Search
Close this search box.


SuaraKita.org – Sebuah penelitian baru menemukan bahwa obat HIV, serta mutasi genetik yang terkait dengan resistensi HIV, dapat meningkatkan pemulihan dari stroke atau cedera otak traumatis.

Diterbitkan dalam jurnal Cell, penelitian ini memiliki dua cabang: Yang pertama, pada tikus, menemukan bahwa maraviroc inhibitor entri HIV meningkatkan pemulihan keterampilan motorik setelah stroke dan meningkatkan fungsi kognitif setelah cedera otak traumatis. Cabang kedua, yang melihat orang-orang yang mengalami stroke yang juga memiliki mutasi CCR5 yang dikenal sebagai Delta32, menemukan mereka mengalami pemulihan yang lebih besar dari gangguan neurologis dan fungsi kognitif setelah kejadian neurologis bahkan tanpa pengobatan seperti maraviroc.

Mutasi Delta32 telah menjadi berita utama baru-baru ini setelah seorang lelaki HIV-positif yang menerima transplantasi sumsum tulang dari donor dengan Delta32 masuk ke dalam remisi HIV. Mutasi mencegah protein yang disebut CCR5 naik ke permukaan sel T, di mana HIV dapat menempel padanya dan menyerang sel.

Maraviroc juga menggunakan CCR5 untuk mencegah HIV menginfeksi lebih banyak sel T, dan itu diresepkan bersama dengan ARV lain. Maraviroc mencakup CCR5, tempat HIV biasanya bertahan, sehingga mencegah virus menempel.

Tetapi bagaimana sesuatu yang melawan HIV juga membantu dalam pemulihan setelah stroke atau cedera otak traumatis?

Ternyata CCR5 juga diekspresikan dalam neuron kortikal, tetapi hanya selama atau setelah stroke. Para peneliti percaya bahwa memblokir CCR5 membantu mempercepat pemulihan dengan meningkatkan apa yang dikenal sebagai plastisitas, kemampuan otak untuk menyesuaikan diri setelah cedera. Memperbaiki atau mengubah rute jalur saraf memungkinkan orang untuk memulihkan keterampilan kognitif dan motorik yang mungkin telah hilang karena kerusakan otak (apakah disebabkan oleh gumpalan darah seperti pada stroke, atau cedera otak traumatis).

“Ketika Anda menderita stroke, sebagian otak Anda mati, memutuskan koneksi sel-sel itu dengan neuron di wilayah lain,” kata penulis senior, Dr. S. Thomas Carmichael, ketua departemen neurologi di Fakultas Kedokteran David Geffen School of Medicine di UCLA. “Itu sebabnya pasien stroke sering menderita kelumpuhan atau kehilangan kemampuan bicara. Ketika CCR5 hilang atau tersumbat, neuron dapat membuat koneksi baru dan menyambungkan kembali otak, memungkinkan pasien untuk mendapatkan kembali beberapa fungsi yang hilang. “

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa mutasi Delta32 mungkin paling umum di antara mereka yang leluhurnya selamat dari wabah pes yang menghancurkan di Eropa antara pertengahan 1300-an dan 1750. Mutasi itu tampaknya membuat orang kebal terhadap HIV dan – menurut temuan ini – lebih mungkin untuk pulih dari stroke.

Penelitian ini merupakan kolaborasi antara beberapa sekolah penelitian. Sebuah tim di University of California Los Angeles yang dipimpin oleh Dr. S. Thomas Carmichael berangkat untuk mengevaluasi apakah menargetkan CCR5 dengan maraviroc dapat mempercepat pemulihan pasca stroke. Mereka meminta ahli farmakologi Esther Shohami, di Hebrew University, untuk menguji efektivitas maraviroc dalam menekan CCR5 pada tikus. Hasilnya positif.

“Kami menemukan bahwa maraviroc memblokir CCR5 pada tikus dan mendorong pemulihan hewan dari cedera otak traumatis dan stroke,” kata Dr. S. Thomas Carmichael. “Pertanyaan besar yang tersisa untuk dijawab adalah apakah menghilangkan CCR5 akan menghasilkan hasil yang sama pada orang.”

Sadar bahwa mutasi CCR5 adalah umum di antara orang-orang Yahudi Ashkenazi, tim Dr. S. Thomas Carmichael menghubungi Universitas Tel Aviv di Israel, di mana ahli saraf Einor Ben Assayag, sudah mengevaluasi pemulihan orang-orang yang telah menderita stroke ringan atau sedang.

“Laboratorium Einor memiliki sampel darah pasien dan sedang mengevaluasi pemulihan mereka dari stroke setelah interval enam bulan, satu tahun, dan dua tahun,” kata Dr. S. Thomas Carmichael, menambahkan bahwa mereka yang mengalami mutasi Delta32 “menunjukkan pemulihan signifikan yang lebih besar dalam keterampilan motorik, bahasa , dan fungsi sensorik. “

Untungnya, di maraviroc (Selzentry), para ilmuwan sudah memiliki obat yang dapat meniru dampak Delta32. Selanjutnya, peneliti berencana untuk menggunakan obat melalui uji klinis. Sebelumnya telah terbukti aman untuk manusia, memberi maraviroc langkah awal menuju persetujuan Food and Drug Administration. (R.A.W)

Sumber:

HIV+