Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Meskipun ada upaya global untuk mempromosikan toleransi dan inklusi, negatifitas homoseksual adalah fenomena yang menyebar di seluruh dunia. Aktivitas seksual sesama jenis adalah melawan hukum di lebih dari 70 negara. Di beberapa tempat, itu dapat dihukum mati.

Tapi apa dasar negatifitas homoseksual? Dan negara mana yang paling sedikit, dan sebagian besar, yang harus disalahkan?

Penelitian baru dalam jurnal  Social Psychology and Personality Science  memeriksa pertanyaan-pertanyaan penting ini. Secara khusus, tim peneliti yang dipimpin oleh Maria Laura Bettensoli dari New York University di Abu Dhabi menguji sikap orang terhadap lelaki gay dan perempuan lesbian di 23 negara di seluruh dunia. Negara-negara yang termasuk dalam analisis mereka adalah Argentina, Australia, Belgia, Brasil, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, Inggris, Hongaria, India, Italia, Jepang, Meksiko, Peru, Polandia, Rusia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Turki, dan Amerika Serikat.

Ringkasan di bawah ini adalah lima temuan kunci dari upaya penelitian multi-nasional mereka.

Temuan  # 1: Spanyol memiliki sikap paling positif terhadap homoseksual. Rusia memiliki sikap paling negatif.

Para peneliti menemukan bahwa homoseksualitas dipandang paling baik di Spanyol, Belgia, Inggris, Swedia, dan Kanada dan paling tidak disukai di Rusia, Hongaria, Turki, Peru, dan Korea Selatan.

Temuan # 2:  Amerika Serikat berada di peringkat tengah.

Dibandingkan dengan negara lain, orang-orang di Amerika Serikat tidak terlalu disukai atau tidak disukai terhadap homoseksual. Dalam survei ini, sikap positif orang Amerika terhadap lelaki gay membuat mereka berada di peringkat ke-12 (dari 23), sementara sikap positif mereka terhadap perempuan lesbian membuat mereka berada di peringkat ke-10.

Temuan # 3: Sikap terhadap perempuan lesbian lebih positif daripada sikap terhadap lelaki gay di setiap negara terukur.

Lesbian bertemu dengan intoleransi yang kurang dari lelaki gay, tetapi itu tidak berarti bahwa bias terhadap lesbian tidak ada. Menariknya, perbedaan sikap terhadap lelaki gay dan perempuan lesbian paling menonjol di Rusia dan Hongaria (kedua negara ini khususnya tidak toleran terhadap lelaki gay). Sebaliknya, India dan Spanyol menunjukkan perbedaan paling tidak dalam sikap terhadap lelaki gay dan perempuan lesbian.

Temuan # 4:  Negara-negara Barat, tidak mengherankan, cenderung memiliki sikap yang lebih positif terhadap lelaki gay dan perempuan lesbian.

Dari 23 negara yang diukur, tidak satu pun negara non-Barat yang masuk dalam peringkat 10 teratas dalam hal kesukaan terhadap lelaki gay atau perempuan lesbian. India menempati peringkat tertinggi di antara negara-negara non-Barat, di tempat ke-14.

Temuan # 5:  Di Amerika Serikat, perempuan lebih berprasangka daripada lelaki terhadap perempuan lesbian.

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa lelaki cenderung memiliki sikap negatif terhadap minoritas seksual. Namun, ini tidak selalu terjadi dalam penelitian Maria Laura Bettensoli. Para peneliti menyatakan, “Hanya di Cina, Prancis, dan Italia lelaki melaporkan lebih banyak sikap negatif terhadap perempuan lesbian. Di Meksiko dan Amerika Serikat, perempuan secara signifikan lebih berprasangka daripada lelaki dalam evaluasi perempuan lesbian. Kami menemukan bahwa di beberapa negara (termasuk Amerika Serikat), lelaki dan perempuan tidak berbeda secara signifikan dalam sikap mereka terhadap lelaki gay. ” (R.A.W)

Laporan penelitian dapat diunduh pada tautan berikut:

[gview file=”http://suarakita.org/wp-content/uploads/2020/01/Predictors-of-Attitudes-Toward-Gay-Men-and-Lesbian-Women-in-23-Countries.pdf”]

Sumber:

Psychology today