Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Mei tahun lalu, Mahkamah Agung Taiwan memutuskan bahwa melarang pasangan sesama jenis untuk menikah adalah tidak konstitusional. Keputusan ini memberi pemerintah dua tahun untuk mengamandemen undang-undang saat ini atau memperkenalkan undang-undang baru untuk mewujudkan kesetaraan pernikahan. Keputusan bersejarah itu membuka jalan bagi Taiwan untuk menjadi negara pertama di Asia yang melegalkan kesetaraan pernikahan. Tapi setahun telah berlalu, kemajuannya telah terhenti.

Sebuah upaya untuk menggagalkan langkah itu terjadi pada bulan Agustus, yang dilakukan oleh kelompok anti-kesetaraaan pernikahan. Happiness of the Next Generation Alliance menghalangi upaya dengan mendorong melalui undang-undang. Dengan tekanan yang meningkat ketika tanda batas waktu dua tahun semakin dekat, tantangan apa yang ada di hadapan kampanye untuk kesetaraan pernikahan?

1. Konsensus umum
Upaya pemerintah untuk mencapai konsensus bersama dan menyeimbangkan kepentingan masyarakat telah terbukti sulit karena kampanye anti-kesetaraan pernikahan yang vokal terus menentang upaya untuk melegalkan pernikahan sesama jenis. Dengan pemilihan lokal yang akan diadakan bulan depan, para legislator tidak mungkin mengambil sikap terhadap topik yang memecah-belah yang dapat mengecewakan para pemilih. Dengan demikian, Rancangan Undang-Undang (RUU) kesetaraan pernikahan tidak bisa diloloskan hingga tahun depan.

Presiden Tsai Ing-wen sebelumnya mendukung kesetaraan pernikahan selama kampanye pemilihannya pada tahun 2016, tetapi kegagalannya untuk menunjukkan dukungan telah mengecewakan komunitas LGBT . Tsai  Ing-wen mengatakan dalam sebuah wawancara pada bulan Juni bahwa dia tetap tidak berkomitmen untuk memberikan kesetaraan pernikahan, dengan alasan kekhawatiran akan menciptakan perpecahan antara generasi dan menyiratkan bahwa mereka yang berusia di atas 40 tahun menentang kesetaraan pernikahan.

Usaha-usaha sebelumnya untuk mendorong undang-undang kesetaraan pernikahan melalui parlemen, yang dikenal sebagai Legislatif Yuan, telah gagal – pada tahun 2005, seorang legislator mengalami pemblokiran dalam penyerahan RUU, sementara pada tahun 2016, sebuah RUU yang diperkenalkan oleh Partai Progresif Demokrat yang berkuasa gagal diberlakukan setelah berhadapan dengan perlawanan sengit pihak oposisi.

2. Mengubah hukum saat ini vs undang-undang baru
Putusan Mahkamah Agung memberi pemerintah tenggat waktu hingga Mei 2019 untuk mengamandemen undang-undang yang ada atau meloloskan undang-undang baru tentang kesetaraan pernikahan. Menurut penilaiannya, kesetaraan pernikahan akan secara otomatis menjadi legal setelah dua tahun, yang memicu kekhawatiran akan potensi masalah administratif dalam hal legalisasi pernikahan pasangan sesama jenis tanpa undang-undang yang komprehensif untuk menangani meningkatnya pendaftaran pernikahan.

Pihak berwenang telah berjuang untuk mencapai kesepakatan lintas partai mengenai apakah akan mengubah Civil Code (KUH Perdata) atau memperkenalkan undang-undang terpisah. Menurut PrideWatch , 59 dari 113 anggota legislatif tercatat mendukung kesetaraan pernikahan, enam mendukung pengenalan hukum yang terpisah, 29 menolak untuk menyatakan, dan sembilan menentang kesetaraan pernikahan.

Civil Code berisi lebih dari 498 ketentuan yang mengatur hak-hak pasangan sah, termasuk hak adopsi, warisan dan tunjangan kesejahteraan. Kelompok-kelompok pembela hak LGBT percaya bahwa mengubah bahasa gender dari Civil Code untuk memasukkan pasangan sesama jenis akan memberikan mereka hak yang sama yang dinikmati oleh pasangan lawan jenis; selain itu akan bertentangan dengan “hak rakyat untuk kesetaraan” seperti yang dikatakan dalam keputusan Mei lalu.


Yang lain berpendapat bahwa hukum terpisah yang menjamin hak pasangan LGBT dan manfaat yang sama dengan pasangan heteroseksual akan bertemu dengan kedua belah pihak di tengah.

3. Penentangan konservatif
Selasa lalu, tiga proposal referendum yang diajukan oleh koalisi kelompok konservatif yang mengadvokasi “nilai-nilai keluarga” telah disetujui oleh Central Election Commission (CEC) Taiwan. Referendum bertujuan untuk mendorong kembali terhadap kesetaraan pernikahan dan pendidikan sesama jenis di sekolah-sekolah nasional, yang telah diwajibkan sejak UU Pendidikan Kesetaraan Gender disahkan pada tahun 2004. Di Taiwan, hasil referendum terikat oleh hukum.

Disebutkan  tiga dari tujuh referendum yang dijadwalkan pada 24 November – hari pemilihan lokal – berhubungan dengan kesetaraan pernikahan. Pertanyaannya meliputi:

 

Namun kelompok-kelompok pembela hak LGBT telah mengatakan bahwa proposal referendum melanggar hak mereka atas kebebasan menikah, seperti yang digariskan oleh Mahkamah Agung. Referendum dapat, pada gilirannya, menghasilkan hukum terpisah yang gagal untuk memberikan kelompok tersebut hak yang mereka pertimbangkan sebagai kesetaraan sejati.


Jumat lalu, dua proposal referendum yang diajukan oleh kelompok  pro-kesetaraan pernikahan melewati batas minimum 281.745 untuk tanda tangan yang disyaratkan oleh CEC. Proposal tersebut meliputi:

 

CEC menyetujui dua proposal referendum pro-LGBT, menjadikan jumlah total referendum yang akan diselenggarakan pada tanggal 24 November berjumlah 9. (R.A.W)

Sumber:

Hongkongfp