Search
Close this search box.

Bongkar Rezim Homofobik Qatar di Piala Dunia 2022 Sekarang

Oleh: Benjamin Weinthal

SuaraKita.org – Tidak ada kekurangan alasan kuat untuk memindahkan Piala Dunia FIFA 2022 dari negara Teluk kecil Qatar ke negara tuan rumah lainnya.

Argumen yang sering dikutip berkisar dari Qatar menyuap anggota komite eksekutif Federasi Sepak Bola Internasional untuk memenangkan kompetisi bergengsi, menurut  sumber termasuk Departemen Kehakiman Amerika, hingga hawa panas berlebih di negara itu yang akan mengganggu kondisi permainan hingga kurangnya kontrol atas COVID. -19 di negara Teluk.

Alasan paling mendesak untuk menghentikan sepak bola Piala Dunia di Qatar, bagaimanapun, adalah hukum homofobik mematikan dari rezim Islam yang menargetkan aktivitas seksual gay dan lesbian. Undang-undang Qatar juga menyatakan bahwa orang dapat ditahan karena “memimpin, menghasut, atau merayu lelaki dengan cara apa pun untuk melakukan sodomi.” Sudah lama asosiasi olahraga elit berhenti memberi penghargaan kepada negara-negara yang mengkriminalisasi homoseksualitas.

Bagaimanapun, dunia olahraga, termasuk dalam Piagam Olimpiade, telah menjunjung tinggi hak asasi manusia sebagai prinsip yang menjiwai para atlet.

Tetapi ketua tim penawar Piala Dunia 2022, Hassan al-Thawadi, telah menetapkan, sebagai syarat untuk menghadiri kejuaraan sepak bola, persyaratan bahwa tidak ada yang boleh menunjukkan kasih sayang sesama jenis di depan umum. Dia membela undang-undang anti-gay rezimnya sebagai tanggapan atas seorang lelaki gay yang bertanya apakah dia akan diterima di Qatar.

Presiden FIFA saat itu Sepp Blatter,  berbicara tentang pemilihan Qatar dalam komentar pada tahun 2010,  melangkah lebih jauh dengan mengatakan bahwa individu gay harus “menahan diri dari aktivitas seksual” jika mereka pergi ke Qatar, karena homoseksualitas adalah ilegal di negara Teluk. Dia kemudian mengeluarkan permintaan maaf.

“Itu bukan niat saya dan tidak akan pernah menjadi niat saya untuk melakukan diskriminasi,”  katanya.

Tapi Sepp Blatter terlanjur berujar dan kerusakan telah terjadi.

Sepp Blatter kemudian dikeluarkan dari jabatannya,  menghadapi proses pidana terkait “salah urus  … dan penyelewengan.”

Rasha Younes, peneliti Human Rights Watch Program Hak Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender, dengan rapi menangkap sifat berbahaya dari tanggapan Qatar terhadap keluhan tentang sikap anti-LGBT-nya. Ketika monarki menyatakan bahwa “semua orang diterima,” kata Rasha Younes, “keputusan untuk sementara waktu menangguhkan norma-norma lokal memiliki efek paradoks dalam memperkuat gagasan bahwa hasrat sesama jenis dan perbedaan gender adalah kebiasaan dari orang luar.”

Dan terlepas dari desakan Qatar bahwa “semua orang disambut baik” di Piala Dunia 2022, itu  tidak pernah menjadi sikap Negara Teluk terhadap pengunjung asing. Pada tahun 1996, menurut laporan hak asasi manusia Departemen Luar Negeri Amerika, seorang warga Amerika di sana dijatuhi hukuman 90 cambukan dan hukuman penjara enam bulan karena “aktivitas homoseksual”. Tahun berikutnya, rezim Qatar mendeportasi 36 pekerja gay Filipina.

November lalu,  situs perjalanan Asher & Lyric menulis  bahwa Qatar adalah negara paling berbahaya kedua bagi komunitas LGBT. Daftar 10 teratas negara paling berbahaya bagi turis LGBT juga termasuk Republik Islam Iran, Nigeria, Kerajaan Arab Saudi, dan Yaman.

Asher & Lyric menggunakan faktor-faktor berikut untuk menilai bahaya di masing-masing negara: kriminalisasi hubungan seksual LGBT, status hak pernikahan sesama jenis, adanya perlindungan pekerja LGBT, perlindungan hukum terhadap diskriminasi anti-LGBT, kriminalisasi berbasis kebencian kekerasan, pengakuan adopsi, hubungan dan tindakan LGBT ilegal, dan undang-undang propaganda / moralitas.

