Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Aktivis Hugh Murphy telah merilis ‘Trans and Proud: LGBT rights in Ireland’, sebuah film dokumenter pendek sebagai bagian dari kampanye This Is Me. Film pendek ini sebagian besar merupakan wawancara dengan aktivis trans Noah Halpin dan menarik perhatian pada seberapa adil hak LGBT di Irlandia, terlebih lagi apa yang masih perlu dilakukan untuk menjamin perubahan yang diperlukan dibuat.

Pertama-tama, Hugh menanyakan Noah tentang bagaimana Irlandia sebagai sebuah negara dalam kaitannya dengan hak trans. Noah menjelaskan bahwa meskipun secara sosial Irlandia secara keseluruhan cukup menerima dan terbuka untuk transgender dibandingkan dengan negara lain, khususnya Inggris, ia mengatakan bahwa perawatan kesehatan dan akses ke perawatan kesehatan adalah area yang paling membutuhkan perbaikan di Irlandia dalam hal hak transgender. .

Noah kemudian menjelaskan secara rinci tentang proses panjang dan sulit yang harus dilalui oleh para transgender bahkan untuk mendapatkan resep hormon, menjelaskan bahwa karena daftar tunggu yang ekstrim dan perilaku yang tidak tepat dari layanan gender nasional, hal itu dapat memakan waktu sekitar tiga tahun bagi seseorang untuk diberi resep hormon, dan itu jika semuanya berjalan lancar. Namun, Noah menjelaskan bahwa Anda dapat ditunda karena banyak alasan atau bahkan penolakan layanan, menggambarkannya sebagai “tim psikiatri di layanan gender nasional bermain dewa dengan perawatan kesehatan masyarakat.”

Wawancara berlanjut dan pasangan mendiskusikan semua kemajuan yang telah dibuat adil untuk komunitas LGBT di Irlandia secara keseluruhan, tetapi lebih khusus lagi dalam hal individu trans dan gender yang tidak sesuai. Sementara Noah dan aktivis lainnya telah membuat lompatan besar, bahkan bekerja dengan mantan Menteri Kesehatan Simon Harris yang menurut Noah “sangat menerima” keprihatinan yang diangkat oleh kelompok dan bahkan menawarkan Noah posisi sebagai anggota komite, yang mana dia menerimanya.

Sayangnya, meskipun komite telah dibentuk dan diselesaikan setelah berbulan-bulan bekerja, COVID-19 mengatakan proses akan dihentikan pada bulan Maret dan belum ada perubahan yang dibahas hingga saat ini. 

Kesulitannya sekarang adalah bahwa Menteri Kesehatan Stephen Donnelly saat ini tidak menerima seperti Simon Harris. Sejak pembuatan video, kelompok tersebut telah menghubungi Menteri Stephen Donnelly  namun belum mendapat tanggapan.

Video diakhiri dengan Noah menjanjikan kepada kaum muda Irlandia bahwa kampanye This Is Me akan melanjutkan pertarungan:

“Kami tidak akan pernah membiarkan bahwa tidak ada akses untuk orang-orang, dan saya berjanji itu. Kami tidak akan pernah membiarkan hal itu terjadi bahwa orang tidak akan punya tempat untuk pergi. Kami akan terus mencoba dan mengembangkan layanan untuk HRT, menempatkan mereka di luar satu lokasi terpusat ini, menempatkan mereka ke dalam komunitas, kami tidak perlu berada di rumah sakit untuk sesuatu yang diberikan oleh dokter kepada orang-orang cisgender setiap hari. ” (R.A.W)

Sumber:

GCN