Search
Close this search box.

Queer Taiwan: Serial Dokumenter Baru Yang Mengeksplorasi Kehidupan LGBT di Taiwan

SuaraKita.org – Layanan streaming LGBT pertama di Asia GagaOOLala meluncurkan serial dokumenter terbaru berjudul  Queer Taiwan. Serial dokumenter tersebut merupakan rangkaian dokumenter yang mengulas berbagai isu LGBT di Taiwan.

“Tujuan memproduksi Queer Taiwan adalah untuk menampilkan keunikan individu yang diwawancarai dan persoalan yang mereka hadapi,” kata pendiri GagaOOlala, Jay Lin.

‘Melalui serial dokumenter ini, kami berharap dapat meningkatkan visibilitas keseluruhan komunitas LGBT secara lokal dan internasional.

Penyanyi Taiwan yang pertama melela sebagai gay, Jin, akan menjadi pembawa acara Queer Taiwan bersama Leo yang merupakan bintang YouTube Fufuknows.

Mereka ditugaskan untuk mewawancarai populasi kunci di balik setiap isu sambil memberikan suara ke setiap sisi cerita.

Sementara itu, mereka juga menawarkan sudut pandang mereka sendiri mengenai isu tersebut berdasarkan pengalaman mereka sendiri.

Musim pertama serial Queer Taiwan akan mengetengahkan beberapa isu selama empat episode.

Pertama, mereka akan melihat perdebatan kesetaraan pernikahan setelah Legislatif Yuan pada bulan Mei tahun lalu memutuskan bahwa kesetaraan pernikahan harus disahkan menjadi undang-undang dalam waktu dua tahun.

Dua episode lainnya akan menyelidiki budaya Drag Queen Taiwan dan bertemu dengan keluarga pelangi di negara ini.

 

Kemudian, dengan tidak menghilangkan isu kontroversial, Queer Taiwan akan menampilkan organisasi ‘Hand Angels’. Organisasi ini menyediakan layanan seksual untuk orang-orang dengan disabilitas.

Queer Taiwan merupakan produksi kedua yang dilakukan oleh GagaOOLala dalam upaya memproduksi konten-konten orisinil. Tahun lalu merela merilis ‘Tale of the Lost Boy’ sebuah film produksi bersama Taiwan-Filipina. GagaOOLala sendiri pertama kali berdiri tahun lalu.

“GagaOOLala sendiri adalah layanan online streaming untuk Asia Tenggara, yang bisa dibilang salah satu daerah pemasaran yang paling rumit di dunia karena keberagaman bahasa, sejarah, ekonomi, dan budayanya, namun keberagaman inilah yang begitu matang dengan karakter tersembunyi dan kisah-kisah yang menarik kami,” kata Jay Lin.

Konsep Queer Taiwan akan berkembang ke negara lain di kawasan ini termasuk Filipina, Jepang, Vietnam dan Hong Kong, dengan nama Queer Asia.

Produksi musim kedua Queer Taiwan akan dimulai pada bulan April sambil mencari dukungan dana masyarakat melalui penggalangan dana secara online untuk membantu membiayai proyek yang penting bagi komunitas LGBT di Asia.

Queer Taiwan episode pertama telah dirilis pada tanggal 12 Januari lalu di website GagaOOLala dan halaman Facebook-nya.

Musim pertama serial ini tersedia di Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam. (R.A.W)

Sumber:

GSN

GagaOOLala