Search
Close this search box.

A Secret Love – Potret Bergerak dari Romansa 60 Tahun Dua Perempuan

Judul: A Secret Love

Sutradara: Chris Bolan

Dibintangi oleh: Terry Donahue, Diana Bolen, Pat Henschel

Tanggal rilis: 29 April 2020 (Amerika Serikat)

Durasi: 83 menit

SuaraKita.org – Disutradarai dengan kepekaan dan keintiman luar biasa oleh Chris Bolan, dokumenter ini adalah kisah cinta tentang dua perempuan sekarang di usia 90-an – Terry Donahue dan Pat Henschel, yang telah bersama sejak tahun 1940-an.

Selama beberapa dekade mereka terus berpura-pura menjadi “teman baik” bagi keluarga mereka sebelum akhirnya coming out beberapa tahun yang lalu. Berbicara dengan orang luar, mereka masih menggambarkan satu sama lain sebagai “sepupu”. Warisan rasa malu dan takut di antara orang tua dalam komunitas gay dieksplorasi dalam film, tetapi suasana hati yang luar biasa di sini adalah cinta.

Romansa antara Terry dan Pat tampaknya tidak pernah basi. Terry adalah seorang atlet, pemain baseball di liga perempuan profesional yang menginspirasi film Penny Marshall A League of They Own. Dia berusia 22 tahun 1947 ketika dia bertemu dengan cinta dalam hidupnya, Pat, saat itu 18. Mereka telah menyimpan surat cinta mereka yang bagian bawahnya dirobek kalau-kalau mereka ditangkap oleh pihak berwenang.

A Secret Love disutradarai oleh keponakan buyut Terry, yang mendorong dan memilih dinamika keluarga yang mengungkapkan kompleksitas yang bersifat universal. Pat memiliki sedikit hubungan yang runcing dengan keponakan Terry, Diana, yang ingin pasangan itu pindah ke rumah perawatan. Terry memiliki Parkinson dan menjadi lemah. Pat dengan keras kepala menolak untuk mengalah. Terry yang menolak menikah. Akankah itu berubah ketika mereka hidup lebih terbuka sebagai pasangan? Itu akan menjadi spoiler untuk mengatakan lebih banyak, tetapi ini sangat mengharukan. (R.A.W)