Search
Close this search box.

God’s Own Country Drama Romansa Ala Britania

Judul: God’s Own Country

Sutradara: Francis Lee

Penulis Naskah: Francis Lee

Pemain: Josh O’Connor , Alec Secareanu , Gemma Jones , Ian Hart , Harry Lister Smith

Durasi: 104 Menit

Genre: Drama, Romansa

SuaraKita.org – God’s Own Country adalah film drama Britania Raya tahun 2017 yang ditulis dan disutradarai oleh Francis Lee dalam debut arahannya. Film ini dibintangi oleh Josh O’Connor dan Alec Secăreanu. Cerita ini mengisahkan seorang seorang peternak domba muda di Yorkshire, Inggris yang hidupnya berubah seiring kedatangan seorang pekerja migran Romania. Film ini merupakan satu-satunya film yang diproduksi di Britania yang dapat masuk ke kategori drama dunia dalam Festival Film Sundance 2017 yang mana memenangkan penghargaan arahan sinema terbaik.

Johnny adalah seorang pemuda yang dibebani dengan tanggung jawab menjalankan pertanian di bawah pengawasan ayah yang sakit dan neneknya yang keras kepala. Johnny membungkam kemarahan dan frustrasinya dengan minuman keras dan seks yang agresif dengan lelaki asing. Yang jelas dari awal adalah bahwa kebencian Johnny pada diri sendiri tidak berasal dari homoseksualitasnya, seperti yang sering terjadi dalam film LGBT. Film ini tidak konvensional dalam artian Johnny sudah sadar dan menerima homoseksualitasnya. Penyebab kesedihannya lebih karena prospek hidupnya yang dihabiskan untuk terperangkap tanpa batas waktu di pertanian, di bawah aturan ketat ayahnya yang sombong. Namun akhirnya hidup Johnny berubah semenjak kedatangan Gheorghe.

Apa yang kurang dalam film ini dalam dialog penjelasan, film ini memiliki percakapan diam-diam yang indah antara Johnny dan Gheorghe, menunjukkan bahwa terkadang fisik cinta melebihi kebutuhan akan artikulasinya. Kedua lelaki itu jauh dari kesamaan tetapi terisolasi bersama, hubungan mereka dibiarkan berkembang dengan kelembutan yang mengejutkan di kedua bagian mereka.

Film ini dilarang di beberapa negara Arab karena adengan seks yang jelas di antara kedua tokoh utama. Demikian juga, Romania menjadi negara satu-satunya di Eropa Timur yang mana film ini ditayangkan.

Pada Festival Film Internasional Berlin 2017 God’s Own Country menerima Harvey Award, yang disajikan oleh program Teddy Awards untuk film-film terkait LGBT. (R.A.W)