Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Sekelompok 38 ahli medis dan profesional kesehatan olahraga terkemuka telah menandatangani pernyataan yang menyatakan bahwa kerangka IOC (International Olympic Committee/Komite Olimpiade Internasional) untuk partisipasi transgender mengancam akan merusak integritas olahraga.

Position Paper dari individu yang terkait dengan Federasi Internasional Kedokteran Olahraga dan Federasi Asosiasi Kedokteran Olahraga Eropa memperingatkan bahwa pedoman baru tentang identitas gender dan variasi jenis kelamin tidak ‘berbasis ilmiah atau medis’ dan tidak adil bagi atlet perempuan. 

Dapat dipahami bahwa Position Paper tersebut mengkritik kerangka kerja, yang diterbitkan Komite Olimpiade Internasional pada bulan November, karena tidak memprioritaskan keselamatan perempuan yang berkompetisi dalam olahraga elit dan memperingatkan bahwa hal itu dapat menyebabkan atlet ‘mengidentifikasi diri’ ke dalam pilihan kategori gender mereka.

Laurel Hubbard dari Selandia Baru, yang merupakan transgender, berkompetisi di Olimpiade Tokyo pada tahun 2021

Position Paper tersebut lebih lanjut berpendapat bahwa pedoman tersebut dapat menyebabkan atlet trans dan atlet dengan perbedaan perkembangan seksual (DSD) dikeluarkan dari olahraga tanpa pembenaran yang masuk akal.

Penulisnya termasuk kepala departemen medis Atletik Dunia, direktur medis dari organisasi internasional olahraga sepeda, UCI dan ketua komisi kedokteran World Rowing, serta para ahli medis yang bekerja dengan World Triathlon, Komite Paralimpik Internasional, dan World Netball. Dua anggota komisi medis dan ilmiah IOC juga telah menulisnya.

Juga dipahami bahwa penulis merasa IOC salah mengabaikan keahlian medis dan ilmiah dan berfokus pada masukan dari lobi hak asasi manusia ketika berkonsultasi dengan berbagai pemangku kepentingan sebelum menyusun ulang pedoman. Pakar hak asasi manusia membantah keras pernyataan itu ketika didekati oleh surat kabar ini.

Profesor Jurgen Steinacker, ketua Komisi Kedokteran Olahraga Dayung Dunia, adalah salah satu penulis Position Paper tersebut. Profesor Jurgen Steinacker mengatakan kepada bahwa pedoman IOC berprasangka buruk terhadap atlet perempuan cisgender dalam olahraga elit.

‘Benar bahwa hanya adil kepada atlet transgender karena menghormati pilihan mereka untuk berkompetisi dengan perempuan cisgender tetapi keadilan selalu dua arah dan satu kelompok tidak dapat memutuskan apa yang adil untuk yang lain. Dalam hal ini, saya pikir apa yang mereka lakukan tidak adil pada perempuan,’ kata Profesor Jurgen Steinacker.

‘Olahraga itu inklusif tetapi inklusif sampai memenangkan medali. Jika Anda ingin berkompetisi sebagai perempuan dalam olahraga, Anda menghadapi kerugian biologis dibandingkan dengan lelaki cisgender yang harus dikurangi. Kita perlu menetapkan batas yang menghormati hak perempuan untuk berkompetisi secara setara. Jika Anda membuat definisi gender yang didasarkan pada perbedaan sosial daripada biologis, maka Anda secara efektif menghancurkan kategori perempuan.’

Pembalap BMX Chelsea Wolfe menjadi atlet transgender pertama yang mendapatkan tempat di tim Olimpiade Amerika Serikat.

Pedoman IOC sebelumnya, yang diterbitkan pada tahun 2015, menetapkan bahwa atlet trans harus diizinkan untuk berkompetisi dalam kategori perempuan hanya jika produksi testosteron mereka ditekan hingga di bawah 10 nanomol per liter selama 12 bulan sebelum kompetisi. Banyak penulis Position Paper adalah bagian dari konsultasi yang mengarah pada kerangka kerja ini. Dunia Dayung dan Atletik Dunia saat ini menggunakan batas lima nanomol per liter.

Kumpulan pedoman baru diterbitkan pada November 2020 dan berjudul ‘Kerangka tentang keadilan, inklusi, dan non-diskriminasi berdasarkan identitas gender dan variasi jenis kelamin’. IOC mengatakan mereka diproduksi setelah proses konsultasi dua tahun dengan ‘lebih dari 250 atlet dan pemangku kepentingan terkait’.

