Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Sebuah undang-undang baru, yang disetujui oleh Kabinet Irlandia minggu lalu, diatur untuk menyelesaikan anomali yang telah mencegah pasangan lelaki gay menerima cuti dan tunjangan adopsi  sampai saat ini.

Pengenalan kesetaraan pernikahan pada tahun 2015 membawa serta hak hukum untuk mengadopsi untuk pasangan menikah sesama jenis, dan Undang –  Undang Adopsi (Amandemen) 2017 memberikan hak kepada pasangan yang belum menikah untuk mengadopsi anak bersama. Namun, celah hukum yang muncul pada saat referendum pernikahan membuatnya tidak memungkinkan bagi pasangan gay untuk menerima cuti adopsi dan tunjangan yang diakses secara langsung oleh pasangan mereka.

Tunjangan adopsi dibayarkan kepada orang tua untuk mendukung mereka selama periode yang dihabiskan tidak dalam pekerjaan dengan cuti adopsi. Saat ini, ibu adopsi yang dipekerjakan atau ayah tunggal berhak atas cuti adopsi 24 minggu dengan tunjangan terkait.

Parental Leave and Benefit Bill 2019, yang sekarang disetujui oleh Kabinet, akan menutup celah hukum yang mengecualikan pasangan gay dari dukungan ini.

David Stanton, Menteri Negara di Departemen Kehakiman, telah menyebut proposal yang diajukan dalam undang-undang tersebut sebagai “langkah-langkah terakhir yang diperlukan untuk memungkinkan pasangan berjenis kelamin lelaki menerima cuti dan manfaat adopsi.”

“Ini adalah kemajuan lebih jauh menuju memastikan kesetaraan untuk semua keluarga,” katanya.

Undang-undang ini juga akan memperkenalkan cuti orang tua berbayar selama dua minggu untuk semua orang tua yang bekerja atau wiraswasta selama tahun pertama bayi mereka, mulai November ini. Orang tua akan menerima tunjangan sebesar 245 Euro per minggu, dan ada rencana untuk cuti yang dibayar secara bertahap akan diperpanjang hingga tujuh minggu selama tiga tahun ke depan.

Menteri Perlindungan Sosial Regina Doherty mengatakan “tunjangan baru tidak dapat dipindahtangankan dan tersedia atas dasar ‘gunakan atau dihilangkan’.”

“Saya harap, ini akan membantu memberi insentif kepada para ayah untuk mengambil lebih banyak waktu cuti untuk merawat anak-anak mereka daripada yang terjadi sekarang,” katanya. Dia menyatakan harapannya, dengan membujuk para ayah untuk menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, undang-undang itu akan “menantang budaya yang ada terkait pekerjaan dan gender.” (R.A.W)

Sumber:

GCN