Search
Close this search box.

Bagaimana Proses ‘Coming Out’ Berevolusi untuk Individu LGBT

Oleh: Kelly Gonsalves

SuaraKita.org – Proses “coming out” secara luas dianggap sebagai tonggak utama dalam kehidupan orang-orang yang diidentifikasi sebagai LGBT dan minoritas seksual dan gender lainnya. Secara tradisional, coming out berarti mengungkapkan identitas Anda yang sebenarnya baik kepada publik atau orang-orang tertentu yang penting, seperti keluarga Anda, teman sekelas, rekan kerja, dan lain-lain, mungkin setelah sebelumnya diasumsikan sebagai cisgender dan straight/heteroseksual oleh mereka.

Namun, belakangan ini, proses coming out mungkin terlihat sedikit berbeda, menurut hasil dari survei Tinder yang baru dirilis . Tim peneliti mereka melakukan jajak pendapat 1.000 orang LGBT antara usia 18 dan 45 dan menemukan beberapa tren utama dalam cara mereka mengalami dan berbicara tentang proses coming out:

  1. Beberapa orang mengabaikan proses coming out secara formal.

Tinder melaporkan hampir satu dari tiga orang dewasa LGBT mengatakan mereka tidak pernah benar-benar “secara formal” coming out. Itu bisa berarti banyak hal: Mungkin sebagian orang ini, pada kenyataannya, masih tertutup di beberapa bagian kehidupan mereka. Mungkin ada beberapa konsekuensi negatif jika itu yang terjadi, karena penelitian menunjukkan tidak dapat menampilkan diri otentik Anda dapat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan Anda .

Di sisi lain, itu bisa berarti beberapa orang LGBT tidak pernah merasa perlu untuk “coming out” dengan cara  dan dramatis apapun karena seksualitas mereka tidak pernah dianggap straight atau cis. Memang, 38% responden mengatakan kepada Tinder bahwa mereka merasa secara formal coming out “menjadi kurang penting karena normalisasi,” dan 43% mengatakan peningkatan normalisasi telah membuat lebih mudah untuk “terbuka dan jujur” tentang kehidupan kencan mereka. Ketika diminta untuk menggambarkan bagaimana perasaan mereka tentang identitas mereka, emosi No. 1 adalah “bangga” (31%). Dan banyak dari kemajuan baru-baru ini: 79% orang dewasa LGBT mengatakan mereka percaya mereka menghadapi stigma yang lebih sedikit sekarang daripada yang mereka lakukan lima tahun yang lalu .

Ketika orang-orang berhenti mengasumsikan hal-hal tentang seksualitas dan gender Anda, tidak ada lagi kebutuhan untuk pengungkapan diri menjadi peristiwa besar. Melalui lensa ini, fakta bahwa sepertiga orang LGBT tidak merasa perlu untuk coming out secara resmi mungkin merupakan tanda kemajuan yang diharapkan menuju pengarusutamaan gender dan keragaman seksual.

Tentu saja, tidak semua orang setuju bahwa coming out tidak masalah: 68% orang melaporkan mengalami semacam proses coming out, tidak peduli berapa banyak stigma anti-LGBT telah menurun.

“Orang-orang biasanya masih mengidentifikasi elemen-elemen ini tentang siapa mereka dan mulai memberi tahu orang lain. Kami terprogram untuk berbagi cerita kami,” kata  Michael J. Salas , seorang terapis yang berspesialisasi dalam bekerja dengan orang-orang LGBT dan pendiri Vantage Point Counseling Services di Dallas, Texas, dalam sebuah wawancara. “Orang biasanya melihat ke belakang dan mengatakan bahwa mereka selalu tahu atau bahwa mereka punya ide, tetapi tanpa penerimaan dan pemahaman budaya yang luas, itu masih bisa menjadi proses untuk mengidentifikasi ini.”

  1. Orang-orang lebih muda ketika mereka coming out.

Waktu paling umum untuk coming out adalah antara usia 16 dan 20; Tinder menemukan 39% orang keluar dalam kisaran usia itu. 23% orang coming out antara usia 11 dan 15, termasuk 40% dari orang-orang LGBT Gen Z.

Temuan Tinder sejalan dengan laporan lain tentang rentang usia yang coming out dari beberapa tahun terakhir: Sebuah laporan Pew Research Center 2013 menemukan 68% individu lesbian, gay, dan biseksual berusia 14 atau lebih muda ketika mereka pertama kali berpikir mereka mungkin bukan heteroseksual, tetapi hanya 10% yang memberi tahu teman dekat atau anggota keluarga tentang identitas seksual mereka pada usia itu. Namun, pada tahun 2018, Human Rights Campaign mensurvei lebih dari 10.000 remaja LGBT berusia 13 hingga 17 tahun dan menemukan sembilan dari 10 adalah coming out kepada teman dekat, dan 56% coming out kepada anggota keluarga dekat.

