’ termasuk dalam akronim atau tidak. Sebagai seseorang yang diidentifikasi sebagai non-biner dan biseksual, saya awalnya mengharapkan pengalaman positif dalam komunitas saya. Tetapi komunitas LGBT tidak selalu menjadi tempat yang paling menyambut bagi orang interseks.

Sebagai contoh, saya sudah terbiasa dengan pertanyaan orang cisgender tentang alat kelamin saya atau kamar mandi mana yang saya gunakan, tetapi saya tidak siap untuk pertanyaan yang sama yang datang dari orang-orang trans juga. Kebanyakan orang, apakah mereka cis atau trans, memiliki asumsi yang salah bahwa semua orang interseks memiliki alat kelamin ‘ambigu’.

Di dalam komunitas LGBT, ambiguitas ini dipandang dengan kecemburuan dan keinginan, sampai pada titik di mana orang-orang trans mengatakan kepada saya bahwa mereka berharap interseks. Tetapi mereka tidak berharap mereka benar-benar interseks, karena itu berarti trauma medis, diskriminasi sosial, dan ketidaktahuan seperti ini. Mereka juga ingin poin untuk yang ada di luar biner seks, atau alat kelamin ‘ambigu’ untuk memvalidasi gender non-biner mereka atau presentasi androgini.

Selain dari pemujaan, saya disebut sebagai hermafrodit – penghinaan yang digunakan terhadap orang interseks – dalam komunitas LGBT. Saya telah diberitahu bahwa orang interseks membentuk persentase kecil dari populasi sehingga kita tidak layak termasuk atau berdiskusi meskipun orang interseks membuat sekitar 1 dari 40 orang, jumlah yang sama orang dalam populasi dengan rambut merah. Lebih jauh, sering diasumsikan bahwa semua orang interseks adalah non-biner dan, bagi kita yang, karena seks non-biner kita cocok dengan jenis kelamin non-biner kita, kita sebenarnya cisgender.

Mungkin yang terburuk dari semuanya, orang interseks secara rutin tidak terlibat dalam percakapan yang memengaruhi kita juga, seperti diskusi tentang peraturan kamar mandi, hak-hak reproduksi, penanda gender non-biner, gender paksaan pada bayi dan banyak lagi.

Jadi, bagaimana kita bisa membuat komunitas LGBT lebih diterima untuk orang interseks? Mudah. Gunakan bahasa yang termasuk pengalaman interseks. Istilah yang dianggap trans-inklusif seperti ‘orang dengan penis / vagina’ atau ‘secara biologis lelaki / perempuan’ sebenarnya mengecualikan orang interseks dengan berfokus pada genitalia daripada fungsinya. Sebaliknya, katakan apa yang Anda maksud. Katakanlah, ‘orang yang sedang menstruasi’, ‘orang yang bisa hamil / dapat menghamili seseorang ‘, ‘orang yang berisiko terkena kanker testis’, termasuk orang interseks yang juga dapat melakukan hal-hal itu.

Ketahuilah bahwa semua orang interseks berbeda. Orang interseks sama beragam dalam jenis kelamin, ekspresi, presentasi, dan seksualitas kita dengan orang yang bukan interseks. Kita bisa cis atau trans, hetero atau queer, maskulin atau feminin atau keduanya atau tidak sama sekali – jangan menganggap Anda tahu identitas kami berdasarkan fakta bahwa kami interseks saja.

Jangan gunakan orang interseks sebagai ejekan. Jawaban umum dari orang-orang selama argumen transphobia adalah ‘tetapi jika hanya ada dua jenis kelamin, lalu bagaimana orang interseks ada?’ Coba hindari ini. Orang interseks tidak ada hanya untuk memperdebatkan argumen Anda, kami adalah komunitas yang beragam dengan kebutuhan unik yang pantas mendapatkan sorotan kami sendiri.

Jangan memasukkan kami sebagai renungan. Pada penghujung hari, perdebatan tentang memasukkan ‘I’ dalam akronim diperjuangkan di kedua sisi. Tetapi memasukkan satu huruf sebagai upaya terakhir untuk menjadi inklusif tidak cukup memotongnya. Kecuali jika Anda ingin menjadikan komunitas tempat yang aman, inklusif, dan mengukuhkan bagi orang interseks, maka jangan hanya menambahkan ‘I’. Lakukan bagian Anda untuk membela orang interseks dan mendidik yang lain untuk menjadi pendukung interseks terbaik sebelum mengklaim inklusivitas.

Akhirnya, dengarkan orang interseks. Melakukan ini adalah cara tercepat untuk memberi sinyal bahwa komunitas Anda menyambut kami dan adalah cara termudah untuk menciptakan ruang bagi kita bersama.(R.A.W)

Mari Wrobi adalah aktivis queer, non-biner, & interseks yang lahir dan besar di Sacramento, California. Dia adalah seorang advokat interseks nasional dengan organisasi internasional, InterACT: Advokat untuk Remaja Interseks

Sumber:

GT