Search
Close this search box.

Webseries Kisah Carlo

Oleh: Ferena Debineva, S.Psi*

avatar0D5CXO72Suarakita.org – Kisah Carlo bercerita mengenai sebuah ruangan di rumah sakit, yaitu Ruang Carlo, pusat pelayanan dan pengobatan bagi penderita HIV/AIDS di rumah sakit St. Carolus, Jakarta. Kisah ini dibuat untuk kepentingan non-komersil dalam rangka menyebarkan kepedulian, kewaspadaan, dan edukasi terhadap penyakit HIV/AIDS kepada masyarakat melalui media elektronik. Episode pertamanya yang berjudul Pilot, sudah diluncurkan bertepatan dengan hari AIDS Sedunia, tanggal 1 Desember 2015 lalu. Kisah Carlo ini berupaya menggambarkan dinamika kehidupan orang-orang yang hadir: dokter, perawat, biarawati, konselor, pasien, rekan, dan keluarga ketika bersinggungan dengan isu HIV/AIDS.

Pemutaran episode 1 dan 2 webseries pada hari Sabtu, 5 Desember 2015 di Ruang F.202 Gedung FISIP UI ini dihadiri oleh Kyo Hartato sebagai Produser, Andri Cung sebagai Sutradara dan Putri Ayudya sebagai pemain. Setelah membaca cerita-cerita pasien yang menuliskan kisah hidupnya, Andri Cung mengubahnya menjadi sebuah webseries yang saling berkesinambungan. Alasan Andri Cung menjadikan kumpulan cerita ini menjadi webseries berdurasi 10-20 menit per episode adalah untuk menjangkau audiens yang lebih besar. Ternyata memang membuahkan hasil, episode pertama webseries ini ditonton oleh lebih dari 10.000 penonton dalam jangka waktu 1 minggu.Webseries ini dibuat untuk kepentingan non-komersil dalam rangka menyebarkan kepedulian, kewaspadaan dan edukasi terhadap penyakit HIV/AIDS bagi masyarakat melalui media elektronik. Tiap episode berdurasi 10-20 menit dan dirilis setiap dua minggu sekali di Youtube mulai 1 December 2015.

Kisah Carlo jauh dari kesan menggurui. Pun kisah ini tidak seperti iklan layanan masyarakat yang kerap dibumbui stigma dan berkesan ‘menakut-nakuti’. Dibasut secara professional, Webseries ini dibuat untuk kepentingan non-komersil dalam rangka menyebarkan kepedulian, kewaspadaan dan edukasi terhadap penyakit HIV/AIDS bagi masyarakat melalui media elektronikkisah Carlo mampu mengambarkan banyak sisi kehidupan tokohnya dengan ringan, dinamis, dan begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari, namun tidak mengurangi esensi dari edukasi itu sendiri. Webseries yang diperkirakan berakhir pada bulan April ini menjadi salah satu webseries yang patut ditunggu dan disebarluaskan. Penasaran dengan lanjutan kisahnya? Yuk, nonton kisah Carlo di www.youtube.com/kisahcarlo

Webseries ini dibuat untuk kepentingan non-komersil dalam rangka menyebarkan kepedulian, kewaspadaan dan edukasi terhadap penyakit HIV/AIDS bagi masyarakat melalui media elektronik.

 

Presented by Good Sheep Production & Kinekuma Pictures

In Association with Pelayanan Kesehatan St. Carolus & Ruang Carlo

Created by Andri Cung

Directed by Andri Cung & Paul Agusta

Produced by Kyo Hayanto

 

Starring:

Jajang C. Noer, Gesatta Stella, Putri Ayudya, Dayu Wijanto, Natalius Chendana, Chicco Kurniawan, Ina Panggabean, William Tjokro, Paul Agusta, Marissa Anita, Iriana Chiu, Emil Kusumo, Rangga Djoned, Violeta Mongi, Fadlyan Makmun.

 

* Penulis adalah pendiri dan Ketua SGRC (Support Group and Resource Center), Studi Seksualitas, UI