Michael J Salas setuju bahwa orang-orang mulai mengidentifikasi, khususnya sebagai gay atau lesbian, di usia yang lebih muda. “Ada lebih banyak representasi di media, jadi ada lebih sedikit asumsi bahwa anak-anak tumbuh sebagai straight,” katanya. “Namun, asumsi-asumsi itu masih sebagian besar ada di sana. Biasanya masih ada pengusiran asumsi heteroseksual dan cisgender yang harus terjadi secara internal dan eksternal. Itu masih sebuah proses, tetapi itu terjadi lebih muda daripada ketika saya tumbuh dewasa.”

  1. Internet telah membuat coming out jauh lebih mudah.

Tinder menemukan bahwa satu dari lima orang LGBT keluar melalui media sosial. Lebih lanjut, mayoritas responden (64%) mengungkapkan identitas mereka secara online atau dalam kelompok tertutup sebelum mereka secara resmi coming out, termasuk 75% orang Gen Z LGBTQ dan 55% orang Gen X LGBTQ orang. Sistem dukungan digital itu bisa transformasional: 78% mengatakan bisa menjadi diri mereka yang sebenarnya secara online adalah bagian dari apa yang memberi mereka kepercayaan diri untuk secara resmi keluar dalam kehidupan nyata.

Aplikasi kencan mungkin juga membuat keaslian sedikit lebih mudah: 80% orang dewasa LGBT mengatakan aplikasi kencan dan kencan online telah membantu komunitas mereka, dengan 52% mengatakan itu secara khusus membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk menjadi diri mereka sendiri dan 45% mengatakan itu membuatnya lebih mudah untuk jelajahi identitas mereka.

Tentu saja, itu tidak berarti internet tanpa kekurangannya: Michael J Salas menyatakan keprihatinan atas cara media sosial dapat menciptakan ruang untuk perundungan dan kadang-kadang menutup percakapan yang bermakna tentang identitas. Karena itu, ia percaya bahwa internet secara keseluruhan bagus, dan ini merupakan pekerjaan besar yang mengekspos kita kepada orang-orang yang berbeda dari kita — dan jelas, bagi kita yang tumbuh sendiri dengan perasaan berbeda, internet dapat membantu kita menemukan komunitas orang menyukai kita.

Tentu saja masih ada jalan yang panjang

Michael J Salas menunjukkan bahwa meskipun ada lebih banyak penerimaan untuk identitas LGBT, itu tidak sama dengan mengatakan bahwa identitas tersebut secara luas dianggap normal dan diharapkan. “Biasanya masih harus ada pernyataan coming out yang terjadi dengan teman dan keluarga. Kalau tidak, hanya akan ada asumsi dan gosip. Kita masih dalam budaya yang gosip tentang orientasi seksual seseorang … dan tidak pernah bergosip tentang apakah orang itu straight, “katanya. “Orang mungkin lebih menerimanya, tetapi mereka masih melihatnya berbeda dari norma. Jika itu adalah norma, orang tidak akan punya apa-apa untuk digosipkan.”

Dia menambahkan bahwa individu gay dan lesbian telah mendapatkan penerimaan arus utama yang lebih besar, tetapi itu tidak selalu berlaku untuk gender dan identitas seksual lainnya. “Pengalaman individu gay dan lesbian bisa sangat berbeda dari orang biseksual dan transgender,” jelasnya. “Jadi, ketika orang mengatakan ada penerimaan yang lebih besar, saya pikir ini harus dipertimbangkan dengan hati-hati.”

Penting juga untuk mempertimbangkan pengalaman orang-orang yang tidak tinggal di pantai atau di kota-kota besar, di mana umumnya ada lebih banyak keanekaragaman dan inklusivitas, Michael J Salas menjelaskan. Di banyak daerah pedesaan, diskriminasi dan pengucilan orang LGBT masih menjadi norma budaya.

Memikirkan kembali kata-kata “coming out.”

Semua yang mengatakan, hasil penelitian ini menunjukkan beberapa orang di komunitas mungkin meninggalkan proses “coming out” formal karena sejumlah alasan. Dalam sebuah esai baru – baru ini untuk Tinder’s Swipe Life, penulis Colleen Barrett menjelaskan mengapa dia tidak suka menggunakan metafora “berada dalam lemari” (still in the closet)/belum coming out untuk menggambarkan kisahnya sendiri: “Ini istilah yang lose-lose. Anda harus  coming out karena Anda bersembunyi, atau Anda coming out karena Anda menjalani kehidupan yang belum diuji dan baru saja menyadari siapa diri Anda. Keduanya membuat saya merasa buruk tentang diri saya, dan saya tidak siap sejauh ini untuk merasakannya. “

Mungkin saja, akhir-akhir ini, tidak selalu ada titik balik besar ketika Anda beralih dari kebingungan ke pengungkapan atau dari ambiguitas ke kejelasan. Terkadang perjalanan hidup mungkin jauh lebih rumit; kadang-kadang mungkin sebenarnya cukup sederhana, bahkan tanpa peristiwa; dan terkadang itu hanya berlangsung terus-menerus. (R.A.W)

Kelly Gonsalves adalah seorang Contributing Sex & Relationships Editor dengan fokus pada bagaimana seksualitas bersinggungan dengan identitas, kesehatan, kekuatan, dan tubuh. Karyanya telah muncul di Teen Vogue, Cosmopolitan, Vice, …

Sumber:

MBG