Search
Close this search box.

Global Encyclopedia of Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender, and Queer (LGBTQ) History: Ensiklopedi Baru yang Berfokus pada Sejarah LGBT Global

SuaraKita.org – Penerbit akademis Gale telah merilis ensiklopedia baru yang hanya berfokus pada sejarah global LGBT.

Berjudul  Global Encyclopedia of Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender, and Queer (LGBTQ) History, ensiklopediaa ini diklaim sebagai “judul referensi internasional, otoritatif dan ketat akademis pertama” semata-mata berfokus pada sejarah LGBT.

Ensiklopedia ini terdiri dari tiga volume, 1.800 halaman dan 383 entri tentang sejarah LGBT, yang mencakup tokoh-tokoh dan peristiwa penting secara global di berbagai bidang seperti aktivisme, seni, sastra, film, kesehatan dan sosiologi di hampir 70 negara.

Howard Chiang, editor ensiklopedia tersebut dalam blognya menjelaskan tantangan yang dihadirkan dengan menggabungkan sejarah global dan sejarah LGBT, yang cenderung memiliki tujuan yang berlawanan — yang pertama menyoroti konektivitas dan kesamaan, sedangkan yang terakhir cenderung menekankan keberagaman dan multiplisitas.

Howard Chiang mengatakan dewan redaksi mencoba untuk mengatasi tantangan-tantangan ini dengan merekrut para ahli dari dan dari berbagai wilayah dunia, memastikan cakupan topikal transnasional dan menempatkan fokus khusus pada membahas imperialisme dan kolonialisme.

“Melihat lebih dekat pada pengalaman LGBT mengungkapkan mengapa perbedaan seperti itu antara koneksi ‘global’ dan dominasi ‘imperial’ – atau gesekan antara sejarah global dan sejarah LGBT dalam hal ini – dapat dan seharusnya tidak pernah menemukan solusi  lurus ke depan dalam konser bersama. upaya untuk menantang status quo, ”tulis Howard Chiang.

Ensiklopedia membahas kelangkaan sumber daya tentang sejarah LGBT
Inisiatif sebelumnya untuk mengatasi kelangkaan gagasan tentang sejarah LGBT termasuk pembuatan ensiklopedia online WikiQueer pada tahun 2012 dan serangkaian ‘edit-a-thons’ Wikipedia global pada tahun 2014 yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah artikel yang terkait dengan masalah LGBT pada platform digital. .

Penerbit Gale berpendapat bahwa titik penjualan unik ensiklopedia adalah perspektif globalnya dan mereka berharap judul tersebut akan menyediakan sumber daya yang bermanfaat bagi perpustakaan, murid, dan peneliti yang mungkin kesulitan untuk mengakses materi semacam ini, mendorong dialog dan pemahaman.

“Gale menciptakan  Global Encyclopedia of LGBT History  untuk mengatasi kurangnya konten akademik, LGBT internasional yang tersedia untuk perpustakaan dan peneliti,” kata Paul Gazzolo, wakil presiden senior dan manajer umum di Gale.

Dia menambahkan: “Sementara judul referensi lain ada pada topik LGBT, ensiklopedia baru ini adalah sumber daya akademis otoritatif pertama yang benar-benar memberikan perspektif global tentang sejarah LGBT.” (R.A.W)

Sumber:

pinknews