Search
Close this search box.

[Resensi] Film Perjuangan Hak-hak LGBT Berdasarkan Kisah Nyata

lgbt-series-filmSuaraKita.org – Dari sekian banyak film LGBT yang beredar, mulai yang bernuansa drama romantis sampai dengan komedi yang membuat penontonnya terpingkal-pingkal. Film yang diambil dari kisah nyata khususnya film yang bertema perjuangan hak asasi selalu mendapat tempat khusus di hati pra penontonnya. Berikut beberapa film berdasarkan kisah nyata tentang perjuangan LGBT dalam usaha untuk memperjuangkan hak-haknya.

  1. Philadelphia (1993) hankswashington

Takut membahayakan karirnya, Andrew Beckett, seorang pengacara di sebuah firma hukum besar di Philadelphia yang diperankan oleh Tom Hanks menyembunyikan identitas gay dan status HIV+ yang dideritanya. Namum ketika koleganya menemukan fakta bahwa dia mengidap HIV+ membuatnya dipecat dan terancam kehilangan karirnya. Film ini berisi tentang perjuangan Andrew yang menuntut atas diskriminasi yang ditujukan kepadanya, dibantu oleh Joe Miller, diperankan oleh Denzel Washington, satu-satunya pengacara yang bersedia menjadi penasihat hukumnya, Andrew memperjuangkan haknya termasuk juga hidupnya.

 

  1. Boys Don’t Cry (1999)swank99

Caitlyn Jenner mungkin  membuat sejarah ketika dia mengumumkan transisi gendernya beberapa waktu lalu. Tapi transgender Amerika telah berjuang untuk menemukan tempat mereka di masyarakat kita selama bertahun-tahun. Pencarian tragis seorang pemuda untuk menemukan penerimaan tertuang dalam film pemenang Oscar Boys Do not Cry. Hilary Swank memerankan Brandon Teena, seorang pria transgender muda yang, dikucilkan dari masyarakat. Dia akhirnya meninggal di tangan orang-orang yang dianggapnya sebagai teman-teman ketika mereka mengetahui jati dirinya. Berdasarkan kisah nyata, Boys Do not Cry menjadi gebrakan besar ketika dirilis dan berfungsi sebagai pengingat dari kehidupan yang rumit dan menyakitkan bagi banyak warga transgender.

 

  1. Milk (2008)milk

Menampilkan akting yang luar biasa oleh Sean Penn yang juga memenangkan Oscar untuk Aktor Terbaik di film ini.  Film  biografi arahan sutradara Gus Van Sant untuk ikon hak-hak sipil. Harvey Milk – gay pertama yang terpilih menjadi wakil rakyat di California pada tahun 1978 dan yang kemudian dibunuh oleh mantan rekannya sendiri. Politik, pengkhianatan, cinta, nafsu, kecemburuan dalam kisah hidup Harvey Milk tertulis dalam skenario oleh Dustin Lance Black (yang juga menjadi pemenang Oscar) dan membawanya ke kehidupan nyata di depan mata kita.

 

  1. Freeheld (2015)22-freeheld-w1200-h630

Freeheld adalah sebuah film drama Amerika disutradarai oleh Peter Sollett dan ditulis oleh Ron Nyswaner. Film ini dibintangi Julianne Moore, Ellen Page, Steve Carell, Luke Grimes, dan Michael Shannon. Film ini didasarkan film dokumenter pendek pada tahun 2007 dengan judul yang sama tentang pertarungan polisi Laurel Hester melawan Dewan Rakyat Ocean County untuk memperjuangkan agar pasangannya mendapatkan hak atas pensiun ketika Laurel meninggal setelah didiagnosa menderita kanker ganas. (R.A.W)