Sayangnya, FIFA bukan satu-satunya lembaga kelas dunia yang menyebabkan timbulnya homofobia Qatar.

Februari lalu, Universitas Northwestern, institusi yang sangat dihormati di Evanston, Illinois,  menyerah pada histeria anti-gay di negara Teluk  dan membatalkan acara musik di kampus Qatar dengan penyanyi gay dari band rock indie Lebanon Mashrou ‘Leila .

Menulis di situs web Human Rights Watch pada bulan Juni, Rasha Younes, peneliti LGBT,  mencatat sehubungan dengan pembatalan band, “Ketika Qatar melukiskan hak LGBT sebagai agenda imperialis, itu membuat orang-orang LGBT enggan untuk berbicara menentang penindasan pemerintah karena takut akan dicap ‘pengkhianat’, seperti yang dikatakan oleh banyak LGBT Qatar kepada Human Rights Watch “

FIFA pasti tahu sebelum memberikan Piala Dunia ke Qatar bahwa rezim Doha menghukum tindakan homoseksual dengan satu hingga tiga tahun penjara, cambuk, atau eksekusi di bawah sistem hukum Syariah Islam.

Yang memperburuk keadaan, Qatar melanjutkan homofobia yang disponsori negara tanpa henti. Gengsi dianugerahi kompetisi sepak bola dunia paling penting tidak memengaruhi perubahan perilaku anti-gay Qatar.

The Middle East Media Research Institute (MEMRI), sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Washington yang memantau media di dunia Arab dan Muslim, menerjemahkan artikel Juni yang sangat homofobik dari seorang penasihat media ke Kementerian Luar Negeri Qatar yang berpendapat bahwa homoseksualitas adalah dosa besar dan tidak wajar.

Dalam kecamannya terhadap kaum gay di Al Sharq, sebuah surat kabar harian pro-rezim yang berbasis di Doha,  jurnalis Qatar Na’ima ‘Abd al-Wahhab al-Mutawa’a menulis , “Masalah serius yang sudah dapat digambarkan sebagai sebuah fenomena, dan yang tidak bisa lagi kita diamkan, adalah sikap hangat yang terlihat di banyak jejaring sosial – terutama di Snapchat – terhadap homoseksualitas, yang menyimpang dari sifat yang Allah berikan kepada lelaki dan perempuan, dan terhadap fenomena yang kita lihat di masyarakat lelaki muda yang tampak seperti perempuan dan perempuan muda yang tampak seperti lelaki. “

Judul artikelnya adalah “Jauhkan Ide-Ide Menyimpang dari Anak-Anak Anda”.

Kebebasan media tidak ada di Qatar. Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani, mengontrol semua pers di monarki kaya minyak dan gas.

Menanggapi sosiolog anti-gay Qatar  Abd al-Aziz Khazraj al-Ansari yang menyalahkan  ledakan pelabuhan Beirut pada Agustus pada perempuan-perempuan Lebanon, kaum homoseksual, dan operasi plastik di negara Mediterania Timur, LGBT Inggris yang terkenal dan juru kampanye hak asasi manusia Peter Tatchell mengatakan kepada saya, “Mengenai masalah homoseksualitas, Abd al-Aziz Khazraj Ansari harus melihat ke halaman belakang rumahnya di Qatar, dimana homoseksualitas sama lazimnya seperti di Lebanon tetapi tersembunyi di balik topeng kemunafikan. Dan, tidak seperti Qatar yang rasis, kebanyakan orang Lebanon tidak memperlakukan pekerja migran seperti pekerja semi-budak. ”

Rezim Qatar, tentu saja, dalam keadaan menyangkal komunitas LGBT-nya. FIFA telah menghadiahkan homofobia reaksioner Qatar yang tidak dapat diperbaiki. Masih ada waktu bagi FIFA untuk merelokasi Piala Dunia ke negara yang tidak mengkriminalkan homoseksualitas. Jika turnamen berlangsung di negara Teluk, itu hanya akan memperkuat sistem homofobik mematikan Qatar. Inggris dan negara lain dapat dengan mudah menjadi tuan rumah turnamen. Waktunya sudah matang untuk memindahkan Piala Dunia. (R.A.W)

Benjamin Weinthal adalah peneliti di Yayasan non-partisan untuk Pertahanan Demokrasi. Ikuti Benjamin di Twitter @BenWeinthal

Sumber:

FDD .