Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Ada suasana hening yang tenang di kantor National Gay and Lesbian Human Rights Commission (NGLHRC), ketika penghitungan mundur semakin dekat ke hari Jumat ketika keputusan yang ditunggu-tunggu oleh Pengadilan Tinggi Kenya dapat membuat sejarah.

Organisasi tersebut telah memerangi ratusan kasus pelecehan terhadap minoritas seksual di pengadilan Kenya, tetapi putusan tentang apakah undang-undang era kolonial Inggris yang mengkriminalisasi seks gay akan dibatalkan adalah kasus yang paling ditunggu-tunggu oleh mereka.

“Kami bersemangat dan optimis dengan hati-hati – tetapi tetap optimis,” Lelei Cheruto dari NGLHRC, salah satu kelompok yang mengajukan petisi ke pengadilan untuk mendekriminalisasi homoseksualitas.

“Keputusan positif berarti minoritas seksual di Kenya akan memiliki kebebasan untuk hidup. Ini akan menjadi langkah menuju inklusi mereka di masyarakat. Kami merasa kami memiliki kasus yang sangat solid.”

Homoseksualitas adalah hal yang tabu di negara Afrika bagian Timur dan penganiayaan terhadap minoritas seksual sudah marak. Di bawah hukum pidana Kenya, seks gay – atau “pengetahuan duniawi yang melawan tatanan alam” – dapat dihukum hingga 14 tahun penjara.

Para pegiat mengatakan hukum telah lama mempromosikan homofobia di negara Kristen yang sebagian besar konservatif – dan digunakan setiap hari untuk menganiaya dan mendiskriminasi minoritas seksual.

Mereka menghadapi prasangka dalam mendapatkan pekerjaan, menyewa perumahan atau mencari perawatan medis atau pendidikan.

Kejahatan kebencian seperti pemerasan, penyerangan fisik dan seksual adalah hal biasa – tetapi kebanyakan terlalu takut untuk pergi melapor ke polisi karena orientasi seksual mereka, kata kelompok-kelompok HAM.

Sebuah penilaian positif tidak hanya akan memberikan hak dan martabat bagi minoritas seksual di Kenya, kata para pegiat, tetapi akan menyuntikkan dorongan ke dalam pertempuran yang dilakukan oleh orang-orang LGBT yang teraniaya di seluruh Afrika.

“Orang-orang di seluruh benua memperhatikan kasus Kenya dengan sangat cermat,” kata Anthony Oluoch dari Pan Africa ILGA, sebuah badan amal global yang mengadvokasi hak-hak minoritas seksual.

“Ada undang-undang di banyak negara Afrika yang mengkriminalisasi hubungan sesama jenis, jadi jika kita mendapatkan putusan positif di Kenya, itu akan memberi harapan bagi benua itu.”

#LoveIsHuman

Hubungan sesama jenis adalah kejahatan di lebih dari 70 negara di dunia, hampir separuhnya di Afrika. Afrika Selatan adalah satu-satunya negara Afrika yang melegalkan pernikahan gay.

Hukum anti gay di Kenya – pasal 162 dan 165 – diperkenalkan pada masa pemerintahan Inggris lebih dari 120 tahun yang lalu.

Pada 2010, Kenya mengadopsi konstitusi barunya, yang memberikan kesetaraan, martabat manusia dan kebebasan dari diskriminasi.

Pemohon sekarang ingin pasal tersebut dicabut, mengatakan mereka melanggar hak konstitusional.

Namun, pemerintah Kenya, yang didukung oleh kelompok-kelompok Kristen yang kuat, menentang penghapusan larangan seks gay dan berpendapat dalam sidang pengadilan tahun lalu bahwa itu akan mengarah pada pernikahan sesama jenis.

Pengadilan Tinggi diharapkan memberikan putusannya pada 22 Februari. Kedua belah pihak dapat mengajukan banding terhadap putusan di pengadilan yang lebih tinggi.

Sejak tanggal putusan diumumkan pada bulan Oktober, para aktivis LGBT di seluruh dunia telah menghitung mundur hari-hari tersebut di media sosial dengan tagar seperti #WeAreAllKenyans, #LoveIsHuman dan # Repeal162.

“Penilaian ini memiliki potensi nyata untuk mengubah pengalaman hidup ratusan ribu orang di Kenya,” kata Tea Braun, direktur kelompok kampanye yang berbasis di Inggris, Human Dignity Trust.

