Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Butterfly, aplikasi kencan yang ditujukan untuk orang trans, secara otomatis menyensor pesan yang mengandung ujaran transfobik dalam upaya untuk lebih melindungi penggunanya.

Aplikasi ini memiliki fitur koreksi otomatis yang mencegah orang mengirim ujaran transfobia kepada pengguna trans.

Aplikasi ini, yang dimulai oleh David Ronald Minns, bertujuan untuk mengedukasi pengguna cisgender tentang bahasa yang menyakitkan dan merendahkan martabat melalui fitur auto-censor.

Aplikasi kencan Butterfly melayani secara khusus untuk orang-orang trans dan secara otomatis menyensor penyalahgunaan transfobik.

David Ronald Minns telah mengembangkan aplikasi kencan selama 13 tahun dan memutuskan untuk memulai Butterfly untuk melayani orang-orang trans secara khusus, yang dapat menghadapi pelecehan dan diskriminasi pada aplikasi kencan lainnya.

“Tidak cukup hanya menambahkan transgender sebagai opsi gender,” katanya ketika diwawancara.

“Orang-orang trans pada aplikasi kencan lain harus mengirim banyak pesan dan berhadapan dengan tingkat penolakan yang tinggi atau duduk dan menunggu untuk dihubungi, salah satu skenario yang jauh dari ideal.”

Dia menambahkan: “Pada Butterfly, orang-orang transgender dapat memimpin.”

Aplikasi – yang memiliki lebih dari 40.000 pengguna – mendorong orang dari semua jenis kelamin dan seksualitas untuk mendaftar. Ini juga memungkinkan pengguna untuk memilih dari beragam identitas gender dan seksual.

“Pengguna dapat memilih setiap jenis kelamin yang menarik untuk pencocokan potensial dan sekali ditetapkan, dapat memilih preferensi lain seperti jarak, usia, dan aktivitas,” kata David Ronald Minns.

Dia juga menulis kepada Apple dan Google untuk menyampaikan kekhawatiran tentang aplikasi di toko mereka yang menggunakan dan mengizinkan bahasa transfobik.

Aplikasi kencan sangat populer di komunitas LGBT, tetapi beberapa menghadapi diskriminasi dan pelecehan.

Aplikasi kencan lebih populer di kalangan orang-orang LGBT daripada rekan-rekan mereka yang hetero dan cisgender, demikian salah satu pernyataan dalam penelitian.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Tinder tahun lalu menemukan bahwa 80 persen orang LGBT berpikir aplikasi kencan telah memberikan manfaat positif bagi komunitas.

Namun, orang-orang queer juga dapat menghadapi masalah pada aplikasi kencan, termasuk diskriminasi dan pelecehan. Sebuah penelitian dari akhir tahun lalu mengungkapkan bahwa orang-orang queer  kulit berwarna menghadapi tingkat rasisme yang signifikan pada aplikasi kencan.

Para peneliti menemukan bahwa preferensi berbasis ras, seperti yang diharapkan, paling sering diungkapkan oleh orang kulit putih di aplikasi kencan yang bekerja untuk mengecualikan orang kulit berwarna dari ruang mereka.

Mereka menulis bahwa pemilihan pasangan berbasis ras telah menjadi “wajah baru rasisme dalam jaringan seksual dan kencan online lelaki gay / biseksual.” (R.A.W)

Sumber:

pinknews