Search
Close this search box.

5 Film LGBT yang Patut Ditonton di Tahun 2019

SuaraKita – 2018 diberkati dengan film-film menarik seperti The Miseducation of Cameron Post, penggambaran suram terapi konversi  dan Love, Simon, sebuah kisah manis yang tentang kehidupan seorang remaja gay.

Ketika representasi LGBT di layar lebar terus membaik, tahun ini kita akan melihat tiga film LGBT dirilis dalam dua bulan pertama saja.

Jadi, apa tepatnya yang disediakan 2019 untuk kita? Berikut adalah lima film LGBT yang yang patut Anda tonton tahun ini.

The Favourite



Tanggal rilis: 1 Januari 2019

Berlatar awal abad ke-18 ketika Inggris dan Prancis berperang, film ini mengikuti kehidupan Ratu Inggris yang kondisinya kurang sehat, Ratu Anne (Olivia Colman) dan teman terdekatnya Lady Sarah (Rachel Weisz) yang memerintah negara itu sebagai gantinya. Namun kedatangan sepupu Sarah Abigail Masham (Emma Stone), yang jatuh pada masa-masa sulit, membuat kekacauan di kerajaan ketika kedua perempuan itu mulai berjuang untuk tempat mereka sebagai perempuan tangan kanan dan pendamping Ratu Anne. Setelah pemutaran perdana di Venice Film Festival, film ini mendapat pujian kritis, dan banyak pengulas menyoroti romansa di layar antara Ratu Anne dan Abigail.

Colette


Tanggal rilis: 9 Januari 2019

Aktris nominasi Oscar Kiera Knightley berperan sebagai novelis Prancis pemenang Hadiah Nobel, Sidonie-Gabrielle Colette, yang kemudian menjadi tokoh sastra terkemuka dan seorang revolusioner seksual di akhir tahun 1800-an. Film ini menceritakan pernikahannya dengan seorang warga Paris yang karismatik, Henry Gauthier-Villars (Dominic West), yang meyakinkannya untuk melakukan ghostwrite serangkaian novel yang akan diterbitkan dengan nama samarannya ‘Willy’. Colette juga mengeksplorasi fluiditas gender penulis dan hubungannya dengan perempuan bangsawan Prancis Mathilde de Morny (Denise Gough).

Boy Erased


Tanggal rilis: 8 Februari 2019

Berdasarkan memoar Garrard Conley dengan judul yang sama, Boy Erased bercerita tentang Jared (Lucas Hedges) – putra seorang pendeta Baptis – yang coming out ke orang tuanya (Nicole Kidman dan Russell Crowe), dan dipaksa untuk menghadiri program terapi konversi. Sesampai di sana, Jared bertemu orang lain seperti dia dan bertentangan dengan kepala terapis yang homofobik (Joel Edgerton). Boy Erased juga dibintangi oleh Cherry Jones, Xavier Dolan, Flea, Joe Alwyn, dan Troye Sivan. Sebuah drama yang kuat.

Rocketman


Tanggal rilis: 31 Mei, 2019

Rocketman biopic yang akan datang didasarkan pada kehidupan musisi legendaris Elton John, dan akan fokus pada tahun-tahun awalnya di industri hiburan. Ini akan mencatat kebangkitannya di Royal Academy of Music, dan perjuangannya dengan ketenaran dan penyalahgunaan narkoba. Taron Egerton yang akan berperan sebagai Elton, dan bergabung dengan Jamie Bell, Richard Madden, Gemma Jones dan Bryce Dallas Howard.

Mapplethorpe


Tanggal rilis: 2019

Robert Mapplethorpe, seorang tokoh yang menawan dan kontroversial di dunia seni dan fotografi, terkenal karena fotografi hitam putihnya yang sangat bergaya, potret selebriti, dan gambar homoerotik – khususnya subkultur BDSM. Matt Smith akan berperan sebagai fotografer ikonik di film mendatang, yang akhirnya akan keluar pada bulan Maret 2019. Film ini akan menggambarkan kehidupan Mapplethorpe “dari saat-saat sebelum dia dan Patti Smith pindah ke hotel Chelsea yang terkenal,” dan mengeksplorasi “persimpangan seni, seksualitasnya, dan perjuangannya untuk pengakuan arus utama”. Disutradarai oleh Ondi Timoner, dan juga dibintangi Marianne Rendón sebagai penyanyi-penulis lagu Patti Smith, film ini sepertinya tidak akan segan-segan menggambarkan seksualitas dan hubungan Mapplethorpe. (R.A.W)

Sumber:

GT