“Ini termasuk anggota komunitas atlet, federasi internasional dan organisasi olahraga lainnya, serta ahli hak asasi manusia, hukum dan medis,” bunyi pernyataan IOC.

Kerangka kerja ini menghapus batas yang ditentukan pada produksi testosteron dan sebaliknya mengatakan bahwa federasi olahraga individu harus memutuskan kriteria kelayakan mereka. Ia menambahkan bahwa seharusnya ‘tidak ada anggapan keuntungan kompetitif’ di pihak seorang perempuan transgender yang telah mengalami pubertas lelaki.

Richard Budgett, direktur medis IOC, mengatakan: “Apa yang kami katakan sekarang adalah Anda tidak perlu menggunakan testosteron sama sekali. Namun pedoman ini bukanlah aturan yang mutlak. Jadi kita tidak bisa mengatakan bahwa kerangka dalam olahraga tertentu sebenarnya salah. Mereka perlu memperbaikinya untuk olahraga mereka dan kerangka kerja ini memberi mereka sebuah proses di mana mereka dapat melakukannya, berpikir tentang inklusi dan kemudian melihat apa yang menghasilkan keuntungan yang tidak proporsional.’

Position Paper berpendapat bahwa federasi olahraga individu yang termasuk dalam payung Olimpiade – terutama yang mewakili olahraga kecil – tidak memiliki sumber daya untuk menyelidiki dan menetapkan kriteria kelayakan dengan benar. Sebaliknya, para penulisnya merasa adalah tanggung jawab IOC untuk merekomendasikan kriteria yang lebih tepat yang mempertimbangkan, seperti yang mereka katakan, keunggulan kompetitif yang terbukti secara ilmiah dinikmati oleh seorang atlet yang telah mengalami pubertas lelaki.

Pada kasus yang paling ekstrim, Position Paper mengusulkan, kerangka IOC dapat membahayakan keselamatan fisik perempuan cisgender dalam olahraga seperti rugby dengan mengizinkan atlet untuk mengidentifikasi diri ke dalam jenis kelamin pilihan mereka.

Para penulis juga berpendapat bahwa pedoman tersebut dapat menyebabkan atlet transgender secara sewenang-wenang dikeluarkan dari olahraga karena, sebagaimana adanya, tidak ada dasar yang jelas untuk memasukkan mereka.

Kerangka kerja IOC juga berlaku untuk atlet DSD seperti Caster Semenya. Para ahli di bidang ilmu kedokteran dan hak asasi manusia telah mengakui kekesalan mereka kepada surat kabar ini bahwa satu set pedoman IOC berlaku untuk komunitas transgender dan DSD, meskipun ada perbedaan yang jelas. Position Paper ‘mengungkapkan simpati’ dengan masalah ini.

Gagasan-gagasan yang diajukan telah memancing tanggapan keras dari para pakar hak asasi manusia. Profesor Roger Pielke Jr, pakar kebijakan olahraga yang berbasis di Colorado, berpendapat bahwa kesimpulan Position Paper hanya akan mendorong prasangka terhadap atlet transgender dan DSD.

‘Kasus yang dibuat adalah untuk kembali ke era diskriminasi dan eksklusi yang dibenarkan oleh “sains” — akan jauh lebih produktif untuk bekerja dalam Kerangka IOC yang sangat fleksibel jika dibaca dengan adil,’ katanya.

Seorang ahli hak asasi manusia yang terlibat dalam proses konsultasi IOC mengatakan: ‘Kerangka IOC mendorong IF untuk mempraktikkan tata kelola olahraga yang bertanggung jawab berdasarkan prinsip-prinsip tertentu yang bertentangan dengan pengecualian sewenang-wenang atau intervensi medis sewenang-wenang berdasarkan penelitian ilmiah yang tidak memadai.’

Dr Alun Williams, sementara itu, seorang ilmuwan olahraga di Institut Olahraga Universitas Metropolitan Manchester, setuju dengan kesimpulan dari Position Paper yang secara efektif mengatakan lebih banyak penelitian diperlukan tentang keunggulan kompetitif melalui pubertas lelaki sebelum rekomendasi yang memadai dapat diselesaikan.

‘Solusi sederhana tidak ada atau kami sudah menemukannya, tetapi mereka harus mempertimbangkan masalah ilmiah/medis dan moral dan entah bagaimana menyeimbangkannya,’ kata Dr Alun Williams. (R.A.W)

Sumber:

daily mail