Search
Close this search box.
sumber: scmp

SuaraKita.org – Seorang guru taman kanak-kanak yang mengidentifikasi sebagai gay di China menggugat bekas sekolahnya setelah dipecat pada bulan lalu, pengacaranya menyebut kasus ini sebagai kasus yang akan menguji perlindungan China terhadap kelompok minoritas.

Guru itu diberhentikan pada Agustus dari sekolah di kota pinggir pantai Qingdao setelah dia memposting beberapa komentar di media sosial tentang sebuah acara LGBT yang dihadirinya.

Guru tersebut, yang menolak untuk diidentifikasi, mengatakan dia diberitahu oleh kepala sekolah bahwa orang tua mungkin tidak ingin seorang lelaki gay mengajar anak-anak mereka.

Dia mengatakan itu membuatnya merasa “sangat ketakutan” karena para orang tua memilih untuk membesarkan anak-anak mereka di masyarakat di mana orang-orang dengan orientasi seksual yang berbeda tidak dihormati.

“Saya berharap bahwa saya dapat menggunakan kasus ini untuk mendorong masyarakat agar lebih seimbang dan menerima,” katanya.

Setelah beberapa dekade pemerintahan oleh Partai Komunis China, kaum lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) kini secara terbuka melawan birokrasi, ketidakpastian hukum dan norma-norma sosial yang mengakar untuk menegaskan tempat mereka di masyarakat.

Guru tersebut diminta untuk meninggalkan pekerjaannya tanpa uang pesangon yang cukup atau pembayaran untuk 10 persen sahamnya di sekolah, kata pengacaranya, Tang Xiangqian.

“Alasan utama kami mengajukan kasus ini bukan hanya sebagai perselisihan tenaga kerja tetapi untuk membuat komunitas gay lebih terlihat oleh kelompok orang yang lebih luas,” kata Tang Xiangqian. “Agar lebih banyak orang menyadari bahwa mereka dapat dengan mudah menjadi korban diskriminasi.”

Undang-undang ketenagakerjaan Cina tidak memiliki bagian khusus mengenai isu-isu LGBT, tetapi ada ketentuan luas terhadap diskriminasi yang dapat digunakan oleh kelompok minoritas untuk melindungi hak-hak mereka, kata Tang Xiangqian.

Tang Xiangqian mengatakan, sejauh yang ia ketahui, itu adalah kasus pertama di Cina seorang guru gay yang membawa sekolah ke pengadilan setelah dipecat karena orientasi seksual.

Menurut salinan pengajuan pengadilan, guru tersebut memohon perintah pengadilan agar dia dipekerjakan kembali dan sekolah akan membayar kompensasi atas kerugian keuangannya.

Nama sekolah dan pengadilan disunting di pengadilan. Tang Xiangqian menolak memberikan nama-nama pengadilan dan sekolah karena dia mengatakan mungkin mempengaruhi kasus tersebut.

Aktivis China mengorganisir demonstrasi untuk mendesak perlindungan yang lebih besar bagi komunitas LGBT – dan kesetaraan pernikahan – untuk dimasukkan dalam satu kitab hukum yang akan disahkan pada 2020.

Meskipun tempat-tempat ramah gay berkembang pesat di banyak kota-kota besar Cina dan kesadaran yang semakin besar tentang isu-isu LGBT, mereka masih berjuang melawan nilai-nilai Konfusianisme yang konservatif dan sensor pemerintah.(R.A.W)

Sumber:

NBC