Search
Close this search box.

Ayo, Terlibat Aktif Dalam Peringatan Melawan Homophobia-Transphobia 2014

1Suarakita.org-Peringatan hari melawan kebencian pada homoseksual yang disebut dengan International DayAgaints Homophobia-Transphobia (IDAHOT) jatuh setiap tanggal 17 Mei. Tanggal 17 Mei dipilih, untuk mengingatkan pada keputusan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) karena tanggal 17 Mei 1990 secara resmi mengeluarkan homoseksual-transgender sebagai gangguan kejiwaan (bukan penyakit).

 Putusan itu berdasarkan putusan dari Asosiasi Psikologi/Psikiatri di seluruh dunia, yang sudah mengeluarkan homoseksual maupun transgender sebagai gangguan kejiwaan. Sedangkan di Indonesia melalui Pedoman Penggolongan Diagnosa Gangguan Jiwa (PPDGJ) III tahun 1993, Kementerian Kesehatan RI juga sudah mengeluarkan homoseksual sebagai gangguan kejiwaan.

Moment itulah yang kemudian pada tanggal 26-29 Juli 2006 dalam sebuah konferensi International di Montreal-Kanada tentang seksualitas untuk memutuskan 17 Mei diperingati sebagai hari melawan Homophobia-Transphobia di seluruh dunia.

Homophobia-Transphobia adalah suatu sikap atau tindakan yang takut atau memberikan label negatif kepada individu maupun kelompok atas dasar orientasi seksual dan identitas gender seseorang seperti homoseksual (gay,lesbian), biseksual maupun transgender. Tindakan Homophobia-transphobia juga dapat dituangkan dalam bentuk kata, kalimat, media maupun cara berpikir.

Perkumpulan Suara Kita, sebagai organisasi yang berjuang untuk hak-hak LGBT di Indonesia mengajak semua pihak, baik individu maupun komunitas untuk bersama-sama memperingati IDAHOT 2014 dari tanggal 8 – 22 Mei 2014. Berbagai kegiatan dapat teman-teman lakukan bersama-sama, diskusi, kuliah umum, teater, sastra, dance,foto maupun bentuk-bentuk lainnya.

A. Tujuan            

Tujuan kegiatan ini adalah :

1. Membangun kesadaran publik tentang isu keberagaman gender dan orientasi seksual

2.Membangun jaringan antar pihak, aktivis, kelompok minoritas, akademisi, mahasiswa dan negara.

3. Menguatkan dan mendorong kelompok transgender-transeksual-homoseksual untuk berperan aktif dalam penegakan hak asasi manusia di Indonesia

B. Proses Kegiatan

Adapun proses peringatan IDAHOT 2014 yang Suara Kita menawarkan kegiatan bersama, dengan proses seperti ini :

1. Rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh teman-teman dapat dikirimkan melalui email Suara Kita; ourvoice.lgbtiq@gmail.com paling lambat 30 April 2014, yang mencakup informasi tentang tanggal, jam, tempat dan bentuk kegiatan.

2. Masing-masing komunitas ataupun organisasi selain mengirimkan jadwal juga dapat mengirimkan nama dan logo komunitas/lembaga, alamat dan keterangan singkat komunitas/lembaga ke email di point 1.

3. Semua kegiatan IDAHOT 2014 yang akan direncanakan oleh teman-teman, kita jadikan agenda bersama di Indonesia. Suara Kita akan membantu mengumpulkan agenda tersebut dengan tajuk “Jadwal Agenda Bersama IDAHOT 2014 di Indonesia” dalam bentuk E-Book (Indonesia dan Inggris) yang didalamnya ada identitas masing-masing komunitas/lembaga.

4. Perpustakaan Suara Kita mempunyai beberapa koleksi film, buku, makalah tentang isu LGBT yang dapat menjadi menjadi salah satu alternative untuk kegiatan di peringatan IDAHOT 2014. Resensi dan sinopsis film, makalah buku yang tersedia di perpustakaan Suara Kita dapat dilihat dibawah tulisan ini, jika berkenan dapat hubungi kami melalui email diatas dan kami akan mengirimkan materinya. Biaya buku atau USB (film) akan ditanggung teman-teman sendiri, Suara Kita hanya menanggung biaya pengiriman atau fotocopy makalah jika dibutuhkan.

5. Semua rencana kegiatan yang akan dilaksanakan, diwajibkan teman-teman membuat liputan/ringkasan/laporan singkat (5W,1H) yang dapat berupa video, foto-tulisan dan dikirimkan ke email Suara Kita atau dapat juga diupload di media teman-teman sendiri (website,facebook atau blog komunitas).

6. Suara Kita akan membantu mengumpulkan semua dokumen laporan kegiatan dan menjadikan dalam bentuk proseding “Kegiatan IDAHOT 2014 di Indonesia” yang akan dijadikan dalam bentuk E-book (Inggris dan Indonesia).

7. Semua kegiatan ini menjadi kegiatan bersama, tidak ada satu lembagapun yang memposisi lebih “istimewa” dari lainnya, termasuk semua identitas lembaga akan ditampilkan dalam lampiran buku jadwal kegiatan maupun proseding kegiatan yang akan menjadi milik bersama.

C. Waktu dan Pelaksanaan Kegiatan IDAHOT 2014

Dari tanggal 8 – 22 Mei 2014

Kontak person yang bisa dihubungi adalah  Suara Kita dan Yatna Pelangi dengan alamat email : ourvoice.lgbtiq@gmail.com atau yatna.ksp@gmail.com

Demikianlah informasi ini kami sampaikan atas keinginan dan keterlibatannya kami ucapakan banyak terima kasih.

Katalog film, buku dan makalah klik : [gview file=”http://suarakita.org/wp-content/uploads/2014/04/Rencana-program-IDAHO-email.pdf”]

Atau klik  Ayo, Terlibat Aktif Dalam Peringatan Melawan Homophobia-Transphobia 2014

Salam Keberagaman

suarakita.org