Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Menanggapi kritik internasional mengenai kebijakan dan undang-undang anti-LGBT di negara tersebut, Qatar telah mengumumkan penangguhan hukuman untuk pelanggaran ringan dari undang-undang diskriminatifnya sementara para pemain sepak bola berencana untuk mengenakan gelang anti-diskriminasi sebagai protes terhadap undang-undang yang merugikan tersebut.

Mark Bullingham, kepala eksekutif Asosiasi Sepak Bola, mengatakan bahwa sementara Qatar tidak akan mengubah undang-undang anti-LGBT mereka, negara itu akan melonggarkannya selama Piala Dunia dengan mengizinkan pasangan sesama jenis untuk berpegangan tangan dan membawa bendera pelangi ke dalam stadion, selama mereka tidak melakukannya di masjid.

“Kami benar-benar telah menanyakan pertanyaan itu kepada otoritas Qatar selama enam bulan terakhir,” kata Mark Bullingham. “Tetapi undang-undang yang Anda maksud sebenarnya ditangguhkan untuk jangka waktu tertentu sebelum Piala Dunia, jadi tindakan yang Anda maksudkan tidak ilegal.”

Mark Bullingham mengatakan bahwa Qatar akan membiarkan “pelanggaran kecil” ini tidak dihukum selama mereka menghormati budaya lokal, karena Asosiasi Sepak Bola dan pemerintah Qatar berusaha meyakinkan penggemar LGBT bahwa mereka dapat melakukan perjalanan ke negara itu tanpa rasa takut.

“Pesan yang kami terima dari Qatar secara keseluruhan adalah bahwa semua orang diterima dan komunitas tersebut benar-benar diterima. Namun yang membuat mereka sedikit frustrasi adalah bahwa mereka telah mengajukan beberapa pertanyaan lanjutan tapi tidak mendapat jawaban, ”kata Mark Bullingham.

Menanggapi undang-undang ini, beberapa klub sepak bola yang berpartisipasi di Piala Dunia menekan FIFA untuk mengizinkan kapten tim dan pemain untuk memakai pita lengan dengan hati warna pelangi sebagai cara kampanye melawan diskriminasi.

Asosiasi sepak bola yang ikut masuk dalam kampanye “OneLove” untuk hak asasi manusia, adalah Jerman, Prancis, Belgia, dan Denmark, dengan salah satu negara abstain, Polandia, lebih memilih untuk memakai pita lengan dengan warna Ukraina.

“Permintaan kepada FIFA juga telah diajukan untuk meminta izin diberikan untuk pita lengan yang akan dipakai sepanjang Piala Dunia FIFA,” kata federasi sepak bola Wales.

“Bersama-sama mengenakan pita atas nama tim, kami akan mengirimkan pesan yang jelas ketika dunia menyaksikan,” kata kapten Inggris Harry Kane.

FIFA, yang belum mengomentari gerakan oleh beberapa asosiasi sepak bola mengenai pita lengan, melarang “tim membawa desain pita lengan mereka sendiri” karena mereka menolak desain yang telah disetujui sebelumnya selama pertandingan. (R.A.W)

Sumber:

LT