Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Layanan Pos Amerika Serikat (The United States Postal Service/USPS) mengumumkan penerbitan prangko terbaru untuk mengenang astronot dan ilmuwan.

Dalam sebuah upacara yang menampilkan desain prangko yang dihadiri oleh beberapa teman dan keluarga Sally Ride, USPS memuji perjalanan ke luar angkasa yang dijalaninya.

“Perjalanan bersejarah Sally Ride telah mempermudah perempuan-perempuan muda untuk bermimpi pada suatu hari dapt menjadi astronot, insinyur, fisikawan, atau matematikawan,” kata Chief Information Officer dan Wakil Presiden Eksekutif USPS Kristin Seaver.

“Hari ini, para mereka tidak hanya bermimpi. Karena perjalanan seperti yang dilakukan oleh Sally Ride, dapt membuat mereka berdaya untuk melakukannya.

Rekan Sally Ride, Tam O`Shaughnessy, menyambut baik berita tentang prangko tersebut, sembari menyoroti hobi jangka panjang Sally Ride yaitu mengumpulkan prangko.

Tam O’Shaughnessy berkata: “Sally mulai mengumpulkan prangko ketika dia masih seorang gadis kecil, dan dia terus melakukannya sepanjang hidupnya – terutama perangko dari Olimpiade dan eksplorasi ruang angkasa.

“Sally akan sangat terhormat karena potretnya diabadikan dalam prangko Amerika Serikat.”

 

Wakil Presiden Mike Pence berbagi tentang peresmian penerbitan prangko tersebut dan  menggambarkan Sally Ride sebagai seorang “pemberani.

Mike Pence menulis di Twitter: “Hari ini, USPS mendedikasikan prangko Sally Ride untuk memperingati perempuan Amerika pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa. Karirnya yang berani sebagai astronot dan ilmuwan menginspirasi suatu bangsa.

Namun, Mike Pence dengan cepat dibungkam oleh banyak orang yang menyoroti bahwa pandangan dan rekam jejaknya sebagai seorang politisi tidak mendukung LGBT atau perempuan

Salah satu pengguna Twitter menulis: “Dia juga seorang lesbian yang berada dalam suatu hubungan selama hampir tiga dekade – hubungan yang Anda tolak pengakuannya secara  hukum selama bertahun-tahun sebagai pejabat terpilih dan bahwa pemerintahan Anda terus merendahkan mereka lewat litigasi.”

Sally Ride melela sebagai lesbian dalam obituarinya setelah dia meninggal pada tahun 2012, berusia 61 tahun, setelah berjuang melawan kanker pankreas selama dua tahun.

Astronot yang juha profesor ilmu fisika itu dilaporkan menyembunyikan seksualitasnya karena takut hal itu akan berdampak negatif terhadap karirnya.

Sally Ride memasuki ruang angkasa dengan pesawat ulang-alik Challenger pada bulan Juni 1983, dia menjadi perempuan Amerika pertama, dan orang Amerika termuda yang melakukannya. Sebelumnya dua astronot perempuan Soviet telah melakukan misi penerbangan ke luar angkasa.

Setelah melakukan perjalanan luar angkasa itu Sally yakin bahwa itu adalah pengalaman yang paling menyenangkan yang pernah dia alami seumur hidupnya.

Pada tahun 2017, Sally Ride diberikan penghormatan oleh perusahaan mainan asal Denmark, LEGO. Tokoh Sally dimasukkan bersama sejumlah tokoh astronot dan ilmuwan lain dalam seri koleksi  ‘Women in Space’ milik LEGO

Maia Weinstock, seorang penulis sains, menciptakan desain yang memenangkan kompetisi Ide LEGO dan mengatakan dia memasukkan Sally Ride dalam desainnya karena kontribusinya terhadap sains dan perjalanan ruang angkasa.

“Apa yang dia lakukan untuk mendukung perempuan di bidang STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics} sangat luar biasa,” kata Maia Weinstock.

“Saya tahu saya ingin memasukkannya karena dia sudah cukup terkenal, tetapi juga karena semua pekerjaan yang dia lakukan paska-NASA, yakni mendorong generasi muda untuk masuk ke sains,” tambahnya. (R.A.W)

 

 

Sumber:

Pinknews