Search
Close this search box.


SuaraKita.org – Sejak April ketika pemenang penghargaan kampanye media sosial LGBT diluncurkan, ‘ruang kebebasan berbicara telah menyusut’ di Lebanon.

Ekstremisme agama mengarah pada tindakan keras terhadap komunitas LGBT termasuk penutupan banyak acara. Para pendukung LGBT Lebanon mengatakan, lebih banyak aktivis yang diinterogasi, sementara yang lain berada di bawah batasan perjalanan.

Jadi, memenangkan penghargaan jurnalisme bergengsi dari organisasi non-LGBT adalah hal yang sangat penting.

Minggu ini kampanye #NoLongerAlone memenangkan penghargaan Wajih Ajouz dari Samir Kassir Foundation untuk kampanye media sosial terbaik.

Arab Foundation for Freedoms and Equality (AFE) dan Human Rights Watch menciptakan kampanye untuk menunjukkan bahwa orang LGBT di dunia Arab juga ada. Kampanye ini juga menyoroti beragam cerita dan pengalaman orang LGBT di dunia Arab.

“Rasanya seperti menghirup udara segar (karena menang),” kata Elie Ballan yang menerima penghargaan atas nama AFE dan HRW. Elie Ballan adalah aktivis LGBT dan direktur program kesehatan LGBT AFE.

‘Dalam bulan-bulan setelah kampanye diluncurkan pada 16 April tahun ini, ruang kebebasan berbicara telah menyusut.

‘Jadi untuk menerima penghargaan ini dari organisasi non LGBT menyegarkan dan berharap bahwa kita tidak sendirian, yang menariknya ini adalah judul dari kampanye.’


#NoLongerAlone
Elie Ballan mengatakan bahwa #NoLongerAlone berharap untuk melakukan lebih dari sekadar meningkatkan kesadaran.

“Kisah-kisah ini tentang bagaimana orang-orang yang kuat ini mengatasi kesulitan mereka masing-masing dan terus berkembang bahkan di tempat-tempat yang tertindas,” katanya.

“Akhirnya video ini memiliki pesan utama untuk menjangkau komunitas kami, memberi tahu mereka bahwa kami juga sedang menghadapi perjuangan yang sama dan bahwa mereka tidak sendirian.”

“Ada orang-orang seperti mereka, yang merasakan dan mencintai seperti mereka dan yang mencoba membuat wilayah ini sedikit lebih aman,” kata Elie Ballan.

‘Penghargaan ini berarti bahwa apa yang kami lakukan berhasil dan itu membuat perbedaan. Kami memiliki kesaksian dari orang-orang yang menjadi lebih toleran (karena menonton video). ‘

‘Namun penghargaan ini lebih dari sekedar toleransi, ini berarti bahwa ada sekutu yang mendukung kami dan bahwa semakin banyak orang yang menerima dan mendukung.’

Apa yang terjadi selanjutnya?
Tim AFE belum punya waktu untuk merayakan kemenangan bersejarah mereka karena mereka sedang mengerjakan kampanye baru tentang pelecehan seksual di tempat kerja.
“Tapi kami memiliki beberapa waktu untuk tim pada musim liburan di mana kami akan merayakan semua prestasi kami tahun ini,” kata Elie Ballan.

Dia juga menjelaskan bahwa banyak pekerjaan masih perlu dilakukan untuk kesetaraan LGBT di Lebanon.

“Meskipun kami telah membuat beberapa kemajuan dalam beberapa tahun terakhir untuk komunitas LGBT di Lebanon, kami telah mendapat banyak tekanan akhir-akhir ini dan terus berjuang melawan kriminalisasi dan penangkapan ilegal,” katanya. (R.A.W)

Sumber:

GSN