Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Dua puluh lima tahun sejak diadopsinya Beijing Declaration and Platform for Action — sebuah peta jalan progresif untuk kesetaraan gender — inilah saatnya untuk mencatat kemajuan dan menjembatani kesenjangan yang masih ada melalui tindakan tegas.

Tema tahun ini untuk Hari Perempuan Internasional yang dirayakan setiap tanggal delapan Maret adalah, “Saya Generasi Kesetaraan: Mewujudkan Hak-Hak Perempuan” (I am Generation Equality: Realizing Women’s Rights).

Kampanye Generasi Kesetaraan  adalah menyatukan orang-orang dari setiap jenis kelamin, usia, etnis, ras, agama dan negara, untuk mendorong tindakan yang akan menciptakan dunia yang setara gender yang kita semua layak dapatkan.

Bersama-sama, kami ingin memobilisasi untuk mengakhiri kekerasan berbasis gender; kami menyerukan keadilan ekonomi dan hak untuk semua; otonomi tubuh, kesehatan dan hak seksual dan reproduksi; dan tindakan feminis untuk keadilan iklim. Kami menginginkan teknologi dan inovasi untuk kesetaraan gender; dan kepemimpinan feminis.

Tindakan kecil dapat memiliki dampak besar dalam mewujudkan visi ini. Pada Hari Perempuan Internasional, bergabunglah dengan #GenerationEquality dan menjadi bagian dari gerakan.

Dalam pernyataannya untuk Hari Perempuan Internasional, Direktur Eksekutif UN Women Phumzile Mlambo-Ngcuka menyoroti tahun 2020 sebagai tahun untuk kesetaraan gender dan menyerukan kepada semua orang untuk terus-menerus mengatasi hambatan terhadap kesetaraan gender.

Tindakan kecil, dampak besar

Dari pemogokan seks perempuan Liberia yang membuka jalan bagi perdamaian hingga “Hari Libur Perempuan” Islandia menuntut kesetaraan ekonomi terhadap dampak global dari gerakan #MeToo, sejarah telah mengajarkan kepada kita bahwa perubahan dapat terjadi melalui aktivisme kolektif. Generasi Kesetaraan memberi Anda 12 Tindakan Kecil dengan Dampak Besar bagi Generasi Kesetaraan  yang dapat Anda ambil setiap hari.

Di seluruh dunia dan selama beberapa dekade, kita semua berbagi dalam perjuangan global untuk kesetaraan gender. Terlepas dari usia, negara, latar belakang atau jenis kelamin kita, perjuangan untuk persamaan hak telah secara kolektif menentukan kehidupan kita dan kita harus mengambil tindakan bersama untuk mencapainya. Hari Perempuan Internasional ini, kampanye multi-generasi UN Women, Generasi Kesetaraan, menyatukan para pendukung masa lalu dan kini untuk menuntut kesetaraan gender dalam generasi ini.

Saatnya berbicara untuk hak-hak perempuan! Tunjukkan pada dunia bahwa Anda adalah #GenerationEquality. Hari Perempuan Internasional adalah kesempatan untuk menggunakan platform Anda untuk saling memberdayakan dan mendukung perempuan di mana saja yang memobilisasi masa depan yang setara. (R.A.W)

Sumber:

UN women