Search
Close this search box.

Piala Dunia FIFA © Getty Images

SuaraKita.org – Sebuah pertemuan antara penyelenggara Piala Dunia FIFA Qatar 2022™ dan organisasi terkemuka di bidang keberagaman meletakkan dasar bagi proses keterlibatan terstruktur pada inklusi dan anti-diskriminasi, yang dimaksudkan untuk menginformasikan dan lebih memperkuat langkah-langkah yang diambil oleh penyelenggara turnamen untuk memastikan turnamen yang sepenuhnya inklusif.

Selama pertemuan pertama ini, Kelompok Pemangku Kepentingan Inti tentang Inklusi dan Anti-Diskriminasi diberikan gambaran umum tentang Strategi Keberlanjutan acara dan serangkaian inisiatif yang dilaksanakan, dan anggota kelompok berbagi refleksi dan rekomendasi awal mereka dalam hal itu.

Di antara inisiatif yang dibahas adalah pelatihan anti-diskriminasi bagi personel yang terlibat dalam penyelenggaraan turnamen, penerapan langkah-langkah di dalam stadion untuk mendeteksi dan menangani insiden diskriminatif, langkah-langkah yang diambil untuk memastikan pengalaman turnamen yang dapat diakses, dan pembentukan dan penyampaian mekanisme pengaduan hak asasi manusia. .

“Piala Dunia FIFA menyambut dan inklusif untuk semua orang – untuk orang-orang dari semua ras, budaya, agama, jenis kelamin, orientasi seksual, disabilitas, dan kelompok beragam lainnya. Kami tahu bahwa kami hanya dapat berhasil dalam misi kami untuk memastikan turnamen yang sepenuhnya inklusif jika kami mendengarkan dan bekerja dengan pemangku kepentingan utama yang mewakili komunitas yang beragam yang akan mendapat manfaat dari langkah-langkah ini dan dengan mengintegrasikan perspektif dan keahlian mereka ke dalam pekerjaan kami, ”kata Joyce Cook, Kepala Tanggung Jawab Sosial & Pejabat Pendidikan FIFA. “Pertemuan ini merupakan langkah kunci dalam hal itu, dan kami sangat menghargai komitmen kelompok untuk menemani kami dalam perjalanan ini.”

Para peserta grup mencakup bidang-bidang utama seperti kesetaraan gender dan ras, LGBTIQ+ dan inklusi disabilitas, dan organisasi-organisasi yang terlibat antara lain seperti jaringan Fare, Football Supporters Europe (FSE), ILGA World, Center for Sport and Human Rights, dan Center for Akses ke Football in Europe (CAFE). Melalui proses payung, FIFA, bekerja sama dengan anak perusahaan patungan dan mitra lokalnya, akan memberi para pemangku kepentingan utama pembaruan rutin dan mempromosikan pertukaran, serta mengatasi masalah yang diangkat oleh para ahli dan konstituen mereka.

Pertemuan ini mengikuti pertukaran lain yang diadakan minggu lalu oleh FIFA dengan kelompok luas yang dipimpin oleh LGBTIQ+ dan organisasi sekutu dari banyak negara dan beroperasi di tingkat lokal, regional dan internasional dan dikumpulkan oleh jaringan Fare (R.A.W)

Sumber:

FIFA