Search
Close this search box.

[Resensi] Delhi: Communities of Belonging, Potret Kehidupan LGBT di Delhi

Judul : Delhi: Communities of Belonging

Teks : Sunil Gupta dan Charan Singh

Penerbit : The New Press 2016, 136 halaman

ISBN 1620972654 (ISBN13: 9781620972656)

SuaraKita.org – Fotografer India Sunil Gupta dan Charan Singh telah memberikan gambaran langka tentang kehidupan masyarakat LGBT di ibu kota India dalam photobook mereka yang berjudul, Delhi: Communities of Belonging.

Populasi LGBT kota berjalan secara sembunyi-sembunyi, namun internet telah mengubah cara komunitas  LGBT berinteraksi satu sama lain. Tempat-tempat yang biasanya digunakan untuk mejeng mulai  ditinggalkan karena alasan kenyamanan dan keamanan. Generasi muda yang melek internet selalu menemukan cara untuk bersosialisasi dengan sesama LGBT  di India.

India memiliki komunitas LGBT yang aktif. Dalam pendahuluan buku tersebut, ilmuwan India Saleem Kidwai yang mempelajari kehidupan LGBT mencatat bahwa homoseksualitas diterima di zaman Mughal, namun “nilai-nilai Kristen Victoria” yang diberlakukan selama pemerintahan kolonial membuat homoseksualitas menjadi tabu di tahun 1800an.

Buku Delhi: Communities of Belonging menawarkan rangkaian foto dokumenter yang penuh warna dan menawarkan potret kehidupan orang LGBT yang belum pernah terjadi sebelumnya di India. Berfokus pada Delhi, fotografer Sunil Gupta dan Charan Singh menceritakan orang-orang yang hidup di bawah bayang-bayang stigma dan tindak kriminal yang masih terjadi di negara ini.

Foto-foto dalam buku ini mencerminkan kemampuan fotografer untuk memasuki kehidupan yang jarang terlihat. Pembaca diundang ke dalam rutinitas harian, pekerjaan, rumah, dan kehidupan intim orang-orang dari berbagai latar belakang – mulai dari profesional perkotaan sampai pekerja harian. Dokumentasi yang menangkap secara visual menjadi titik awal pembaca untuk memahami perjuangan mendalam untuk mendapatkan pengakuan dari komunitas LGBT India. (R.A.W)