Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Diluncurkan tepat pada saat  Pride Month di Amerika Serikat, raksasa olahraga Nike telah mengungkap koleksi Pride terbarunya.

Koleksi BETRUE 2018 ‘merayakan warna dan simbol yang telah direrebut kembali dan secara historis dirombak oleh komunitas LGBT’.

Sejak 2012, Nike telah merilis koleksi khusus sebagai dukungan bagi komunitas LGBT.

Nike memutuskan untuk menampilkan warna lavender dan simbol Pink Triangle dalam koleksi terbaru mereka.

Nazi Jerman awalnya menggunakan Segitiga Merah Muda untuk mengidentifikasi individu LGBT selama Perang Dunia II untuk dikirim ke kamp konsentrasi. Tapi kemudian aktivis merebut lambang tersebut di tahun 1970-an. Bahkan Koalisi AIDS Coalition to Unleash Power (ACT UP) menggunakannya dalam kampanye ‘Silence = Death di era 1980-an.

 

Nike menggunakan teknologi inovatif dalam koleksi BETRUE 2018 untuk menyertakan warna pelangi pada beberapa sepatu kets.

‘Nike Airbag dicelup secara individual dalam spektrum enam warna,’ kata perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan.

“Untuk Air Max 270, spektrumnya mencakup seluruh tumit. Bahkan Zoom Fly SP, diberikan warna pelangi yang diredam melalui bagian atas sepatu yang tembus pandang. “

Nike juga memutuskan untuk menampilkan warna lavender dalam koleksi Pride-nya, karena itu adalah “perpaduan dinamis dari cahaya biru dan merah muda biru yang terkait gender, yang merupakan salah satu referensi simbolis tertua dalam budaya LGBT”.

Lavender muncul di empat jalur warna dari koleksi sepatu tahun ini: Nike Vapormax Plus, Nike Air Max 270, Nike Zoom Fly, dan Nike Epic React Flyknit.

“Konotasi historis warna mendahului popularitas simbol pelangi yang meluas pada tahun 1970-an, muncul pada pakaian sebagai semacam bahasa yang tenang di kalangan masyarakat,” kata Nike.

Koleksi BETRUE 2018  yang juga termasuk T-shirt, kaus kaki, topi dan tas pinggang yang terkenal, akan diluncurkan pada 6 Juni mendatang. (R.A.W)

Sumber:

GSN