Search
Close this search box.

“Uncle Gloria” Dokumentasi Kehidupan Gloria Stein Yang Bertransisi di Usia 70an

SuaraKita.org – Seiring percakapan tentang identitas gender berlanjut, anak-anak melela sebagai transgender di usia yang makin muda. Tapi bagi sebagian orang, transisi datang kemudian dalam kehidupan – di kemudian hari, dalam kisah Gloria Stein, yang menjalani operasi penyesuaian jenis kelamin pada usia 70an.

Sutradara Robyn Symon telah mengerjakan “Uncle Gloria: One Helluva Ride” selama lebih dari satu dekade, jauh sebelum munculnya majalah Transparent atau Time  yang menyatakan “titik kritis” budaya kita. Sebagian besar dari apa yang Robyn Symon tangkap adalah sebuah cara yang kurang ideal untuk membahas kehidupan transgender, meskipun kita tidak dapat menyangkal bahwa ini adalah kisah kehidupan Gloria Stein.

Gloria berbagi cerita dengan kebenarannya sendiri, walaupun dia tidak menggunakan bahasa yang sering digunakan oleh pembela hak-hak transgender.

Sebelum melakukan transisi, Gloria Stein memiliki bengkel mobil di Florida Selatan dan memiliki masalah hukum. Dia awalnya berpose sebagai perempuan untuk melarikan diri dari hukum, tapi ternyata itu adalah identitas diri yang sebenarnya dan dia mulai melakukan langkah-langkah untuk transisi sepenuhnya.

“Ini seperti saya terbangun suatu hari dan berpikir ‘Jika Anda sangat menyukai perempuan, mengapa Anda tidak menjadi perempuan?'” katanya di depan kamera. Rekaman tersebut diambil dalam dua dekade terakhir, dan banyak diskusi yang tidak nyaman tentang keputusannya untuk melakukan transisi, karena berbeda dari kebanyakan gagasan tentang identitas transgender. Gloria Stein berbicara tentang transisinya seperti keputusan yang dia buat yang pada akhirnya menguntungkannya, karena sebagai seorang lelaki, dia tidak disukai.

Tapi inilah perjalanan hidupnya, dan dia senang membaginya. Seperti bagaimana dia mengajarkan dirinya sendiri bagaimana untuk bisa tersenyum (Gloria bersikeras bahwa lelaki tidak tersenyum, tapi perempuan tersenyum) dan betapa dia merasa lebih tenang dan lebih baik dengan berkurangnya testosteron di tubuhnya.

Ya, dokumenter ini bermasalah, tapi ini kisah Gloria Stein, dan ini adalah kebenaran. Mungkin dokumenter ini paling baik dilihat melalui lensa kapsul waktu, bagaimana keadaan yang bisa terjadi pada transgender perempuan sebelum mereka mengalami eksistensi yang nyata.

Uncle Gloria: One Helluva Ride tayang perdana pada 3 November 2017. (R.A.W)

Sumber:

newnownext

 

Dalam klip eksklusif ini, Gloria Stein mendatangi keponakannya, Steven, yang belum pernah dia temui dalam beberapa tahun. Meskipun Steven mengatakan bahwa dia pada awalnya “menolak” proses transisi Gloria, namun Steven kemudian menjadi advokat untuknya dan bahkan membantunya untuk mendapatkan asuransi kesehatan.