Search
Close this search box.


SuaraKita.org – Aborsi dan kesetaraan pernikahan telah disahkan di Irlandia Utara, setelah sekelompok anggota parlemen lokal gagal dalam upaya menit terakhir untuk menggagalkan liberalisasi yang diperintahkan London pada hari Senin.

Aborsi ilegal di provinsi yang dikuasai Inggris – kecuali ketika nyawa ibu dalam bahaya – didekriminalisasi pada tengah malam hari Senin(21/10), dengan penyedia layanan diizinkan beroperasi tahun depan.

Sementara itu, pemerintah Inggris juga sedang menyusun peraturan baru untuk mengizinkan pernikahan gay dan kemitraan sesama jenis di Irlandia Utara.

Mereka mengeluarkan undang-undang yang mengubah undang-undang di Westminster pada bulan Juli untuk memberikan wewenang, ketika pemerintah yang didelegasikan ditangguhkan sejak awal 2017, sejalan dengan seluruh Britania Raya

Aborsi dan pernikahan sesama jenis adalah sah di Inggris, Wales dan Skotlandia.

Lusinan anggota Majelis Irlandia Utara secara singkat kembali ke parlemen mereka yang ditangguhkan untuk pertama kalinya dalam hampir tiga tahun pada hari Senin, sebagian besar sebagai protes atas perubahan yang mengancam.

Pemerintah daerah di Belfast ambruk pada Januari 2017 di tengah kehancuran kepercayaan setelah skandal skema pemanas yang terbarukan memecah pembagian kekuasaan eksekutif, dan tetap tertutup sejak itu meskipun ada beberapa tawaran untuk menghidupkannya kembali.

Majelis memiliki sampai akhir Senin untuk meloloskan undang-undang sendiri menghentikan langkah menuju legalisasi.

Namun, kembalinya sekitar sepertiga dari anggota majelis 90 kursi itu sangat singkat dan berubah menjadi gaduh tanpa ada tindakan yang diambil.

Mayoritas yang muncul di Stormont adalah anggota Partai konservatif DUP (Democratic Unionist Party), yang dipimpin oleh Arlene Foster.

Anggota-anggota dari Sinn Fein, salah satu dari dua partai besar yang mewakili Katolik Irlandia Irlandia Utara, memboikot majelis itu dengan menyebutnya “sirkus”.

SDLP, partai Republik utama lainnya, memang hadir tetapi melakukan aksi Walk Out dari majelis di tengah perpecahan tentang apakah seorang eksekutif dan pembicara baru dapat dipilih.

‘Hari yang sangat menyedihkan’

“Majelis tidak dapat melakukan apa pun sampai seorang pembicara dan wakil pembicara terpilih,” kata Robin Newton, dari DUP, mengatakan kepada majelis sebelum bubar.

Pemimpin partai Foster mengatakan itu adalah “hari yang sangat menyedihkan”.

“Kami harus melihat semua opsi hukum kami,” tambahnya.

Michelle O’Neill, pemimpin partai sayap kiri Sinn Fein di Irlandia Utara, sebelumnya menggambarkan peristiwa itu sebagai “aksi politik”.

“Mereka akan membahas masalah yang tidak bisa mereka lakukan. Itu semua tentang tidak jujur โ€‹โ€‹dengan publik,” katanya pada hari Jumat.

“Kami ingin berada di majelis tapi kami harus menyelesaikan masalah yang membuat bubar majelis.”

Menjelang rapat majelis, juru kampanye anti-aborsi dan pro-pilihan telah tiba di Stormont untuk bertatap muka.

Kelompok yang melawan aborsi memegang plakat bertuliskan “not in my name” yang menggambarkan janin kemudian mereka bernyanyi dan berdoa.

“Pemerintah Westminster-lah yang memaksakan legislasi,” kata Bernadette Smyth, direktur Precious Life, Irlandia Utara yang pro-kehidupan.

“Ini tidak demokratis dan itu salah. Jadi, penting bagi kita di sini hari ini untuk menjadi suara bagi anak-anak rentan yang – belum lahir dalam masyarakat kita.”

Perayaan juga diharapkan di provinsi ini untuk menandai perubahan penting.

“Kami senang itu terjadi, tapi mungkin tidak begitu bahagia karena itu tidak datang dari pemerintah kami,” kata Jane Peaker, yang bertunangan dengan pasangan sesama jenis.

Sekretaris Negara untuk Irlandia Utara Julian Smith mengatakan kepada parlemen Inggris bahwa kerangka hukum baru untuk akses sah ke layanan aborsi di Irlandia Utara akan diberlakukan pada 31 Maret 2020.

Sementara itu, peraturan yang mengatur pernikahan sesama jenis dan kemitraan sipil akan dibuat selambat-lambatnya 13 Januari 2020, dengan pernikahan pertama diharapkan berlangsung pada minggu Hari Valentine. (R.A.W)

Sumber:

SBS