“Vonis positif akan menyatakan bahwa orang-orang LGBT bukan penjahat. Ini akan menjadi perhitungan bagi masyarakat di mana Kenya akan menunjukkan kepada dunia bahwa mereka menjunjung tinggi prinsip-prinsip kebebasan, kebebasan dan keadilan.”

Para pegiat mengatakan optimisme mereka beralasan kuat – menunjuk pada keputusan progresif baru-baru ini oleh pengadilan serta pemerintah di seluruh dunia yang mendukung hak-hak orang LGBT – yang mereka percaya akan dipertimbangkan oleh hakim Kenya.

Pada bulan September, misalnya, Mahkamah Agung India membatalkan undang-undang era kolonial yang sama dalam sebuah peraturan penting dalam demokrasi terbesar di dunia.

Sementara bulan lalu, pemerintah Angola mematahkan ketentuan “kejahatan terhadap alam” dalam hukumnya, yang secara luas ditafsirkan sebagai larangan perilaku homoseksual.

Fakta bahwa langkah-langkah ini datang dari negara-negara di dunia berkembang – yang dengan mudah dapat diidentifikasi oleh Kenya – daripada negara-negara Barat yang sering disalahkan karena “mengimpor homoseksualitas,” harusnya berpihak pada mereka, kata para pembuat petisi.

Bahkan ada kemajuan di dalam negeri, mereka menambahkan, mengutip putusan oleh Pengadilan Banding Kenya pada bulan Maret yang memutuskan adalah sebuah tindakan ilegal untuk memaksa orang yang dicurigai homoseksual untuk menjalani pemeriksaan anal.

Menghidupkan kembali Afrika

Putusan positif akan memiliki implikasi yang lebih luas di seluruh Afrika, yang memiliki beberapa undang-undang paling melarang homoseksualitas di dunia, kata para pegiat.

Hubungan sesama jenis dianggap tabu dan merupakan kejahatan di sebagian besar benua, dengan hukuman mulai dari penjara hingga kematian.

Laporan tahun 2017 yang dikeluarkan oleh International Lesbian, Gay, Bisexual, Trans and Intersex Association (ILGA) menemukan 33 negara Afrika, dari total 54 negara, mengkriminalisasi hubungan sesama jenis.

Penganiayaan terhadap LGBT Afrika juga tersebar luas, dengan minoritas seksual yang secara rutin dilecehkan, diperas, diserang oleh gerombolan, atau bahkan diperkosa oleh polisi atau warga.

“Kenya adalah negara yang penting dan berpengaruh di Afrika dan telah ada banyak pembicaraan di seluruh benua tentang kasus pengadilan,” kata Bisi Alimi, seorang aktivis hak-hak gay Nigeria yang terpaksa meninggalkan negaranya untuk menghindari penganiayaan dan mencari suaka di Inggris.

“Ini akan menjadi inspirasi besar dan dorongan moral bagi orang-orang LGBT di seluruh Afrika. Ini akan menghidupkan kembali kampanye hak LGBT di banyak negara. Orang akan merasa lebih berani untuk berbicara tentang seksualitas mereka dan memperjuangkan hak-hak mereka.”

Vonis positif juga akan memengaruhi keputusan pengadilan di negara-negara seperti Botswana dimana pengadilan tinggi ditetapkan untuk memutuskan membatalkan undang-undang serupa di bulan Maret, tambah pegiat kampanye.

Namun, para pembuat petisi mengakui kemungkinan akan ada jalan panjang di depan – apakah putusannya menguntungkan mereka atau tidak.

Kedua belah pihak memiliki opsi untuk membawa kasus ini ke Pengadilan Banding dan selanjutnya ke Mahkamah Agung.

Mereka juga mengakui bahwa meskipun hubungan sesama jenis didekriminalisasi, tantangan dalam mengubah sikap homofobia yang mengakar dalam masyarakat tetap ada.

“Kami sadar hal-hal tidak akan berubah dalam semalam dan diskriminasi dan penganiayaan kemungkinan akan bertahan selama bertahun-tahun yang akan datang,” kata Lelei Cheruto, menambahkan bahwa kampanye advokasi dan kesadaran publik yang berkelanjutan akan diperlukan untuk menyadarkan masyarakat.

“Ini merupakan perjalanan yang panjang, tapi kami siap untuk berjuang – tidak peduli betapa sulitnya itu.” (R.A.W)

Sumber:

voa