Search
Close this search box.

6 Buku Untuk Dibaca Pada LGBT History Month

SuaraKita.org – Bulan Oktober diperingati sebagai LGBT History Month, sebuah waktu untuk merenungkan sejarah dalam masyarakat dan menghormati mereka yang tanpa lelah berjuang untuk kesetaraan – dan terus melakukannya. Berikut adalah 6 buku yang bisa membantu pembaca menjelaskan momen penting dalam sejarah masyarakat LGBT.

“THE GAY REVOLUTION” oleh Lillian Faderman

Pengantar yang mendalam tentang sejarah pergerakan hak-hak sipil gay dan lesbian, buku ini mencatat perjuangan awal individu LGBT dari tahun 1950 sampai sekarang dengan menggunakan kompilasi wawancara dengan politisi, pejabat militer dan anggota masyarakat.

“AND THE BAND PLAYED ON” oleh Randy Shilts

Perpaduan antara pelaporan investigasi dan pengisahan cerita yang hidup, Tulisan ini mengisahkan awal munculnya epidemi AIDS dengan menggunakan narasi dokter yang berada di garis depan dalam menghadapi wabah, politisi dan ilmuwan yang mengabaikannya, serta orang-orang yang menjadi korban oleh kelalaian pemerintah .

“THE CELLULOID CLOSET” oleh Vito Russo

Diterbitkan pada tahun 1987, analisis Vito Russo mengenai penggambaran homoseksualitas dalam film telah meletakkan dasar bagi bagaimana kita mengevaluasi representasi LGBT dalam film hari ini dan telah mendukung argumen bahwa representasi penting.


“SISTER OUTSIDER” oleh Audre Lorde

Perayaan intersectionality, penyair lesbian hitam dan feminis Audre Lorde menganalisis adanya ageisme, sexisme, rasisme, classisme dan homophobia dalam hidupnya sendiri melalui kumpulan esai dan pidato.

“TRANSGENDER WARRIORS” oleh Leslie Feinberg

Dalam buku ini, Leslie Feinberg mempelajari sejarah untuk mengungkapkan kemungkinan adanya individu gender-nonconforming dan transgender yang dicatat dalam sejarah tradisional tetapi sering diabaikan atau disalahpahami.

“HOW TO SURVIVE A PLAGUE” oleh David France

Terinspirasi oleh film dokumenter 2012 dengan judul yang sama, “How to Survive a Plague” menceritakan kembali bagaimana beberapa orang aktivis yang diasingkan dan individu yang terinfeksi AIDS dalam melakukan penelitian terhadap AIDS dan kemungkinan penyembuhannya dalam upaya untuk menyelamatkan kehidupan mereka sendiri dan orang-orang yang mereka cintai. (R.A.W)